Ini Dia Penyebab Sakit Pinggang dan Solusi Efektif untuk Menghilangkannya

By | November 8, 2015

Ini Dia Penyebab Sakit Pinggang dan Solusi Efektif untuk Menghilangkannya – Tubuh yang terasa sakit memang tak enak rasanya. Efek yang ditimbulkan pun bisa membuat aktifitas menjadi terganggu. Tak sedikit yang mengeluh dan langsung mengambil cara instan untuk menghilangkannya yaitu dengan mengkonsumsi obat kimia. Salahkah? Tentu saja tidak, namun jika bisa menggunakan cara alami mengapa tidak dilakukan?

Seperti sakit pinggang misalnya, di dunia medis masalah kesehatan yang satu ini sering dialami setelah sakit kepala. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga kesehatan yaitu NIH atau National Institute of Arthritis Musculoskeletal and Skin Diseases, terdapat 8 diantara 10 orang di dunia yang mengalaminya.

Penyebab Sakit Pinggang

Ada banyak penyebab sakit pinggang misalnya efek penuaan sehingga terjadi gangguan pada tulang belakang. Umumnya, mereka yang berusia 40 hingga 80 tahun rentan terkena penyakit ini. Meski demikian, tak sedikit ditemui di usia muda sekalipun sudah terkena rasa nyeri pada punggung. Bisa jadi, penyebabnya adalah pola hidup sedentary atau mereka jarang melakukan aktifitas seperti olahraga.

Namun, penyebab umum yang terjadi adalah tidak memperhatikan postur tubuh. Mulai dari posisi duduk yang tidak benar, kemudian mengangkat beban yang terlalu berat, tak berhati hati mendorong hingga menarik barang. Bahkan, mereka yang sering berolahraga sekalipun bisa terkena sakit ini karena tidak mengikuti aturan seperti memaksa otot padahal masih dalam kondisi kaku. Di sisi lain, pinggang juga bisa terasa sakit dikarenakan faktor eksternal seperti terkilir, encok atau adanya gangguan pada organ tubuh bagian dalam.

Solusi sakit pinggang?

Menggunakan produk kesehatan yang berbahan kimia yang banyak dijual di pasaran boleh boleh saja dilakukan. Sepanjang tahu apa yang menjadi penyebabnya sehingga mampu memberi hasil yang diharapkan. Meski demikian, perlu diketahui bahwa pinggang yang terasa nyeri atau sakit dapat langsung disembuhkan dalam waktu kurang lebih 6 minggu tanpa operasi, apalagi mengkonsumsi obat kimia.

Ini Dia Penyebab Sakit Pinggang dan Solusi Efektif untuk Menghilangkannya

Ini Dia Penyebab Sakit Pinggang dan Solusi Efektif untuk Menghilangkannya (Ilustrasi)

Apa saja solusi yang bisa dilakukan?

  1. Yang pertama adalah menghentikan secara total segala aktifitas berat selama masa pemulihan agar jaringan otot dan syaraf bisa kembali normal. Lebih baik Anda menyuruh seseorang untuk melakukannya daripada tak mendapat kesembuhan.
  2. Selanjutnya adalah memastikan tubuh untuk mendapat istirahat yang cukup namun tidak berlebihan. Karena tubuh yang tidak melakukan aktifitas dalam waktu lama bisa membuat otot menjadi lemah. Akibat buruknya adalah, otot tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya terutama dalam menopang tulang belakang.
  3. Langkah berikutnya memastikan tubuh untuk melakukan olahraga. Dimulai dari intensitas sedikit seperti berjalan atau berlari dalam waktu 10 menit, namun seiring bertambahnya frekuensi waktunya pun ditingkatkan menjadi 30 menit atau lebih.
  4. Terakhir, gunakan alat pengompres pada pinggang yang bisa diatur suhunya apakah dingin atau panas.

Satu hal yang perlu diingat, melakukan konsultasi dengan dokter ahli akan memberi hasil yang maksimal. Karena dengan diagnosa yang dilakukan, akan terlihat bagaimana riwayat kesehatan si penderita termasuk tipe serta sakit yang dirasakan sehingga bisa ditemukan solusi penyembuhannya.

Demikianlah artikel mengenai Ini Dia Penyebab Sakit Pinggang dan Solusi Efektif untuk Menghilangkannya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *