Depresi: Penyebab, Gejala dan Cara Menghindarinya

Siapa yang tidak kenal depresi. Semua orang kenal dengan jenis penyakit satu ini. Tapi apa semua mau terserang depresi? Jawabannya tentu saja tidak. Lalu sebenarnya apa itu depresi? Depresi adalah suasana hati yang buruk dan berlangsung lama. Depresi membuat kita jadi sedih, putus harapan, tidak punya motivasi dan seringkali menyalahkan diri sendiri.  Lalu sebenarnya apa sih penyebab depresi? Yuk kita simak.

Penyebab Depresi

Depresi: Penyebab, Gejala dan Cara Menghindarinya

Depresi: Penyebab, Gejala dan Cara Menghindarinya (Ilustrasi/pixabay)

Berikut ini beberapa penyebab depresi.

  1. Melahirkan. Nah bagaimana mungkin melahirkan dapat menjadi pemicu depresi? Ya proses melahirkan pada beberapa ibu menjadi pemicu depresi karena beberapa ibu merasa belum mengerti benar tentang hal-hal mengenai mengurus bayi. Sehingga ketika bayinya menangis, sang ibu akan bingung dan cenderung memicu depresi. Selain itu juga disebabkan oleh faktor perubahan hormon yang membuat ibu cenderung mudah mengalami depresi pasca melahirkan.
  2. Masalah keuangan. Kekurangan uang bisa menjadi pemicu depresi. Dan faktor yang paling sering sebagai pemicu depresi.
  3. Terisolasi secara sosial. Apabila ada seseorang yang secara specifik terpisah dari lingkungannya, pergaulannya tentu akan merasa dikucilkan. Perasaan seperti itulah yang lama kelamaan menjadi pemicu depresi.
  4. Trauma masa kecil. Apabila seseorang dihadapkan pada ketakutannya di masa kecil tentu akan menimbulkan depresi.
  5. Ketergantungan pada obat terlarang.

Gejala Depresi

Setelah kita tahu faktor penyebab depresi, kita akan membahas mengenai gejala depresi. Sebenarnya apa saja gejala depresi itu? Yuk simak. Beberapa gejala depresi antara lain.

  • Kehilangan selera menikmati hobi. Orang-orang yang terkena depresi, sadar atau tidak sadar sudah mulai tidak menikmati apa yang tadinya disukai.
  • Merasa sedih yang berkepanjangan. Setiap hari murung hingga waktu yang lama. Waspadalah bila anda mengalami hal ini. Segeralah diatasi.
  • Merasa cemas.
  • Mudah menangis. Orang dengan gejala depresi mudah menangis. Menjadi lebih sensitif.
  • Merasa bersalah. Orang dengan gejala depresi selalu menyalahkan dirinya sendiri.
  • Tidak ada motivasi melakukan apapun.

Bila anda merasakan salah satu atau bahkan keseluruhan dari gejala di atas, maka wajib hukumnya untuk anda segera berkonsultasi dengan yang lebih kompeten.

Nah, selain gejala di atas, ada juga gejala fisik yang perlu untuk diketahui perihal depresi. Apa sajakah itu?.

  • Badan mudah merasa lelah. Orang dengan depresi akan merasa cepat lelah meskipun tidak melakukan hal berat. Meskipun dalam sehari hanya duduk saja, namun badannya akan sangat merasa lelah.
  • Gangguan pola tidur. Ya, orang-orang dengan gejala depresi akan terganggu pola tidurnya. Malahan cenderung tidak bisa tidur.
  • Merasakan berbagai penyakit. Orang-orang dengan depresi cenderung mudah untuk merasa sakit. Rasanya segala jenis penyakit diderita. Karena itu tadi terganggunya pola tidur. Apakah anda merasakan itu semua? Atau salah satunya? Bila jawaban anda “ya”, maka waspadalah anda sedang terkena depresi.

Anda pasti tidak mau kan terkena depresi? Yap benar, depresi akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari dan bahkan akan merusak hubungan pribadi anda dengan orang-orang yang anda sayangi. Selain itu, data dari WHO setidaknya 350 juta orang mengalami depresi dan 1 juta orang bu*** diri karena depresi. Sungguh angka yang fantastis untuk jenis gangguan yang sering diremehkan orang.

Cara Mencegah Depresi

Salah satu cara agar kita terhindar dari depresi ialah selalu berfikiran positif. Berfikiran positif akan membuat hidup anda jauh lebih baik dan lebih tenang. Serta akan menghindarkan anda dari depresi. Hiduplah secara sehat, hiduplah dengan bahagia dan jangan lupa untuk selalu tersenyum. Senyum yang anda lepaskan akan mengeluarkan hormon yang akan menekan hormon stres. Olah raga teratur akan menghindarkan anda dari depresi. Dengan olah raga teratur, anda akan lebih sehat dan dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Serta jagalah pola makan anda. Makanlah makanan yang memiliki gizi yang seimbang sehingga badan anda akan lebih sehat dan daya tahan tubuh anda akan relatif lebih kuat. Istirahat secara teratur akan membuat anda fresh saat anda bangun setiap harinya. Dan yang terakhir selalu bersyukur serta berdoa pada Tuhan atas segala yang telah diberikan oleh-Nya. Tetap berusaha sambil pasrahkan segalanya pada Tuhan. Maka anda akan lebih tenang dalam menjalaninya.

Nah, demikian cara agar terhindar dari stres dan yang akan berujung pada depresi. Cukup mudah kan melakukannya. Jadi tetap positif dan sehat selalu agar terhindar dari bahaya depresi.

Salam sehat selalu dan keep smile Indonesia.

Leave a Reply

*