Kenali, Gejala, Penyebab dan Solusi Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Kenali, Gejala, Penyebab dan Solusi Sakit Pinggang Sebelah Kanan – Keluhan nyeri yang terjadi pada pinggang baik orang dewasa wanita maupun pria, kerap menimbulkan berbagai mitos dan persepsi. Salah satunya adalah penyebab yang memungkinkan hal ini terjadi dan pada akhirnya menciptakan pola pengobatan yang cukup bervariasi.

Gejala Sakit Pinggang

Adapun gejala umum yang biasa muncul pada si penderita adalah rasa nyeri yang berlebihan pada pinggang sehingga sulit untuk melakukan pergerakan. Alhasil, segala aktifitas pun mulai terganggu dan kondisi tubuh kian melemah. Selain itu, tanda sakit pinggang sebelah kanan lainnya yang tak bisa diabaikan adalah kekakuan yang terjadi pada otot di sekitar bagian punggung.

Di beberapa kasus, keluhan sakit pinggang ini biasanya akan segera hilang saat melakukan relaks atau tidur. Selain itu, memastikan untuk terus minum air putih, atau memberi kain hangat atau kompres pada pinggang yang sakit juga bisa memulihkan secara perlahan.

Namun, jika ternyata kondisinya semakin parah seperti rasa sakit pada pinggang yang dibarengi dengan muncunya demam atau tubuh menggigil. Atau, perasaan depresi berat, rasa sakit yang begitu hebat saat buang air kecil hingga adanya darah dalam air seni, sebaiknya langsung pergi ke dokter ahli guna mendapat perawatan yang intensif. Jangan bersikap mencoba coba untuk mengkonsumsi obat yang efeknya sendiri memungkinkan memperparah kondisi.

Penyebab Sakit Pinggang

Adapun yang menjadi penyebab dari sakit pinggang ini adalah gaya hidup yang boleh dibilang terlalu manja. Sebut saja, remote TV yang memudahkan penonton mengganti channel kesukaannya tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Apalagi, acara yang ditonton sungguh menarik yang dipastikan bisa membuat susah untuk sekedar berdiri. Meski demikian, menurut dunia medis, penyebab dari sakit pinggang ini ada dua yaitu mekanis dan non mekanis.

Penyebab sakit pinggang secara mekanis adalah adanya pergerakan anggota tubuh yang tidak seharusnya sehingga membuat otot menjadi tegang terutama pada sendi. Biasanya ini terjadi saat seseorang melakukan olahraga tanpa didahului oleh strecthing atau peregangan otot. Selain itu, mengangkat atau mendorong beban terlalu berat juga beresiko menimbulkan penyakit ini.

Sementara, penyebab sakit pinggang non mekanis adalah adanya gangguan pada organ tubuh lainnya seperti adanya indikasi ginjal atau kantung empedu yang bermasalah. Begitu juga dengan tingkat emosi yang berlebihan atau rasa cemas akut seperti hutang, rumah tangga hingga pekerjaan.

Solusi Sakit Pinggang

Bagaimana mengatasinya? Indonesia terkenal dengan tumbuh tumbuhan yang memberi manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk untuk sakit pinggang seperti :

Rimpang Jahe

Untuk mendapatkan jenis tanaman ini cukup mudah karena banyak dijual di pasaran baik yang masih berupa bahan mentah hingga yang sudah menjadi olahan.

Brojo Lintang

Produsen obat herbal sering menggunakan tanaman ini untuk berbagai penyakit. Selain mudah ditemukan, yang menjualnya juga cukup banyak.

Daun Beluntas

Tanaman ini sudah dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Umumnya, orang di desa kerap mengkonsumsinya sebagai lalapan karena mudah ditemukan di pekarangan atau halaman rumah. Bagi mereka yang kurang nafsu makan, sebaiknya juga mengkonsumsi tanaman ini.

Demikianlah artikel mengenai Kenali, Gejala, Penyebab dan Solusi Sakit Pinggang Sebelah Kanan, semoga bermanfaat.

*