Khasiat dau jahe
Khasiat dau jahe (Ilustrasi/pixabay)

Khasiat Daun Jahe Dan Temulawak: Hemat, Praktis, Segar, Menghangatkan Badan dan Meningkatkan Stamina

Sudah menjadi rahasia umum, manfaat temu lawak dan jahe bagi kesehatan. Indonesia 350 tahun dijajah Belanda juga karena rempah-rempahnya begitu terkenal pada jaman itu. Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan, asli dari Indonesia. Temulawak sudah dikenal cukup tangguh, salah satunya untuk mencegah penyakit liver yang gejala awalnya dikenal dengan penyakit kuning. Penyakit ini timbul akibat seringnya kelelahan tubuh, kecapekan dan kurang tidur.

Jahe (Zingiber officinale), merupakan tanaman yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Ada cara praktis cukup dengan memanfaatkan daunnya, tidak perlu umbinya. Tentu hal ini dilakukan karena minimnya lahan pekarangan untuk menanam dalam jumlah banyak.
Cukup kita perlu menanamnya beberapa umbi jahe maupun temulawak di pekarangan rumah, bisa juga dengan polybag. Dalam 2 – 3 bulan dirawat, baik daun jahe maupun temulawak sudah tumbuh subur. (Perhatian : jangan pernah disemprot dengan anti hama, karena kandungan kimianya mencemari daunnya, jika diserang ulat cukup dipotong dan buang bagian itu)

Khasiat dau jahe
Khasiat dau jahe (Ilustrasi/pixabay)

Cara membuat ramuan daun jahe dan temulawak untuk Menghangatkan Badan dan Meningkatkan Stamina:

  1. Daun temu lawak yang lebar cukup dipotong ¼ bagian, biarkan sisanya tetap tumbuh, sementara daun jahe yang kecil-kecil cukup kita ambil barang 2-3 lembar.
  2. Kedua jenis daun ini kita cuci bersih, diremas-remas, masukkan gelas dan seduh dengan air panas mendidih.
  3. Untuk maksimal hasil sebaiknya gelas seduhan ditutup.
  4. Untuk menambah rasa nikmat bisa tambahkan gula, teh atau kopi atau bahkan yang lain-lain sesuai dengan selera.

Rasanya nikmat dan segar diminum hangat-hangat. Hangatnya daun jahe mencegah dan menghilangkan masuk angin, melancarkan metabolisme, sementara daun temu lawak membuat badan segar dan stamina kembali pulih. Sehari bisa kita minum 2 kali, sebelum berangkat kerja dan sepulang dari kerja.

Hanya saja yang perlu diingat, jika anda mencampur dengan kopi, maka siap-siap saja untuk tahan tidak tidur sampai jauh malam, campuran kopi dengan daun temulawak membuat tidak cepat mengantuk. Sangat cocok untuk yang bekerja sebagai penjaga malam.

Bagi anda pekerja keras, insya Allah dengan minum seduhan daun jahe dan temulawak, badan akan selalu fit, alami tanpa efek samping. Cara ini praktis, murah, hanya cukup bersabar menunggu tumbuhnya daun-daun jahe dan temu lawak. Tentu, sebelum itu bisa manfaatkan jahe maupun temu lawaknya, menggunakan yang siap pakai praktis juga karena sudah ada dijual serbuk olahannya, walau tidak sama kesegarannya.

Demikianlah Khasiat Daun Jahe Dan Temulawak: Hemat, Praktis, Segar, Menghangatkan Badan dan Meningkatkan Stamina. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- tidur berkeringat, - manfaat daun jahe, - Daun yang menghangatkan tubuh, - fungsi daun jahe, - kasiat daun jahe, - tampolawak apakah mehangatkan atau medinginkanm, - minuman herbal jahe sama temulawak, - daun jahe, - daun daunan yang bisa menghangatkan tubuh, - caampuran temulawak dan jahe untuk apa

data-ad-format="link">
Khasiat Daun Jahe Dan Temulawak: Hemat, Praktis, Segar, Menghangatkan Badan dan Meningkatkan Stamina Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 285 views
Penulis, Kontributor Infosehatkeluarga.com Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *