Risiko bayi lahir prematur
Risiko bayi lahir prematur (Ilustrasi/wikimedia)

Inilah Alasan Mengapa Bayi Lahir Prematur dapat Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Hingga saat ini, bayi prematur masih belum dapat ditemukan penyebab pastinya. Beberapa faktor serta masalah kesehatan yang dapat memicu kelahiran prematur diantaranya ialah tali pusar abnormal serta kelahiran bayi kembar lebih dari dua. Kelahiran prematur juga dapat disebabkan karena masalah kesehatan terkait gaya hidup yang dialami oleh ibu hamil, diantaranya ialah kebiasaan buruk merokok serta kurangnya asupan nutrisi selama masa kehamilan. Bayi yang lahir prematur dapat meningkatkan resiko kesehatan jangka pendek dan juga jangka panjang. Salah satu diantaranya ialah terkait dengan meningkatnya resiko penyakit jantung ketika bayi sudah beranjak dewasa.

Risiko bayi lahir prematur
Risiko bayi lahir prematur (Ilustrasi/wikimedia)

Sebuah penelitian dilakukan dengan melibatkan 102 bayi yang dilahirkan secara prematur hingga berusia 20 tahun-an. Penelitian tersebut membandingkannya dengan 132 orang yang lahir secara normal dan menemukan hasil bahwa bayi yang dilahirkan prematur saat usia dewasa memiliki kamar jantung yang vertikal pada bagian kanan sehingga ukurannya menjadi lebih kecil namun lebih berat dengan pemompaan yang lebih sempit dan kapasitas pemompaan dinding yang lebih tebal jika dibandingkan dengan keadaan normal.  Hal tersebut juga didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan American Heart Associaton’s jurnal Circulation. Penelitian tersebut menyatakan bahwa bayi yang lahir lebih awal atau prematur dapat berpengaruh terhadap ukuran dan fungsi ventrikel pada bagian kanannya.

Ventrikel ini mempunyai fungsi untuk melakukan pemompaan darah ke seluruh tubuh. Manusia mempunyai ventrikel kanan dan kiri yang masing – masing memiliki tanggung jawab tersendiri. Ventrikel kanan bertanggung jawab untuk memompa darah ke paru – paru melalui arteri paru. Sementara ventrikel kiri berfungsi memompa oksigen ke tubuh melalui aorta. Penelitian lainnya dilakukan di Inggris oleh seorang kardiolog. Penelitian tersebut menemukan bahwa 10 persen dari orang dewasa yang mempunyai riwayat kelahiran prematur akan mengalami perubahan resiko terhadap penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelahiran normal. Hal tersebut membuat sejumlah pihak bertanya – tanya terkait hubungan antara riwayat kelahiran prematur dihubungkan dengan meningkatnya penyakit jantung. Penelitian serupa mencoba untuk mengidentifikasinya pada kelompok kecil dari pasien yang mempunyai riwayat kelahiran prematur, sehingga penyebab utamanya dapat diketahui. Penelitian tersebut juga memberikan layanan kesehatan tentang resiko penyakit kardiosvaskular yang bisa saja terjadi pada mereka.

Penelitian yang dilakukan pada kelompok kecil pasien yang memiliki riwayat kelahiran prematur ini menemukan adanya perbedaan pada ventrikel jantung meski ukurannya hanya sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan keadaan normal namun tetap berpengaruh terhadap kesehatan. Memasuki usia yang semakin tua, fungsi dan struktur ventrikel kanan mengalami perubahan yang dapat meningkatkan resiko gagal jantung serta kardiovaskular meski penelitian yang dilakukan menggunakan sample yang lahir secara prematur sebenarnya tidak ada hubungannya dengan masalah kesehatan yang dilakukan penelitian tersebut.

Dengan demikian, sangat pentinglah untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Menjaga asupan nutrisi selama masa kehamilan menjadi cara yang paling baik dalam mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil dan juga janin. Pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter juga sangat penting untuk dapat menjaga dan memperkecil kemungkinan terjadinya kelahiran prematur. Kelahiran bayi prematur juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan jangka pendek pada bayi Anda. Salah satu diantaranya ialah pemberian asi yang terhambat karena bayi membutuhkan penanganan medis dengan menggunakan inkubator. Selain itu, dampak lain yang dapat terjadi karena bayi lahir lebih awal atau prematur ialah belum mempunyai kematangan pada sistem organnya.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- penyakit anak prematur jika sudah dewasa, - penyakit paru-paru yang diidap orang dewasa yang lahir prematur, - resiko jangka panjang lahir prematur, - informasi mengenai bayi prematur dan alasan mengapa itu dapat terjadi?, - efek prematur saat dewasa, - ujian bagi orang yng terlahir prematur, - dampak bayi prematur saat dewasa, - ciri ciri bayi prematur saat dewasa apa resikonya, - bayi premature dengan jantung, - bayi prematur saat dewasa

data-ad-format="link">
Inilah Alasan Mengapa Bayi Lahir Prematur dapat Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung Post in | Last updated: December 20th, 2015 | 171 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *