Kenali 6 Tumbuhan Bermanfaat Untuk Pengobatan

Kenali 6 Tumbuhan Bermanfaat Untuk Pengobatan – Beberapa tanaman tak sekedar ditanam untuk menghias pelataran halaman saja. Diantara beberapa jenis tanaman yang kita kenal, dapat dimanfaatkan sebagai bahan berkhasiat sebagai obat penyembuh penyakit.

Berikut ini informasi mengenai beberapa tanaman yang telah dikenal lama memiliki manfaat sebagai obat alami.

6 Tumbuhan Untuk Pengobatan

  1. Lidah Buaya sebagai obat alami.
Lidah buaya sebagai obat alami

Lidah buaya sebagai obat alami (Ilustrasi/pixabay)

Tanaman lidah buaya nampak seperti kaktus dengan bentuk seperti gel pada bagian dalamnya. Kegunaan lidah buaya sendiri adalah sebagai anti bakteri, anti peradangan serta pelindung kulit dari bahaya sinar matahari. Selain itu lidah buaya juga bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Cara penggunaan lidah buaya untuk kulit dapat dilakukan dengan mengaplikasikan langsung cairan kental dari lidah buaya ke seluruh bagian luka. Aplikasikan lidah buaya sebelum anda beraktivitas di luar rumah. Maka kulit anda akan terlindung dari sinar matahari. Selain itu penggunaan rutin juga mampu menjadikan kulit menjadi lebih halus dan nampak lebih bersinar.

Sedangkan penggunaan lidah buaya untuk rambut juga dapat menjadikan rambut lebih lembut dan nampak bersinar. Permasalahan pada rambut keriting yang sulit diatur pun dapat diatasi melalui penggunaan lidah buaya. Cara penggunaannya cukup menggosok daging lidah buaya secara perlahan ke bagian rambut anda.

Penggunaan lebih jauh dari lidah buaya dengan mengonsumsinya langsung dapat mengobati borok, meringankan keluhan sakit perut, arthritis, asma, kanker kulit dan permasalahan menopause. Mengonsumsi lidah buaya dapat mengontrol gula darah dan efektif dalam menangani permasalahan obesitas.

2. Kenanga sebagai obat alami

Kenanga sebagai obat alami

Kenanga sebagai obat alami

Kenanga merupakan bunga berwarna hijau kekuningan yang memiliki aroma yang khas. Manfaat dari bunga kenanga dapat mengatasi permasalahan imp0ten dan frigiditas. Selain itu kenanga juga efektif mengatasi permasalahan ketidakseimbangan hormonal.

Manfaat lain dari bunga kenanga juga dikenal dapat mengatur detak jantung, pernafasan, dan menjaga kondisi tekanan darah dalam kondisi normal. Pemanfaatan bunga kenanga umumnya banyak dijadikan minyak aromaterapi yang berkhasiat memberikan rasa nyaman pada tubuh dan pikiran. Permasalahan gangguan tidur (insomnia) dan kecemasan dapat diatasi dengan penggunaan bunga kenanga.

Bunga Kenanga yang cocok bagi semua jenis kulit biasa digunakan untuk menyegarkan kulit dan berkhasiat mengatasi permasalahan pada kulit. Secara bersamaan penggunaan kenanga untuk kulit dapat berfungsi melembabkan sekaligus mengurangi kadar minyak di kulit.

Penggunaan minyak bunga kenanga untuk mengatasi permasalahan kulit dapat diaplikasikan langsung pada bagian kulit yang bermasalah. Pengobatan ini efektif meringankan penyakit eksim, mengobati bekas gigitan nyamuk, dan menghilangkan noda hitam pada wajah.

Untuk memberikan perasaan nyaman dan tenang bagi yang mengalami stres, penggunaan minyak kenanga bisa diaplikasikan melalui pemijatan tubuh atau melalui metoda inhalasi dengan aromaterapi. Memberikan beberapa tetes minyak esensi bunga kenanga pada masker wajah dapat menjadikan wajah menjadi lebih halus dan lembut.

Permasalahan rambut bercabang ternyata juga dapat diatasi dengan bunga kenanga. Caranya cukup menggosok perlahan minyak kenanga pada kulit kepala yang bisa difungsikan juga sebagai conditioner rambut. Selain itu pemakaian secara teratur juga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru.

Bagi anda yang mengalami permasalahan insomnia penggunaan minyak esensi kenanga yang bisa disemprotkan ke tempat tidur dapat menjadikan anda tenang dan terlelap.

3. Tea Tree sebagai obat alami

Tea Tree sebagai obat alami

Tea Tree sebagai obat alami

Tanaman tea tree atau dalam bahasa melayu disebut gelam wangi merupakan tumbuhan asli Autralia. Manfaat tanaman tea tree berfungsi sebagai antivirus, antimikroba, anti jamur, antiseptik dan sebagai obat serangga. Pengobatan dengan tumbuhan tea tree dipercaya dapat mengatasi infeksi organ kewanitaan, infeksi pada kuku, dan infeksi jamur. Selain itu tea tree juga dapat meningkatkan imunitas.

Bermacam-macam permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, eksim, kurap, hingga kudis juga dapat ditangani dengan pengobatan menggunaan minyak tea tree. Manfaat lainnya penggunaan tea tree sebagai aromaterapi juga dapat mengatasi gangguan saluran pernafasan seperti asma, bronchitis, sinus, dan TBC.

Penggunaan beberapa tetes minyak esensi tea tree yang dicampurkan ke dalam air hangat ampuh mengatasi sariawan, sakit tenggorokan dan permasalahan pada gigi.

Pengaplikasian langsung minyak tea tree pada luka ringan seperti luka iris, gigitan serangga dan kutil dapat mempercepat penyembuhan. Permasalahan rambut seperti ketombe pun dapat diatasi dengan mengaplikasikan langsung ke kulit kepala.

Menggosok minyak tea tree ke area hidung atau menghirupnya langsung ampuh mengatasi demam dan hidung berair. Campuran sedikit minyak tea tree dan tree dapat disemprotkan di dalam kamar sebagai disinfektan dan penyegar ruangan.

4. Eukaliptus sebagi obat alami

Eukaliptus sebagai obat alami

Eukaliptus sebagai obat alami

Tanaman Eukaliptus merupakan tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Australia. Namun beberapa kelompok tanaman ini bisa ditemukan juga di Indonesia dan di sini biasa digunakan sebagai bahan pembuat minyak kayu putih.

Daun Eukaliptus memiliki aroma yang sangat harum. Tanaman ini juga berfungsi sebagai antiseptik, anti peradangan dan antimikroba. Penggunaan eukaliptus sangat efektif untuk mengatasi gangguan pernafasan dan permasalahan pada kulit.

Penggunaan minyak eukaliptus bisa dijadikan obat hirup untuk mengobati penyakit selesma dan juga untuk mengatasi sakit tenggorokan. Pemakaian internal dari minyak eukaliptus dapat juga mengatasi demam berdarah dan tipes.

Sama seperti kenanga, menghirup aroma dari tanaman eukaliptus dapat menghilangkan stress dan meningkatkan energi. Selain itu penggunaan eukaliptus juga ampuh berfungsi sebagai pengusir serangga.

Cara penggunaan minyak eukaliptus sebagai obat asma, sinus dan bronchitis dapat dilakukan dengan meneteskan minyak eukaliptus pada sapu tangan kemudian anda dapat langsung menghirupnya secara perlahan. Pengobatan dengan cara ini juga efektif untuk mengatasi demam dan batuk.

Permasalahan pernafasan, hidung mampet dan demam dapat diobati dengan ekaliptus melalui cara menghirup uap dari rebusan air yang telah dicampur beberapa tetes minyak eukaliptus.

Manfaat lainnya minyak eukaliptus juga dapat sebagai obat kumur dengan mencampurkan 1-2 tetes minyak eukaliptus bersama air. Penyakit rematik, nyeri sendi dan bengkak juga dapat diobati dengan minyak eukaliptus yang biasa dicampurkan bersama minyak zaitun.

5. Vanila sebagai obat alami

Vanila sebagai obat alami

Vanila sebagai obat alami

Tanaman vanila memiliki aroma yang sangat wangi dan banyak tersedia dalam bentuk kering atau bubuk ekstrak. Vanila umumnya digunakan sebagai aromaterapi yang dapat mengurangi kecemasan, panik, dan rasa tertekan karena memberikan efek relaksasi.

Vanila juga digunakan untuk mengatasi gangguan fungsi pencernaan dan dapat mengatasi rasa mual pada wanita hamil. Manfaat lainnya ternyata vanila bermanfaat untuk mengatasi gangguan pernafasan dan melancarkan peredaran darah.

Campuran ekstrak vanila bersama air mineral, jus, atau susu dapat dijadikan obat untuk mengatasi sakit perut. Mengoleskan vanila ke lidah juga efektif menghilangkan rasa terbakar setelah mengonsumsi makanan pedas.

6. Chamomile sebagai obat alami

Chamomile sebagai obat alami

Chamomile sebagai obat alami

Tumbuhan Chamomile merupakan kelompok dari bunga matahari yang merupakan tanaman semusim. Chamomile berkhasiat memberikan efek penenang dan dapat mengatasi batuk dan permasalahan pencernaan.

Campuran 3 – 10 tetes minyak chamomile dengan sesendok penuh air berkhasiat mengatasi masalah diare pada anak. Selain itu chamomile juga dapat berfungsi sebagai pengusir lalat dan nyamuk.

Meminum teh chamomile secara rutin juga sangat berkhasiat untuk mengatasi sakit perut yang parah. Campurkan 2 sendok makan chamomile bersama secangkir teh dan diamkan selama 15 menit sebelum meminumnya.

Demikianlah info mengenai beberapa tanaman yang bermanfaat untuk mengatasi keluhan penyakit. Semoga bisa menjadi pengetahuan untuk anda dalam memilih alternatif pengobatan secara alami.

Leave a Reply

*