Diet untuk penderita asam urat

Diet untuk penderita asam urat

Diet kondisi normal

Diet normal biasanya mengandung 600 sampai 1.000 mg purin per hari. Namun bagi penderita asam urat, asupan purin harus dibatasi sekitar 100 sampai 150 mg purin per hari. Kita susah menghilangkan asupan purin dalam tubuh karena setiap bahan pangan terutama sumber protein mengandung purin. Namun kita bisa mengontrol asupan purin dengan cara memilih bahan pangan yang rendah kandungan purinnya.

Diet bagi penderita asam urat

Pola diet yang harus diikuti adalah memberikan kalori sesuai kebutuhan tubuh. Hindari karbohidrat sederhana seperti gula, sirup, atau permen, karena fruktosa dalam karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar asam urat serum. Sangat disarankan untuk membatasi konsumsi lemak. Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Batasi makanan yang digoreng, penggunaan margarin, mentega, dan santan. Ambang batas lemak yang boleh dikonsumsi adalah 15 % dari total kalori/hari.

Diet bagi penderita asam urat

Diet bagi penderita asam urat (Ilustrasi)

Diet rendah purin

  • Tinggi Purin
    Kandungan purin yang tinggi dihitung dalam skala 150 sampai 1000 mg per 100 gram bahan pangan. Bahan pangan yang mengandung purin tinggi adalah ikan teri, otak, jeroan, burung dara, telur ikan, sarden, alkohol, ragi dan makanan yang diawetkan.
  • Sedang Purin
    Kandungan purin sedang dihitung dalam skala 50 sampai 100 mg per 100 gram bahan pangan. Bahan pangan ini sebaiknya dibatasi 50 gram per hari. Bahan pangan yang mengandung purin sedang adalah ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng, daging sapi, daging ayam, kerang, asparagus, kacang-kacangan, jamur, bayam, kembang kol, buncis, kapri, tahu, dan tempe.
  • Rendah purin
    kandungan purin rendah dihitung dalam skala 0 sampai 100 mg per 100 gram bahan pangan.

Diet rendah protein

Beberapa ahli juga menyarankan agar si penderita juga melakukan diet rendah protein terutama protein yang kaya akan asam amino yang mengandung belerang. Umumnya beberapa sayuran dan buah-buahan dapat diberikan dalam jumlah yang banyak. Namun ada beberapa yang sebaiknya dibatasi seperti, asparagus, kacang-kacangan, jamur, bayam, kembang kol, buncis, kapri. Sebaiknya protein diberikan 50 sampai 70 g per hari.

Harapan saya dengan artikel Diet untuk Penderita Asam Urat ini saudara bisa mengerti cara untuk berdiet yang benar, selamat mencoba.

Leave a Reply

*