Kanker Saluran Empedu : Tanda-Tanda, Penyebab, Cara Mendiagnosa, Pengobatan dan Cara Mencegahnya

By | July 26, 2016
Kanker Saluran Empedu : Tanda-Tanda, Penyebab, Cara Mendiagnosa, Pengobatan dan Cara Mencegahnya 1

Kanker Saluran Empedu : Tanda-Tanda, Penyebab, Cara Mendiagnosa, Pengobatan dan Cara Mencegahnya – Holangiocarcinoma adalah istilah medis yang digunakan untuk kanker saluran empedu. Kanker saluran empedu termasuk jenis kanker ganas tapi jarang ditemukan. Dalam kebanyakan kasus, kanker saluran empedu biasanya tidak menunjukkan gejala awal, sehingga seringkali terlambat mendapat pengobatan. Gejala dan tanda-tanda Cholangiocarcinoma atau kanker saluran empedu hampir mirip dengan gejala yang terdapat pada penderita penyakit kuning,

Tanda-Tanda Cholangiocarcinoma atau Kanker Saluran Empedu:

  1. ikterus – menguningnya kulit, kuku dan putih mata
  2. feses berlendir dan lengket
  3. urin berwarna kuning kemerahan dan gelap

Jika Anda mengalami gejala penyakit kuning, meskipun mungkin Anda tidak terserang kanker saluran empedu, cara yang terbaik adalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab Kanker Saluran Empedu:

Mengapa kanker saluran empedu terjadi? Saat ini penyebab pasti kanker saluran empedu belum diketahui. Tapi ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko terserang Cholangiocarcinoma atau kanker saluran empedu, misalnya karena seseorang menderita penyakit kronis hati yang disebut primary sclerosing cholangitis (PSC), hepatitis B dan hepatitis C.

Jenis atau Kanker Saluran Empedu:

Ada dua jenis utama kanker saluran empedu, yaitu:

  1. kanker yang dimulai pada bagian saluran empedu yang ada di dalam hati, disebut sebagai sebagai intrahepatic bile duct cancer atau kanker saluran empedu intrahepatik
  2. kanker yang dimulai di bagian saluran empedu di luar hati, disebut sebagai extrahepatic bile duct cancer atau kanker saluran empedu ekstrahepatik

Biasanya kanker saluran empedu intrahepatik diperlakukan sama dengan kanker hati primer.

Kanker Saluran Empedu - Tanda-Tanda, Penyebab, Cara Mendiagnosa, Pengobatan dan Cara Mencegahnya

Kanker Saluran Empedu : Tanda-Tanda, Penyebab, Cara Mendiagnosa, Pengobatan dan Cara Mencegahnya (Ilustrasi)

Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Kanker Saluran Empedu:

Tidak ada cara yang benar-benar dan efektif agar terhindar dari kanker saluran empedu. Namun, pola hidup sehat tentu akan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker saluran empedu. Pola hidup sehat untuk mencegah kanker saluran empedu misalnya dilakukan dengan tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, dan mencoba untuk memastikan Anda tidak terinfeksi hepatitis B atau hepatitis C.

Cara mendiagnosa Cholangiocarcinoma atau Kanker Saluran Empedu:

Kanker saluran empedu sulit untuk didiagnosa, sehingga untuk mengetahuinya diperlukan serangkaian tes medis, meliputi tes darah, scan ultrasound, Computerized Tomography (CT) Scan, dan Magnetic Resonance Imaging (MRI) scan. Tindakan biopsi sebelumnya juga diperlukan untuk mendiagnosa kanker saluran empedu. Biopsi dilakukan dengan cara mengambil sedikit sampel jaringan sehingga dapat dipelajari melalui mikroskop.

Pengobatan Cholangiocarcinoma atau Kanker Saluran Empedu:

Kanker saluran empedu hanya dapat disembuhkan jika sel-sel kanker belum menyebar. Jika hal tersebut terjadi, sebagian atau semua saluran empedu dapat diangkat melalui tindakan operasi. Sayangnya, hanya sebagian kecil dari kasus kanker saluran empedu berhasil untuk operasi. Hal ini karena tanda-tanda dan gejala Cholangiocarcinoma atau kanker saluran empedu biasanya terdeteksi ketika kondisi sudah parah. Meskipun demikian, radioterapi, kemoterapi dan operasi dapat meringankan gejala kanker saluran empedu dan meningkatkan kualitas hidup penderita kanker saluran empedu.

Demikianlah Kanker Saluran Empedu : Tanda-Tanda, Penyebab, Cara Mendiagnosa, Pengobatan dan Cara Mencegahnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Suplemen ini 30x Kekuatan dalam Meningkatkan Sistem Imun dibanding Suplemen lain

Di saat-saat seperti ini, di tengah-tengah wabah penyakit Corona (COVID-19), perlu untuk menjaga sistem imun agar tidak gampang terserang penyakit

 

Transfer Factor - 30x Kekuatan

Informasi dan pemesanan:

 

 

One thought on “Kanker Saluran Empedu : Tanda-Tanda, Penyebab, Cara Mendiagnosa, Pengobatan dan Cara Mencegahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *