Keuntungan penanganan kanker sejak dini

Keuntungan penanganan kanker sejak dini – Kanker jika terlambat ditangani, selain sel kanker bisa mengganas, ia juga akan menyebar ke organ lain dan akibatnya semakin fatal. Simak pengalaman Ria Irawan dalam penanganan kankernya.

Ria Irawan bernafas lega setelah menjalani operasi pengangkatan rahim dan indung telur padabulan September 2014. Lima tahun sebelumya, Ria memang didiagnosis mengalami penebalan rahim dan miom. “Ternyata, waktu operasi, penyakitnya sudah sampai ke indung telur,” ujar Ria Irawan.

Perjuangan Ria tak berakhir sampai di situ. Seminggu setelah operasi, Ria memeriksakan diri ke dokter. Ternyata, penyakitnya telah menjalar dan menyerang kelenjar getah bening. “16 Oktober 2014 saya datang dan dikasih tahu kalau saya positif kanker kelenjar getah bening stadium 3.”

Kanker adalah penyakit mematikan, terutama jika Anda tidak mendapatkan penanganan lebih awal sebab penyebaran kanker termasuk cepat. Pada kasus Ria, misalnya. Aktris yang berperan sebagai Sri di film “Berbagi Suami” ini tak langsung melakukan perawatan medis saat divonis menderita kanker rahim hingga kanker pun mulai menjalar ke organ tubuh yang lain.

Kini, Ria mengaku pasrah. Tapi, ia juga tak ingin menyerah dan memutuskan melakukan kemoterapi serta menghindari stres. “Mudah-mudahan ada mukjizat sembuh,” ucap Ria yang mengalami rambut rontok akibat kemoterapi sambil tersenyum.

Tubuh memiliki banyak sel dan sel-sel tersebut berkembang dengan cara yang terkontrol untuk menghasilkan sel yang lebih banyak. Tujuannya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Oleh karena itu, sel-sel yang rusak dan tua akan mati dan digantikan sel-sel baru. Sayangnya, sel-sel baru tersebut kadang berkembang tanpa terkendali. Di sinilah kanker bisa terjadi.

Saat satu organ tubuh terserang kanker, tapi penderitanya tidak segera melakukan tindakan perawatan dengan cepat, organ tubuh lain akan ikut terserang. Nah, kanker yang tumbuh pertama kali pada organ tubuh disebut kanker primer.

Keuntungan penanganan kanker sejak dini

Keuntungan penanganan kanker sejak dini (Ilustrasi)

Kanker primer dapat menyebar melalui aliran darah hingga membentuk kanker sekunder. Akibatnya, bagian tubuh yang lain ikut terserang kanker. Para ahli kesehatan dan ilmuwan menyebut kondisi ini sebagai metastasis.

Cara penyebaran kanker

Terdapat 3 cara yang membuat kanker menyebar antara lain:

  1. Penyebaran lokal
    Kanker akan tumbuh ke organ tubuh yang paling dekat dengan organ tubuh yang sudah terserang kanker.
  2. Melalui aliran darah
    Saat sel kanker primer terlepas, sel tersebut akan bergerak melalui dinding pembuluh darah untuk masuk ke dalam aliran darah. Namun, kebanyakan sel kanker tidak dapat bertahan lama. Bahkan dari ribuan sel kanker hanya akan ada satu yang bertahan dan membentuk kanker sekunder. Alasannya adalah beberapa sel kanker akan kalah dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan sebagian lainnya mati karena aliran darah yang mengalir dengan cepat.
  3. Melalui sistem kelenjar getah bening
    Cara penyebaran kanker melalui getah bening sama halnya dengan penyebaran melalui aliran darah.

Cara Mencegah Penyebaran Kanker

Untuk mencegah penyebaran sel-sel kanker Anda sebaiknya dapat memulai gaya hidup sehat dengan rutin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Tujuannya adalah agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan yang bisa mendeteksi kanker primer secara dini sehingga bisa cepat ditangani dan tidak sempat menyebar. (Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita/MeetDoctor)

Demikianlah artikel mengenai Keuntungan penanganan kanker sejak dini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*