Daun sirih sebagai obat diare
Daun sirih sebagai obat diare (Ilustrasi/By Yuhanes (Own work) [CC BY-SA 4.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)], via Wikimedia Commons)

Daun Sirih sebagai Obat Alami Diare

Menurut World Health Organization (WHO) pada tahun 1984, diare adalah buang air besar (BAB) 3 kali atau lebih dalam sehari selama (24 jam) yang mungkin dapat disertai dengan muntah atau tinja yang berdarah (muntaber), (Widoyono, 2008).

Diare dapat dibagi menjadi akut apabila kurang dari 2 minggu, diare persisten jika berlangsung selama 2-4 minggu, dan kronik jika berlangsung lebih dari 4 minggu. Diare dapat disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Di Indonesia, penyebab utama diare adalah Shigella, Salmonella, Campylobacter, E. Coli, dan Entamoeba histolytica (Depkes RI, 2000).

Diare
Diare

Gejala diare, antara lain:

  1. Nafsu makan berkurang, akan menyebabkan berat badan menjadi turun.
  2. Mual atau muntah akibat dari peradangan pada lambung dan gangguan keseimbangan asam-basa.
  3. Tinja menjadi cair dan disertai lendir atau darah.
  4. Warna tinja akan menjadi kehijau-hijauan karena bercampur dengan empedu.

Apabila gejala-gelaja tersebut berlangsung lama, maka lama-kelamaan akan menyebabkan kehilangan banyak cairan. Yang nantinya jika dibiarkan dan tidak segera diobati maka akan menyebabkan dehidrasi dan berakibat kematian. Pengobatan diare dengan menggunakan obat antidiare ternyata masih memiliki efek samping. Efek tersebut seperti: mulut kering, mual, muntah, impaksi feses (tidak bisa BAB), konstipasi, alergi, dan lain-lain.

Lalu bagaimana solusi untuk  mengatasi diare dengan obat yang berkhasiat dan aman?  Nah, salah satu obat tersebut adalah daun sirih.

Daun sirih sebagai obat diare
Daun sirih sebagai obat diare (Ilustrasi/By Yuhanes (Own work) [CC BY-SA 4.0], via Wikimedia Commons)
Sirih (Piper betle) merupakan tanaman obat asli Indonesia yang tumbuh dengan cara merambat dan bersandar pada batang pohon. Daun sirih telah diketahui khasiatnya sebagai obat selama berabad-abad.

Daun sirih mengandung zat antiseptic, antioksida, dan fungisida. Minyak atsiri pada daun sirih mengandung kavikol dan betlephenol yang dapat memberi aroma dan rasa daun sirih yang khas. Kavikol juga memiliki kemampuan membunuh bakteri lima kali lipat dari fenol biasa. Selain itu, daun sirih juga mengandung tannin yang bermanfaat untuk mencegah diare.

Tannin bekerja dengan cara menghambat enzim ekstraseluler mikroba, mengambil alih substrat yang dibutuhkan pada pertumbuhan mikroba atau bekerja secara langsung pada metabolisme melalui penghambatan fosforilasi oksidasi.

Berikut ini cara mengatasi diare dengan daun sirih:

  1. Siapkan bahan dan alat, antara lain: 4-6 lembar daun sirih, 5-6 biji merica, 1 sdm minyak kelapa, dan tumbukan.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam tumbukan. Kemudian tumbuk hingga halus.
  3. Lalu gosokkan pada perut.

Sumber:

  • http://repository.maranatha.edu/2592/3/0910016_Chapter1.pdf
  • http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/23245/Chapter%20II.pdf?sequence=4
  • http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/41917/Chapter%20II.pdf;jsessionid=E2E80BEF58F685594143B53FDDA7FC77?sequence=4
  • http://ejournal.stikesmukla.ac.id/index.php/cerata/article/download/145/143
  • http://eprints.undip.ac.id/37538/1/Festy_G2A008082_Lap_kti.pdf
  • Gambar: http://penyakitdiare.com/

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- Apa daun sirih bisa mengobati bab pada anak, - obat diare dg daun sirih, - merica dan sirih apakah membuat mencret pada bayi, - kegunaan daun sirih untuk mencret, - kasiat daun sirih untuk diare, - daun sirih untuk diare, - daun sirih lada minyak kelapa untuk diare, - daun 0bat mencret, - apa efek daun sirih bagi anak diare, - sirih merah obat diare

data-ad-format="link">
Daun Sirih sebagai Obat Alami Diare Post in | Last updated: April 30th, 2017 | 694 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *