Kiat Berhenti Makan Saat Stres

Infosehatkeluarga.com – Hati-hati, saat anda tidak bisa mengendalikan emosi dan stress, anda bisa lari ke dapur dan mencari makanan. Banyak orang tidak tahu bagaimana cara menghentikan kebiasaan makan saat stres datang, sehingga saat diet gagal, yang ada hanyalah penyesalan. Sebenarnya yang kita butuhkan hanya strategi untuk tetap menenangkan diri kita.

Berikut ini Kiat Berhenti Makan Saat Stres:

1. Pilah pilih makanan manis
Saat anda ingin makan yang manis-manis, coba pilih satu buah jeruk mandarin daripada sepotong roti coklat untuk memuaskan keinginan anda. Psikolog Albers mengatakan bahwa aroma citrus saat anda mengupas kulit buah ini akan menciptakan “meditative moment” untuk membantu menenangkan anda. Buah ini juga kaya akan vitamin C yang tubuh butuhkan untuk memperkuat daya tahan tubuh pada saat stress melanda.

2. Ingin yang asin-asin?
Boleh saja, tapi jangan asal makan ya. Coba pilih kacang Pistachio (kacang arab). Pistachio lebih baik daripada chips. Kacang ini memiliki kalori paling rendah, mengandung lemak sehat, kaya serat, dan membantu mengatur kadar gula dalam darah.

3. Makan dengan piring warna merah
Warna merah bisa memengaruhi orang untuk tidak mengambil cemilan karena warna ini sering dikaitkan dengan “bahaya, larangan, dan berhenti”. Merah kemungkinan dikaitkan dengan alarm. Ya, alarm untuk memperingatkan anda dari kebiasaan buruk.

4. Tukar posisi sendok dan garpu
Pegang sendok di tangan kiri, dan garpu di tangan kanan, atau sebaliknya jika anda kidal. Kalau tadinya anda terbiasa makan cepat, maka kebiasaan baru ini akan membantu anda makan lebih lambat dan mendapat sinyal kenyang di saat yang tepat. Menurut Albers ini adalah cara yang paling mudah dan trik yang paling efektif.

berhenti makan saat stres

5. Bersikap tenang
Saat stress datang, hormone kortisol penyebab stres jelas meningkat dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk menurunkan kadar kortisol, minum segelas teh hitam yang telah terbukti dapat mengurangi kortisol. Setelah itu luangkan waktu sebentar untuk latihan pernafasan, matikan ponsel dan tutup email sejenak untuk membuat kadar kortisol anda kembali ke titik normal.

Demikianlah Kiat Berhenti Makan Saat Stres, semoga bermanfaat.

Sumber: Astaga!

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- pilih makan saat stress

data-ad-format="link">
Kiat Berhenti Makan Saat Stres Post in | Last updated: October 9th, 2015 | 16 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *