Ibu Obesitas, Anak Berisiko Meninggal Dini

Ibu Obesitas, Anak Berisiko Meninggal Dini

Infosehatkeluarga.com – Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang memiliki kelebihan berat badan berisiko meninggal sebelum usia 55 tahun.

Dibandingkan dengan ibu yang memiliki berat badan normal, ternyata ibu yang mengalami obesitas sepertiga lebih mungkin memiliki anak yang meninggal sebelum usia 55 tahun, 29% kemungkinan lebih tingginya yang dirawat di rumah sakit dan mengalami serangan jantung, angina, dan stroke adalah anak perempuan yang gemuk.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang memiliki kelebihan berat badan berisiko lebih besar terkena masalah penyakit jantung, diabetes, dan obesitas, namun dalam penelitian baru ini menunjukan dampak yang lebih buruk yaitu lebih mungkin untuk meninggal muda.

Merujuk pada satu teori yang menyebutkan bahwa kelebihan berat badan pada kehamilan dapat menyebabkan perubahan permanen dalam mengendalikan nafsu makan, dan metabolisme energi dalam janin, yang dapat menyebabkan risiko lebih besar terkena masalh jantung dikemudian hari.

Para peneliti gabungan dari Universities Of Aberdee, dan The University of Edinburgh, UK,mempelajari perkembangan 38.000 bayi yang lahir di Skotlandia antara tahun 1950 dan 1976 lalu para peneliti mencatat berat badan tubuh ibu mereka dan memeriksa catatan kematian anak-anak mereka.

Ibu Obesitas, Anak Berisiko Meninggal Dini

Hasilnya menunjukan, bahwa anak-anak mereka memiliki 35% lebih mungkin untuk menderita kematian dini sebelum dan tepat pada usia 55 tahun dengan ibu mereka yang memiliki BMI 30 atau lebih pada saat kehamilan.

Seperti yang kita ketahui bahwa Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh(IMT) dalam bahasa Indonesia adalah ukuran berat badan (kg) seseorang yang dibagi dengan kuadrat dari tinggi badan (meter), sebagai contoh jika orang dewasa memiliki berat 70 kg dan tinggi 175cm berarti dia memiliki nilai BMI 22,9. Adapun nilai BMI bagi orang yang memiliki berat badan normal yaitu 18,5-25, kelebihan berat badan 25-30 dan jika lebih dari 30 berarti mengalami obesitas.

Di antara 28.540 ibu dalam penelitian ini 21% kelebihan berat badan dan 4 % mengalami obesitas, dari 37.709 anak-anak mereka ada sekitar 6.551 mengalami kematian karena beberapa jenis penyebab yang di dominasi oleh penyakit jantung (24 % pria dan 13 % pada wanita), penyebab lainnya seperti kanker menyumbang seperempat dari kematian pada pria dan 2 dari 5 pada wanita.

“Kami perlu mencari tahu bagaimana membantu wanita muda dan anak-anak mereka untuk bisa mengontrol berat badan mereka menjadi lebih baik sehingga mengurangi risiko terkena penyakit kronis menular dari generasi ke generasi,” kata Dr. Sohinee Bhattacharya dari University of Aberdeen, Scotland,UK.

Louise Silverton, direktur bidan di Royal College of Midwives, UK, menambahkan, “Penelitian ini menunjukan pentingnya perempuan yang memulai kehamilan mereka dengan memiliki berat badan yang normal.”

Selain itu tanggapan lain tentang penelitian ini pun diucapkan oleh Doireann Maddock seorang perawat jantung senior di British Heart Foundation,UK, yang juga ikut berkontribusi mendanai penelitian ini, Maddock mengatakan, “Kami tahu bahwa kesehatan seorang ibu pada kehamilan dapat memengaruhi kesehatan janin pada rahim mereka, namun studi ini menunjukan adanya hubungan antara berat badan ibu pada masa kehamilan dan risiko kematian anaknya di masa dewasa nanti.” ujarnya

Ada banyak cara untuk bisa mengontrol berat badan Anda, salah satunya dengan berolahraga dan diet sehat dengan 4Life Nutrastart !

sumber

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- anak badan besar meninggal, - anak obesitas yg meninggal, - anak terkena obesitas yang meninggal, - bayi obesitas dan meninggal, - penyebab kematian muda karna obesitas

data-ad-format="link">
Ibu Obesitas, Anak Berisiko Meninggal Dini Post in | Last updated: August 15th, 2013 | 7,995 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *