Kolesterol Tinggi Tak Menunjukkan Gejala

Infosehatkeluarga.com – Kolesterol adalah substansi seperti lilin yang ditemukan di lemak di dalam darah. Tubuh sangat membutuhkan kolesterol untuk sel yang sehat, meski kadar kolesterol yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dengan kolesterol tinggi, akan terjadi penumpukan lemak di pembuluh darah. Penumpukan itu akan menyebabkan darah sulit mengalir melalui arteri. Jantung kemudian akan kekurangan darah berisi oksigen yang sangat dibutuhkan, yang berakibat peningkatan serangan jantung, sedangkan berkurangnya aliran darah ke otak akan menyebabkan stroke.

Hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi bisa didapat melalui genetika, namun bisa dicegah dan diobati. Pola makan sehat, olah raga teratur, dan juga obat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Susahnya, kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala. Hanya tes darah yang dapat mendeteksi apakah seseorang memiliki kadar kolesterol normal atau tinggi.

kolesterol tinggiMintalah kepada dokter untuk melakukan uji kolesterol pada usia 20 tahun dan kemudian dites ulang minimal setiap lima tahun. Jika hasil tes menunjukkan angka yang di atas batas normal, dokter biasanya akan merekomendasi untuk lebih sering melakukan tes, apalagi jika keluarga memiliki sejarah kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan faktor berisiko lainnya, seperti perokok, diabetes, atau tekanan darah tinggi.

Kolesterol dibawa oleh darah, melekat pada protein. Kombinasi protein dan kolesterol disebut lipoprotein.
Mungkin Anda sudah pernah mendengar beberapa jenis kolesterol, yang penamaannya didasarkan pada tipe kolesterol yang dibawa oleh lipoprotein

Demikianlah artikel mengenai Kolesterol Tinggi Tak Menunjukkan Gejala,, semoga bermanfaat.

sumber

data-ad-format="link">
Kolesterol Tinggi Tak Menunjukkan Gejala Post in | Last updated: August 12th, 2013 | 7,426 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *