efek buruk stress
efek buruk stress (Ilustrasi/pixabay)

Hati-Hati! Ini 4 Efek Buruk Jika Sering Alami Stres

Menghadapi segala macam problem kehidupan, stres menjadi sangat rentan dialami oleh setiap orang. Tapi tahukah anda, jika stres yang berlarut-larut dapat mengganggu kesehatan? Ketika mengalami stres dan dalam tekanan, otak akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Saat hormon adrenalin dilepaskan itulah anda akan merasakan denyut jantung yang cepat, sedangkan hormon kortisol dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Apabila hal ini terus menerus berlangsung, tentunya akan berpengaruh untuk kesehatan anda. Dilansir dari dailymail.co.uk, berikut inilah 4 efek buruk jika sering alami stres:

  1. Berisiko kanker

Dari sebuah penelitian dikatakan bahwa stres yang parah dam masuk ke depresi dapat meningkatkan risiko kanker 30%. Selain itu, stres akan mengganggu sistem imun, sehingga akan memudahkan bakteri penyakit masuk ke dalam tubuh.

  1. Berisiko penyakit jantung.

Produksi hormon adrenalin yang berlebihan di saat stres akan membuat jantung berdebar-debar, dan jika dibiarkan tentunya tak baik untuk kesehatan. Seorang ahli jantung bernama Prof. Chauncey Crandall, MD mengatakan, stres merupakan penyebab utama meningkatnya risiko terkena penyakit jantung. Apabila seseorang mengalami stres, maka hal itu akan berpengaruh dengan gaya hidup dan pola makannya yang menjadi tak terarah. Akibat gaya hidup dan pola makan yang buruk ini, risiko terkena serangan jantung akan semakin besar dan tak dapat dihindari lagi.

efek buruk stress
efek buruk stress (Ilustrasi/pixabay)
  1. Mengalami masalah pencernaan

Sering ditemui pasien yang mengalami masalah pencernaan, biasanya juga sedang memiliki beban pikiran dan mengalami stres dalam hidupnya. Di negara maju seperti Amerika dan Inggris, pasien dengan gangguan pencernaan setelah ditemui mengaku sering merasakan stres, jumlahnya mencapai 50% dari keseluruhan yang ada. Umumnya gangguan pencernaan yang dialami, antara lain: maag, infeksi saluran cerna, dan usus buntu.

  1. Mengalami kerontokan rambut.

Kerontokan rambut memang umum dialami oleh setiap orang. Namun, kerontokan akan lebih parah jika anda sedang dalam keadaan stres karena terlalu banyak memikirkan beban kehidupan. Di saat stres, suhu di otak menjadi lebih panas dan tegang sehingga akan mempengaruhi kesehatan akar rambut. Itulah sebabnya stres dapat menyebabkan berbagai masalah rambut, seperti: mudah rapuh, kering dan kusam.

Demikianlah 4 efek buruk jika sering alami stres. Sebaiknya istirahatkan sejenak pikiran anda dari hal-hal yang membuat penat. Seberapa besar pun masalah anda, percayalah bahwa semuanya akan memiliki jalan keluar yang terbaik. Tetap semangat ya.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- beban pikiran dan dan masalah pencernaan

data-ad-format="link">
Hati-Hati! Ini 4 Efek Buruk Jika Sering Alami Stres Post in | Last updated: February 12th, 2017 | 374 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *