Diet Sehat Bagi Penderita Diabetes 1

Diet Sehat Bagi Penderita Diabetes

Menjalankan diet sehat sebenarnya sangat penting bagi semua orang, tetapi khusus bagi penderita diabetes, sepertinya menjalankan diet sehat memang harus terus di lakukan. Hal ini sering kita ketahui dari beberapa sumber yang mengatakan bahwa diet sehat adalah kunci dari hidup yang sehat. Namun, saat sedang menjalankan diet, muncul beberapa pertanyaan: Apa saja jenis makanan yang harus Anda makan? Bagaimana rencana makan yang benar?

Dalam artikel ini penulis mencoba menjawab pertanyaan tersebut(dengan sebelumnya penulis mencari beberapa sumber dan konsultasi pada beberapa website kesehatan online) dan semoga panduan ini akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin Anda miliki tentang diabetes dan gizi.

A. Apa saja jenis makanan yang harus Anda makan?
Karbohidrat adalah salah satu kategori makanan utama yang sangat di perlukan bagi tubuh,(juga termasuk protein dan lemak). Dalam menjalankan diet diabetes sehat, karbohidrat menyediakan bahan bakar bagi tubuh yang berbentuk glukosa. Glukosa adalah gula yang merupakan sumber utama energi untuk semua sel-sel dalam tubuh manusia. Karbohidrat banyak ditemukan dalam buah, susu, yogurt roti, sereal, nasi, pasta, kentang, jagung , dan kacang-kacangan.

Ada dua jenis karbohidrat: sederhana dan kompleks.

  1. Karbohidrat sederhana: gula, glukosa, sukrosa, laktosa, dan fruktosa. Jenis Karbohidrat sederhana ini sering ditemukan dalam gula halus dan buah-buahan yang sering kita jumpai.
  2. Karbohidrat komplek: pati, jenis ini tidak larut dalam air, berwujud bubuk putih, tawar dan tidak berbau Jenis ini sering ditemukan dalam kacang-kacangan, sayur mayur, dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks dianggap sangat menyehatkan, karena dapat dicerna oleh tubuh dengan lebih lambat. Selain itu Karbohidrat kompleks juga menyediakan sumber energi yang stabil, dan mengandung jumlah serat yang berguna bagi tubuh.
Diet Sehat Bagi Penderita Diabetes
Diet Sehat Bagi Penderita Diabetes (Ilustrasi)

B. Bagaimana rencana makan yang benar?
Penghitungan karbohidrat adalah metode perencanaan makan yang merupakan cara sederhana untuk melacak jumlah total karbohidrat yang Anda makan setiap hari. Hal ini membantu Anda untuk makan apa yang Anda inginkan. Menghitung gram karbohidrat secara merata akan membantu Anda mengontrol gula darah dalam tubuh. Penghitungan karbohidrat dapat dilakukan oleh siapa saja dan bukan hanya oleh orang-orang pengidap diabetes insulin. Jika Anda makan lebih banyak karbohidrat daripada pasokan insulin, tingkat gula darah Anda akan naik. Sebaliknya, jika Anda makan terlalu sedikit, tingkat gula darah Anda bisa jatuh terlalu rendah. Untuk orang dewasa, rencana yang dianjurkan biasanya mencakup 3-4 karbohidrat setiap kali makan, dan 1-2 porsi karbohidrat sebagai makanan ringan.

Demikianlah artikel mengenai Diet Sehat Bagi Penderita Diabetes, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- makalah 5 kunci sehat dm

data-ad-format="link">
Diet Sehat Bagi Penderita Diabetes Post in | Last updated: May 10th, 2016 | 21 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *