Cara Mengatasi Bayi Tersedak dan Tidak Bisa Bernapas 1

Cara Mengatasi Bayi Tersedak dan Tidak Bisa Bernapas

Cara Mengatasi Bayi Tersedak dan Tidak Bisa Bernapas – Jika bayi tersedak, Anda harus mengetahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya dengan cepat. Tips ini hanya berlaku untuk bayi berusia di bawah satu tahun.

Tersedak pada bayi di bawah satu tahun terjadi ketika saluran napas bayi secara tiba-tiba tersumbat sehingga bayi susah atau tidak bisa bernapas. Pada bayi, tersedak sering disebabkan jika mereka bermain dan memasukkan benda kecil ke mulut, yang kemudian menyebabkan saluran napas bayi tersumbat. Makanan juga sering menyebabkan bayi tersedak.

Seringkali, bayi yang tersedak juga tidak bisa menangis, batuk atau bernapas. Untuk mengatasi bayi yang tersedak, baca langkah-langkah cara mengatasi bayi tersedak dan tidak bisa bernapas berikut.

Cara Mengatasi Bayi Tersedak dan Tidak Bisa Bernapas pada bayi di bawah satu tahun:

  1. Baringkan bayi menghadap ke bawah di lengan atau paha Anda, dengan posisi kepala yang lebih rendah daripada tubuh. Tahan kepala bayi menggunakan salah satu tangan Anda.
  2. Lakukan hingga lima tepukan/ pukulan menggunakan tumit telapak tangan agak keras (tapi jangan terlalu keras) pada punggung bayi. Tepuk tepat pada tulang belikat bayi menggunakan tumit telapak tangan Anda. (Tumit tangan adalah antara telapak tangan dan pergelangan lengan Anda.)
  3. Hentikan tepukan setiap 5 kali tepukan untuk memastikan apakah penyebab penyumbatan sudah teratasi. Biasanya, bila benda penyebab tersedaknya bayi sudah keluar dari saluran pernapasan (tenggorokan), benda tersebut akan berpindah ke rongga mulut. Periksa ke dalam mulut bayi dan ambil dengan hati-hati benda yang menyumbat saluran napas bayi tersebut.  Jangan mencoba-mencari-cari dengan menusukkan jari Anda ke dalam mulut bayi kecuali jika Anda bisa melihat dan benda tersebut, karena bila dipaksakan akan menyebabkan benda itu semakin masuk ke dalam saluran pernapasan.
  4. Jika tidak ada benda yang terlihat, baringkan bayi Anda dengan posisi terlentang di atas benda yang datar, misalnya meja atau lantai
  5. Letakkan 2 jari Anda di tengah tulang dadanya dan tekanlah 1 sampai 1,5 cm ke arah rongga dada sebanyak 5 kali secara cepat.
  6. Lalu secara bergantian, lakukan 5 kali tepukan di punggung dan 5 kali penekanan dada sampai benda yang menyumbat tersebut terlihat keluar atau bayi Anda kembali bernapas
  7. Jika bayi Anda pingsan, segera lakukan CPR (napas batuan). Setiap kali memberi napas bantuan, cobalah lihat apakah ada benda dalam mulutnya, bila terlihat segera ambil dengan hati-hati. Penting: jangan coba mencari benda yang menyumbat dengan memasukan jari anda ke dalam tenggorokan, karena bila dilakukan bisa menyebabkan benda tersebut semakin masuk kedalam saluran pernapasan.
  8. Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, segera bawa atau hubungi layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan.
Cara Mengatasi Bayi Tersedak dan Tidak Bisa Bernapas
Cara Mengatasi Bayi Tersedak dan Tidak Bisa Bernapas (Ilustrasi)

Penting: Penekanan dada untuk mengatasi tersedak pada bayi berusia kurang dari 1 tahun harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan hanya dilakukan pada saat darurat saja.

Untuk kasus yang lebih berat, silakan baca pada artikel berjudul “Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP ) pada Orang Dewasa, Anak dan Bayi”.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel berjudul “Cara Mengatasi Bayi Tersedak dan Tidak Bisa Bernapas”. Semoga tips tentang mengatasi car bayi tersedak dan tidak bisa bernapas tersebut bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- bayi susah bernafas, - bayi susah bernafas saat minum susu, - cara mengatasi bayi tersedak susu, - cara mengatasi bayi tersedak, - mengatasi bayi tersedak, - bayi menangis hingga tersedak, - bayi lupa nafas saat minum asi, - bayi seperti susah bernafas bagai mana cara mengatasi nya, - bayi seperti susah bernafas, - bayi seperti sulit bernafas

data-ad-format="link">
Cara Mengatasi Bayi Tersedak dan Tidak Bisa Bernapas Post in | Last updated: June 13th, 2016 | 2,141 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *