Komplikasi Diabetes Melitus pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 1 dan Tipe 2 1

Komplikasi Diabetes Melitus pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 1 dan Tipe 2

Komplikasi Diabetes Melitus pada Penderita Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 – Diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula dalam tubuh. Jika diabetes melitus tidak diobati, diabetes melitus (baik itu diabetes melitus tipe 1 atau diabetes melitus tipe 2) dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang berbeda. Kadar gula yang tinggi dapat merusak pembuluh darah, saraf dan kesehatan organ tubuh. Bahkan sesekali, tingkat kadar gula yang tidak terlalu tinggi dan tidak menimbulkan gejala apapun akan memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh dalam jangka panjang.

Komplikasi diabetes melitus:

Secara sederhana, komplikasi diabetes melitus disebabkan karena sulitnya tubuh melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Pada orang sehat, sel-sel tubuh yang rusak, akan diperbarui dengan baik. Sedangkan sel-sel tubuh yang rusak pada penderita diabeles mellitus akan sulit diperbarui karena berkurangnya kemampuan regenerasi sel-sel tubuh si penderita diabetes melitus, misalnya kerusakan yang dikarenakan karena  pola makan yang salah, faktor usia lanjut atau kecelakaan.

Komplikasi yang paling sering terjadi yang menyertai penderita diabetes melitus diantaranya adalah penyakit jantung, stroke, kerusakan sel saraf pada tubuh, kerusakan pada retina mata, penyakit ginjal (gagal ginjal), luka pada kaki, masalah pada laki-laki yang berhubungan dengan nafkah batin, dan lain-lain. Berikut ini penjelasan yang lebih detil tentang komplikasi yang disebabkan diabetes melitus.

Komplikasi diabetes melitus #1 : Penyakit jantung dan stroke

Jika Anda menderita diabetes melitus, Anda hingga lima kali lebih mungkin untuk menderita penyakit jantung atau stroke. Kadar gula darah dikontrol yang berkepanjangan, kurang meningkatkan kemungkinan mengembangkan aterosklerosis (furring dan penyempitan pembuluh darah). Ini dapat mengakibatkan pasokan darah ke jantung berkurang, menyebabkan angina (berat atau nyeri di dada). Ini juga meningkatkan kemungkinan bahwa pembuluh darah di jantung Anda atau otak akan menjadi benar-benar tersumbat, mengarah ke serangan jantung atau stroke.

Komplikasi diabetes melitus #2 Kerusakan saraf

Kadar gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah saraf. Ini dapat menyebabkan kesemutan atau menyebabkan nyeri yang menjalar di jari tangan dan kaki. Jika saraf pada sistem pencernaan Anda terpengaruh, Anda mungkin mengalami mual, muntah, diare atau sembelit.

Komplikasi diabetes melitus #3 : Retinopati

Retinopati adalah kondisi di mana retina (lapisan jaringan peka cahaya pada mata) bagian belakang rusak. Pembuluh darah pada retina dapat menjadi rusak atau bocor, atau dapat tumbuh tidak normal. Retinopati mencegah cahaya melewati retina Anda. Jika tidak diobati, dapat merusak mata dan menggangu pandangan Anda.

Semakin baik Anda mengontrol kadar gula darah Anda, kemungkinan timbulnya masalah yang serius pada mata akan semakin rendah. Jika terdeteksi cukup dini, Retinopati diabetik dapat ditanggulangi dengan menggunakan pengobatan laser.

Komplikasi Diabetes Melitus pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 1 dan Tipe 2
Komplikasi Diabetes Melitus pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 1 dan Tipe 2

Komplikasi diabetes melitus #4 : Penyakit ginjal

Jika pembuluh darah pada ginjal Anda rusak atau bocor, ginjal akan bekerja kurang efisien. Dalam beberapa kasus, kerusakan ginjal yang disebabkan diabetes melitus dapat menyebabkan gagal ginjal dan harus menjalani pengobatan dialisis (metode untuk menyaring limbah dari darah yang menggantikan fungsi ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya). Dalam beberapa kasus, transplantasi ginjal bekerja baik untuk mengatasi kerusakan ginjal, walaupun akan  memerlukan biaya yang sangat tinggi.

Komplikasi diabetes melitus #5 : Luka pada kaki

Kerusakan pada saraf kaki, bahkan luka kecil atau luka yang tidak terlihat dapat mengakibatkan pembentukan ulkus kaki yang dapat menyebabkan infeksi serius. Jika Anda menderita luka kecil yang susah sembuh, terasa panas atau bahkan bengkak dalam jangka waktu yang agak lama, maka Anda harus memeriksa kaki secara rutin setiap hari dan berkonsultasi dengan dokter.

Komplikasi diabetes melitus #6 : Masalah pada pria dalam hal memberikan nafkah batin pada istrinya

Laki-laki yang menderita diabetes melitus, saraf dan pembuluh darahnya  akan mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan masalah pada organ vitalnya, misalnya kesulitan untuk berdiri. Namun masalah organ vital pada laki-laki yang menderita diabetes melitus biasanya dapat atasi dengan obat.

Wanita yang menderita diabetes melitus mungkin juga akan mengalami masalah dalam hal hubungan intim, misalnya:

  1. gairah berkurang.
  2. kekeringan pada Miss V
  3. kemampuan untuk mencapai puncaknya berkurang
  4. sakit selama berhubungan. Wanita yang mengalami kekurangan lubrikasi dan kelenturan pada Miss V, dia akan merasakan hubungan intim yang menyakitkan. Pada kasus ini, dapat digunakan pelumas atau gel berbasis air.
  5. Keguguran dan kelahiran mati

Jika tingkat gula darah tidak terkontrol dengan baik selama masa kehamilan dini pada wanita hamil yang menderita diabetes melitus, tingkat resiko keguguran dan kelahiran mati akan meningkat. Dalam beberapa kasus, kemungkinan akan terjadi  resiko bayi lahir cacat. Wanita hamil yang menderita diabetes melitus harus melakukan check-up kehamilan rutin di rumah sakit atau dokter spesialis diabetes melitus. Hal ini memungkinkan dokter untuk tetap mengendalikan tingkat gula darah dan mengontrol dosis insulin yang tepat untuk ibu hamil.

Demikianlah artikel Komplikasi Diabetes Melitus pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 1 dan Tipe 2, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- komplikasi DM tipe 2, - komplikasi diabetes melitus tipe 2, - komplikasi DM tipe 1, - komplikasi dm, - komplikasi atau cacat dri penyakit diabetes militus, - diabetes melitus tipe 2 dan komplikasinya, - Komplikasi pada diabetes tipe 2, - komplikasi diabetes melitus tipe 1, - komplikasi dan cacat dm, - komplikasi dm tipe 1 dan 2

data-ad-format="link">
Komplikasi Diabetes Melitus pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 1 dan Tipe 2 Post in | Last updated: June 1st, 2016 | 361 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *