Gejala – Gejala Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai

Ketika Anda merasakan pusing atau rasa nyeri yang datang tiba tiba di bagian kepala Anda, sudah bisa dipastikan bahwa Anda sedang mengalami sakit kepala. Sakit kepala adalah keluhan umum dari setiap individu, sakit kepala berhubungan erat dengan pola hidup yang tidak sehat. Pelipis, dahi, wajah hingga belakang leher menjadi daerah-daerah penyebaran dari sakit kepala yang merupakan sebuah nyeri saraf yang diakibatkan oleh ketegangan otot. Terdapat beraneka ragam gejala – gejala sakit kepala, kondisi fisik dan psikis menjadi faktor penyebab gejala – gejala sakit kepala tersebut.

Wanita biasanya lebih sering mengalami sakit kepala dibandingkan dengan pria, gejala – gejala sakit kepala bisa saja mengindikasikan sebuah penyakit yang berhubungan dengan otak, misalnya tumor, kanker, penyempitan pembuluh darah hingga radang. Ketegangan otot dan saraf pusat akibat stress dan emosi yang tidak terkontrol merupakan gejala – gejala sakit kepala yang umum dirasakan oleh banyak orang.

Hampir setiap hari sakit kepala dialami oleh setiap orang, gejala – gejala sakit kepala ini disebut sebagai sakit kepala primer. Rasa nyeri yang sangat hebat yang dapat dirasakan hingga saraf otak biasanya merupakan gejala – gejala sakit kepala sebelah atau migrain, migrain merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh para penderita sakit kepala. Kerja otak yang melebihi kapastitas membuat otak mengalami kekurangan istirahat, kualitas tidur dan hidup yang kurang baik menyebabkan stress dan tentunya mengganggu fungsi kerja otak.

Penyakit yang diderita seseorang juga bisa menjadi pemicu sakit kepala. Sakit gigi bisa menyebabkan gejala – gejala sakit kepala, karena saraf gigi yang berhubungan langsung dengan otak. Ketika gigi kita merasa nyeri, saraf otak akan langsung merespon rasa nyeri itu.

Gejala - Gejala Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai

Gejala – Gejala Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai (Ilustrasi)

Tekanan darah tinggi yang dipicu oleh emosi juga dapa menyebabkan gejala – gejala sakit kepala, Tekanan darah yang meningkat meyebabkan sakit kepala yang tidak tertahankan.

Jika Anda termasuk pengonsumsi alkohol yang selalu berusaha mengatasi sakit kepala dengan alkohol,  Anda melakukan sebuah kesalahan besar, mengonsumsi alkohol hanya mebuat kepala Anda berdenyut kencang dan terasa semakin berat. Mengendalikan stress dan emosi dapat mencegah gejala – gejala sakit kepala, usahakan agar Anda tetap rileks sehingga tekanan darah Anda tidak naik secara drastis dan menyebabkan sakit kepala, dan maksimalkanlah waktu istirahat Anda.

Demikianlah artikel mengenai Gejala – Gejala Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai, semoga bermanfaat.

2 Responses to “Gejala – Gejala Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai”
  1. Avatar siska damayanti June 5, 2015
    • Avatar infosehatkeluarga June 7, 2015

Leave a Reply

*