Makanan Untuk Meredakan Kram Perut Dalam Sekejap
Makanan Untuk Meredakan Kram Perut Dalam Sekejap (Ilustrasi/pixabay)

Kram Perut dan 7 Makanan Untuk Meredakannya Dalam Sekejap

Kram Perut dan 7 Makanan Untuk Meredakannya Dalam Sekejap – Apakah Anda pernah merasakan sakit perut seperti terlilit, diremas-remas, sebentar reda, sebentar kambuh lagi? Mungkin saja Anda terkena kram perut.

Dalam dunia medis, kram perut sering disebut dengan colic abdomen. Colic abdomen merupakan istilah untuk menyebutkan atau menggambarkan kondisi dimana seseorang terkena penyakit perut yang melilit yang disebabkan oleh kontraksi dari otot polos. Otot polos tersebut ada di dalam rongga perut yang meliputi banyak organ.

Penyebab kram perut

Kram perut bisa disebabkan oleh banyak hal, berhubung di dalam perut ada banyak organ di dalamnya, organ-organ tersebut antara lain:

  • Usus, yang terdiri dari usus halus, usus besar, usus appendix (usus buntu) dan juga usus dua belas jari.
  • Lambung
  • Pankreas
  • Kantung kemih. (Baca juga:¬†Infeksi Saluran Kemih: Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya)
  • Rahim
  • Kantung empedu
  • Esofagus
  • Ginjal
  • Organ reproduksi wanita misalnya ovarium
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan banyaknya organ yang ada di dalam perut, maka kita tidak bisa mendiagnosa dengan cepat penyebab dari kram perut ini, karena mungkin saja itu merupakan gejala dari masalah pencernaan atau menstruasi pada wanita, tapi bisa juga disebabkan oleh adanya kanker, peradangan organ dalam, atau gangguan yang berhubungan dengan kehamilan.

Kram Perut dan 7 Makanan Untuk Meredakannya Dalam Sekejap

Untuk mengobati kram perut tanpa diagnosa yang tepat tentu akan tidak efektif, dan mungkin saja justru berdampak pada kesehatan kita sendiri. Untuk itu, perlu dilakukan diagnosa dan pemeriksaan yang tepat. Namun, Anda jangan khawatir, karean ada 7 makanan yang dapat meredakan kram perut dalam sekejap. Makanan apa sajakah itu?

Berikut ini, ada beberapa makanan yang mungkin bisa membantu Anda ketika perut sedang sakit, seperti dikutip Shape, Jumat (1/8/2015):

  1. Pisang
Makanan Untuk Meredakan Kram Perut Dalam Sekejap
Makanan Untuk Meredakan Kram Perut Dalam Sekejap (Ilustrasi/pixabay)

Tahukah Anda bahwa pisang direkomendasikan kepada pelari maraton karena buah ini mudah dicerna dan biasanya tidak mengganggu perut. Kandungan peptin yang terdapat pada pisang bermanfaat untuk membantu melancarkan buang air besar secara alami.

  1. Pepaya

Buah pepaya, selain mudah didapatkan, juga bermanfaat untuk membantu masalah pencernaan dan sembelit. Enzim papain dan chymopapain yang terdapat di dalam buah pepaya dapat membantu memecah protein dan menenangkan perut.

  1. Nasi

Siapa kira nasi yang kita makan sehari-hari ternyata bisa juga meredakan kram perut, selain nasi, bisa juga dengan roti, atau kentang rebus. Makanan ini dipercaya dapat meredakan stres dan membantu sistem pencernaan yang sudah sensitif. Sumber karbohidrat yang terkandung dalam makanan tersebut juga dapat membantu meringankan diare.

  1. Jahe

Sejumlah penelitian menemukan bahwa jahe bermanfaat sebagai anti-mual dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Namun jika Anda hendak mengonsumsi jahe, maka batas yang direkomendasikan adalah 4 gram setiap hari.

  1. Apel

Apel juga mengandung peptin yang dapat membantu mengurangi gejala diare, dan sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

  1. Teh hangat

Teh hangat yang biasa menemani Anda di waktu senggang, selain bersifat menenangkan, peppermint dan chamomile yang terkandung dalam teh hangat telah diteliti dapat meredakan nyeri perut.

Sebuah studi terbaru menunjukkan, peppermint dapat mengaktifkan saluran antipain di usus besar. Selain mengurangi gejala yang berhubungan dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau gangguan usus, peppermint juga dapat meredakan mual. Penelitian kecil juga menunjukkan chamomile dapat meredakan sakit perut.

  1. Yoghurt

Jika Anda terkena kram perut, jangan sekali-kali mengonsumsi susu, karena hal tersebut bisa justru memperparah sakit perut Anda, tapi konsumsilah yoghurt plain, dengan kandungan active cultures yang meningkatkan bakteri baik dalam usus dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, dan perut kembung. Kuncinya adalah pastikan label active cultures ada pada kemasan.

Demikianlah Kram Perut dan 7 Makanan Untuk Meredakannya Dalam Sekejap, semoga dapat menjadi pertolongan pertama bagi penderita kram perut. Dan jika Anda sudah mengonsumsi makanan di atas namun kram perut tak kunjung reda, maka sebaiknya Anda menghubungi dokter Anda. Pelajari Sakit perut kapan harus ke dokter?.

Sumber: Wikihow, liputan6, dan berbagai sumber.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- kolik abdomen, - contoh kram lambung, - colic abdomen, - penyakit kolik, - kolik usus, - kram usus pada orang dewasa, - kolik pada orang dewasa, - Makanan untuk kram usus, - makanan untuk yang keram usus, - kram usus 12 jari

data-ad-format="link">
Kram Perut dan 7 Makanan Untuk Meredakannya Dalam Sekejap Post in | Last updated: May 14th, 2018 | 15,336 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *