Kenapa Hujan Dapat Mengakibatkan Sakit Kepala? Inilah 4 Alasannya

Hujan sering kali diidentikkan dengan suasana yang sendu sehingga seseorang menjadi teringat hal-hal yang menyedihkan ketika hujan tiba. Meskipun tak jarang orang justru menyukai suasana di kala hujan, namun bagi beberapa orang, hujan terkadang menghambat aktivitas ketika harus berada di luar ruangan. Ketika anda mencoba menerobos rintik hujan tanpa pelindung apa pun mungkin beberapa saat setelah itu anda akan merasakan pusing atau sakit di bagian kepala. Kenapa hal itu bisa terjadi? Inilah beberapa alasan yang dapat menjawabnya:

1. Terjadinya Perubahan Suhu Tubuh

Saat anda nekad untuk menerobos hujan, terjadi perubahan suhu tubuh secara mendadak akibat dinginnya air hujan. Tubuh pun akan bereaksi dan mengeluarkan energi yang lebih untuk mengatasi rasa dingin, terutama pada bagian kepala. Karena proses kerja itulah yang memicu terjadinya sakit kepala. Apabila kekebalan tubuh sedang tidak stabil penyakit lain seperti flu dan demam juga akan sulit dihindari.

Kenapa air hujan bikin pusing

Kenapa air hujan bikin pusing (Ilustrasi/pexels)

2. Tekanan Udara Sekitar Menurun

Ketika hujan tiba, udara sekitar akan mengalami penurunan tekanan. Bagi seseorang yang terbiasa hidup di daerah panas dan tidak tahan pada udara dingin akan membuat tubuhnya jadi lebih mudah sakit. Sakit kepala merupakan hal pertama yang menadai kalau tubuh sedang dalam keadaan tidak fit. Saat anda mengabaikannya begitu saja, anda pun bisa terkena penyakit lain seperti flu.

3. Virus yang Mudah Menyebar

Hujan membuat udara sekitar menjadi lembab dan semakin memudahkan virus untuk berkembang biak. Ketika kondisi tubuh dalam keadaan lemah, anda akan lebih mudah terserang bakteri dan virus penyakit.

4. Air Hujan yang Bersifat Asam

Air hujan memiliki sifat asam karena adanya gas dan senyawa yang mengandung unsur tersebut dan mencampur dengan partikel air. Konsentrasi asam itu masih tetap ada meskipun hanya terjadi gerimis saja. Air asam itulah membuat tubuh menjadi lebih rentan terinfeksi penyakit. Itu ditandai dengan sakit kepala yang kemudian disertai demam. Maka para ahli menyarankan agar anda segera mandi setelah kehujanan untuk membersihkan sisa-sisa air hujan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Itulah beberapa alasan yang dapat membuat anda mengalami pusing atau sakit kepala setelah menerobos gerimis atau air hujan. Jadi, sebaiknya anda tetap berada di dalam ruangan saat hujan tiba. Kalau pun terpaksa, bawalah payung untuk melindungi tubuh terutama kepala agar tidak terkena rintik hujan ya.

Leave a Reply

*