Gizi penunjang kecantikan
Gizi penunjang kecantikan (Ilustrasi/wikipedia)

Ingin Cantik, Tunjanglah Tubuh Dengan Zat Gizi

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dan menarik. Contohnya kulit dan rambut yang sehat dan segar bisa menunjang penampilan kita untuk tampil cantik. Tidak dipungkiri, alat kecantikan dan komestik bisa membantu menutupi kekurangan pada tubuh kita untuk tampil lebih cantik. Tapi semua itu tak akan berhasil tanpa pemenuhan gizi yang memadai.

Apakah gizi yang menunjang kecantikan itu? Gizi tersebut merupakan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga agar kebutuhan pembentukan jaringan tetap terpenuhi. Misalnya saja sel kulit. Sel kulit selalu mengalami regenerasi tiap hari dari sel kulit yang rusak dan diganti dengan sel baru. Apabila pasokan gizi yang kita asup tidak memadai, sel kulit yang rusak tidak bisa diganti dengan yang baru. Zat gizi untuk menunjang kecantikan wanita ialah vitamin dan mineral. Tanpa kehadiran kedua zat gizi itu mengakibatkan kita tidak mendapatkan kecantikan dan kesehatan tubuh yang didambakan.

Gizi penunjang kecantikan
Gizi penunjang kecantikan (Ilustrasi/wikipedia)

Vitamin Sebagai Penunjang Kecantikan

Zat gizi yang menunjang kecantikan wanita salah satu diantaranya ialah vitamin. Vitamin A,B, C dan E. Vitamin A dan C merupakan kebutuhan tubuh untuk menjaga kesinambungan pergantian sel kulit. Vitamin E berfungsi menjaga agar kulit tidak cepat rusak. Fungsi vitamin C dan E antara lain sebagai anti oksidan yang melindungi sel-sel tubuh agar tidak dirusak oleh gugus radikal bebas. Bicara tentang radikal bebas merupakan molekul yang tidak stabil, sangat reaktif dan merusak jaringan tubuh. Radikal bebas dihasilkan dari proses kimia di dalam tubuh yang berlangsung pada saat bernapas, konsumsi lemak berlebihan, peradangan, atau ketika tercemar polusi. Sebenarnya kita memiliki penangkal dari radikal bebas yaitu adanya enzim glutation SH. Namun jika produksi radikal bebas terlalu banyak, enzim tersebut tak sanggup lagi membendungnya.

Wanita selalu mendambakan kulit yang bersih dan sehat. Maka dari itu kulit juga memerlukan vitamin B kompleks, khususnya B2 (riboflavin) dan B3 (niasin). Bila kita sampai defisiensi vitamin tersebut akan mengakibatkan kelainan pigmentasi, sehingga warna kulit bisa berubah. Kalau sampai dibiarkan bisa mengakibatkan infeksi. Vitamin B lain sebagai penunjang kecantikan ialah vitamin B6. Vitamin B6 tidak berpengaruh langsung terhadap kesehatan kulit. Meskipun begitu, tanpa adanya vitamin B6, vitamin B2 dan B3 tidak akan menjalankan fungsinya dengan baik.

Mineral Sebagai Penunjang Kecantikan

Selain vitamin, kulit juga memerlukan mineral. Mineral utama yang diperlukan tubuh ialah kalium dan natrium. Fungsi dari kedua mineral tersebut ialah mengatur keseimbangan cairan di kulit. Bila kebutuhan cairan di tubuh kita tercukupi maka pengaturan cairan tubuh jadi baik sehingga kelembapan kulit selalu terjaga.

Sering kita melihat banyak produk kosmetik yang menawarkan kelebihan produknya mampu menjaga kelembapan kulit. Memang ada benarnya diumpamakan saja bila daun kering maka keriput. Begitu pula kulit bila kering kelihatan kusut, keriput dan bersisik alias tidak sehat. Maka dari itu perlu diberi pelembab. Tapi kalau mau yang lebih efisien, pengairan itu harus dari dalam, bukan dari luar. Selain kalium dan natrium ada juga mineral yang penting yaitu kalsium. Kalsium memang tidak berkaitan langsung dengan kecantikan tetapi juga diperlukan. Karena kekurangan kalsium bisa mempengaruhi kesehatan dan bentuk tulang. Bagaimana kalau hal ini sampai terjadi bukankah akan mempengaruhi kecantikan seorang wanita bukan? Apalagi bila wanita tersebut berusia di atas 30 tahun, kalsium menjadi kebutuhan penting karena deformitas tulang mulai terjadi. Bila kekurangan kalsium, proses osteoporosis akan terjadi lebih dini. Akibatnya, orang itu akan merasakan sakit-sakit pada tulang dan persendian.

Kalsium dapat dijumpai pada makanan nabati dan hewani. Hanya saja, pada kalsium nabati, Cuma 10 persen yang bisa diserap, sisanya terbuang percuma. Misalnya, pada kacang-kacangan dan sayuran. Penyebab kalsium nabati tidak bisa diserap semua dikarenakan di dalam kacang-kacangan terdapat asam fitat yang menghambat dengan cara bereaksi dengan kalsium, sehinga tidak bisa diserap usus untuk diteruskan ke dalam darah. Sementara kalsium hewani, seperti susu lebih mudah diserap karena mengandung laktosa yang membantu kalsium terserap dalam tubuh lebih efisien.

Mineral lain yang juga diperlukan ialah tembaga, seng, dan zat besi. Zat besi berguna untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sehingga proses metabolisme tetap berlangsung. Bila sampai kekurangan zat besi bisa mengakibatkan muka menjadi pucat, tidak menarik penampilannya sekaligus tidak sehat. Seng, selain bersifat anti oksidan, juga berfungsi dalam sintesa protein untuk membentuk jaringan atau sel-sel yang baru termasuk sel kulit. Apabila jaringannya tidak bisa diganti tepat waktu dan sempurna, tentu akan menimbulkan masalah.

Selanjutnya, lemak sebagai penunjang kecantikan bisa Anda baca di halaman berikutnya.

data-ad-format="link">
Ingin Cantik, Tunjanglah Tubuh Dengan Zat Gizi Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 35 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *