Definisi, Manfaat, dan Ragam Vegetarian
Definisi, Manfaat, dan Ragam Vegetarian (Ilustrasi/pixabay)

Definisi, Manfaat, dan Ragam Vegetarian

Definisi Vegetarian

Vegetarian berasal dari bahasa latin yaitu vegetus yang artinya keseluruhan, hidup, segar, dan sehat. Veggie’s life-style atau biasa disebut pola hidup  vegetarian merupakan gaya hidup sehat dengan hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, bukan yang berasal dari hewan. Orang yang melakukan pola vegetarian disebut veggie. Penerapan pola vegetarian telah populer sejak dahulu kala bahkan ketika zaman kerajaan Sriwijaya.

Manfaat Vegetarian

Setiap veggie memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih mengonsumsi makanan vegetarian. Dengan menjadi veggie kita dapat memeroleh banyak manfaat, antara lain:

  1. Memiliki umur yang relatif lebih panjang daripada orang biasa. Kita juga memiliki risiko terkecil terkena penyakit kanker, jantung, dan penyakit degeneratif.
  2. Terhindar dari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Kandungan kolesterol yang terlalu banyak dalam darah mampu menyebabkan timbulnya penyakit jantung, diabetes mellitus, dan penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah dapat mengakibatkan sakit punggung dan penyakit darah rendah.
  3. Memiliki tubuh yang langsing.
  4. Membersihkan racun-racun dalam tubuh.
  5. Terhindar dari makanan yang tercemar. Makanan yang tercemar dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Sebagian besar makanan tercemar dapat kita temui dalam daging.
  6. Memperkuat tulang.
  7. Terhindar dari bahaya penyakit pencernaan karena tumbuh-tumbuhan memiliki banyak serat. Serat memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan kita. Salah satunya mampu memperlancar proses BAB.
  8. Lebih hemat karena konsumsi tumbuh-tumbuhan lebih murah dibanding daging dan produk hewani lainnya.

Ragam Vegetarian

Definisi, Manfaat, dan Ragam Vegetarian
Definisi, Manfaat, dan Ragam Vegetarian (Ilustrasi/pixabay)

Kita ketahui bahwa vegetarian adalah orang yang hanya memakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan saja. Tetapi dalam penerapannya ada banyak jenis vegetarian yang memiliki pola makanan berbeda-beda. Ada yang murni hanya makan tumbuh-tumbuhan, dan ada juga yang makan tumbuh-tumbuhan tetapi juga diselingi telur, susu, keju, dan lain-lain. Berikut ini  beberapa jenis vegetarian:

  1. Vegan, kelompok vegetarian yang murni hanya memakan tumbuh-tumbuhan saja.
  2. Vegetarian Ovo, kelompok vegetarian yang juga mengonsumsi telur sebagai selingannya.
  3. Vegetarian Lacto, kelompok vegetarian yang juga mengonsumsi susu sebagai selingannya. Vegetarian lacto tidak mengonsumsi bawang putih dan bawang bombay.
  4. Vegetarian Lacto-Ovo, kelompok vegetarian yang mengonsumsi telur, susu, dan produk olahannya sebagai selingan.
  5. Vegetarian Pesco, kelompok vegetarian yang juga mengonsumsi ikan sebagai selingannya.
  6. Vegetarian Pollo, kelompok vegetarian yang juga mengonsumsi makanan yang berasal dari unggas, seperti ayam, bebek, burung dara, sebagai selingan.
  7. Vegetarian Demi, kelompok vegetarian yang pantang makan daging yang berasal dari ternak dan unggas.
  8. Flexitarian, kelompok vegetarian yang sesekali membuka diri terhadap makanan hewani.

Bagi para pemula pola hidup vegetarian dianjurkan untuk mencoba golongan yang tidak terlalu berat seperti flexitarian, vegetarian pollo, atau vegetarian lacto-ovo.

Demikianlah Definisi, Manfaat, dan Ragam Vegetarian, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- definisi vegetarian, - selingan untuk vegetarian lacto, - selingan vegetarian

data-ad-format="link">
Definisi, Manfaat, dan Ragam Vegetarian Post in | Last updated: November 10th, 2016 | 148 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *