Langkah-Langkah Menghindari Stres

Infosehatkeluarga.com – Stress adalah sebuah gejala gangguan psikologis akibat dari banyaknya persoalan dan masalah yang menumpuk hingga akhirnya pikiran dan otak tidak lagi mampu untuk menampung dan memanage masalah dengan baik dan berakibat pada tertekannya psikologis dan pikiran.

Pak Mujidin, 60 tahun adalah seorang pengusaha sukses. Sepintas, kehidupannya terlihat sempurna dan sering kali membuat tetangganya terkagum. Rumah mewah dan kendaraan mewah menjadi bagian hidupnya yang tidak terpisahkan. Tak pelak lagi, semua orang yang melihat akan menilai bahwa pak Mujidin adalah orang yang sukses. Namun, pak Mujidin memendam perasaan stres akibat tekanan tinggi pada pekerjaannya. Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, beban pekerjaannya menyebabkan pak Mujidin lelah secara fisik dan mental.

Suatu pagi, ketika sedang bersiap untuk kerja, pak Mujidin merasakan nyeri dada yang tidak tertahankan bagai tertimpa benda berat. Hal ini mmbuatnya pingsan dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Dokter jantung mengatakan bahwa pak Mujidin menderita penyakit jantung koroner, sebuah penyakit yang menyerang pembuluh darah jantung. Dua buah pembuluh darah jantung pak Mujidin sudah tertutup hampir 60%. Hal inilah yang menyebabkan nyeri dada yang dialami pak Mujidin.

Ilustrasi kasus diatas merupakan kisah yang menggambaran kehidupan urban yang sering dialami oleh masyarakat. Stres, yang diakibatkan oleh tekanan pekerjaan atau masalah keluarga kerap kali membuat seorang jatuh ke dalam kondisi stres. Penelitian kedokteran telah membuktikan adanya hubungan antara stres dengan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

menghindari stres

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga keadaan mental kita tetap sehat dan terhindar dari keadaan stres. Mungkin anda tidak menyangka bahwa berbagai kegiatan dasar ini dapat menghindarkan anda dari bahaya stres. Beberapa hal tersebut meliputi:

  1. Ciptakanlah hubungan yang baik
    Berbagai bukti menunjukkan bahwa hubungan yang baik dengan keluarga, teman atau komunitas dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang. Luangkanlah waktu untuk menghabiskan waktu bersama orang yang anda sayangi. Sekedar nonton televisi atau makan bersama merupakan langkah awal yang baik dalam menciptakan hubungan yang baik.
  2. Berolahraga
    Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan seseorang baik secara mental dan fisik. Berolahraga dapat membantu penderita depresi ringan. Selain itu, olahraga menyebabkan perubahan kimiawi pada otak yang dapat meningkatkan mood anda. Jadi mulailah berolahraga!
  3. Teruslah belajar
    Kebanyakan dari orang dewasa menghubungkan belajar dengan sekolah masa kanak-kanak. Namun ternyata ketika anda terus belajar, anda akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dan meningkatkan kemampuan dalam menghadapi stres.
  4. Berbagai dengan sesama
    Anda mungkin tidak menyadari bahwa berbagi dalam kegiatan sosial memiliki manfaat, bukan hanya bagi sesama yang membutuhkan namun bagi anda yang melakukannya! Membantu orang lain dapat menstimulasi bagian otak yang bertanggung jawab dalam memberikan perasaan positif.
  5. Luangkan waktu untuk diri anda sendiri
    Dengan berbagai kesibukan pekerjaan, kadang sangat sulit untuk berhenti sejenak. Namun anda membutuhkan waktu untuk beristirahat dan melakukan introspeksi diri. Anda membutuhkan waktu untuk berlibur dan menikmati saat sekarang tanpa memikirkan beban hari esok. Anda perlu bertanya kepada diri anda,  apakah anda sudah merasa puas dengan keadaan anda sekarang?

Demikianlah artikel mengenai Langkah-Langkah Menghindari Stres, semoga bermanfaat.

Sumber materi: dr. Alvin Nursalim (Klikdokter.com)

data-ad-format="link">
Langkah-Langkah Menghindari Stres Post in | Last updated: October 10th, 2013 | 13 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *