Cara mengatasi luka memar
Cara mengatasi luka memar (Ilustrasi/pixabay)

Luka memar ? Kompres hangat atau dingin ?

Luka memar atau dalam bahasa medis disebut hematom seringkali terjadi akibat benturan keras atau terjatuh. Bahkan pada sebagian orang, luka memar dapat terjadi tanpa sebab yang jelas. Ada beberapa kemungkinan mengapa hal ini dapat terjadi. Salah satunya karena kondisi seseorang tersebut dalam keadaan yang tidak fit dan umumnya ditemukan di tungkai kaki atau lengan yang tidak tersebar di area tubuh lain. Atau bahkan hal ini dapat diakibatkan karena orang tersebut mempunyai kelainan penyakit yang disebut hemofilia dimana darah sukar membeku.

Cara mengatasi luka memar
Cara mengatasi luka memar (Ilustrasi/pixabay)

Luka memar pada umumnya tidak berbahaya, terkadang hal ini dapat hilang sendiri tanpa harus diobati. Luka memar yang terjadi pada umumnya diakibatkan oleh keadaan pembuluh darah, jumlah dan keadaan sel trombosit yang terganggu. Sehingga dapat terjadi penggumpalan darah yang menyebabkan warna bercak biru pada tubuh.

Namun demikian luka memar yang terjadi akibat benturan benda keras ataupun terjatuh seringkali dapat menganggu aktivitas karena selain menimbulkan rasa yang sedikit nyeri. Selain itu, luka memar juga dapat menganggu penampilan kita. Berikut saya ingin berbagi tips bagaimana cara menghilangkan luka memar pada kulit akibat benturan keras atau terjatuh.

Kompres dingin

Kompres dingin atau kompres yang menggunakan es batu sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada luka memar. Terutama jika anda baru saja mengalami jatuh atau benturan keras, kompres mengunakan es batu sangat disarankan. Mengapa ? suhu dingin dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami vasokontriksi dimana keadaan pembuluh darah menyempit. Dalam keadaan ini aliran darah pada daerah yang bengkak dapat berkurang sehingga pendarahan yang dapat menyebabkan memarpun akan berkurang. Kompreslah selama 10-20 menit untuk memberikan relaksasi pada bagian tubuh yang mengalami cedera.

Kompres hangat

Nah setelah luka memar yang terjadi akibat benturan sudah terjadi dalam waktu kurang lebih 48 jam biasanya luka memar akan berubah warna menjadi warna ungu, jika hal ini sudah terjadi janganlah menggunakan kompres dingin lagi untuk mengompres luka tersebut. Gunakanlah kompres hangat untuk mengompres luka memar. Mengapa ? Di atas sudah saya jelaskan fungsi kompres dingin ialah hanya untuk meredakan peradangan atau bengkak. Ketika peradangan sudah mereda selama kurun waktu 48 jam gunakanlah kompres hangat untuk meredakan nyeri pada luka memar,

Menggunakan obat oles Trombopop

Mungkin anda pernah mendengar obat oles trombopop untuk meredakan memar. Mengoleskan trombopop memang dapat mengatasi bengkak dan memar, namun tidak untuk luka yang bersifat terbuka. Hal ini dikarenakan trombopop sendiri mengandung heparin natrium yang berfungsi sebagai anti koagulan yang dapat mencegah gumpalan dalam darah yang telah terbentuk. Adapun cara mengaplikasikan trombopop ialah oleskan salep setelah luka dikompres menggunakan air dingin.

Konsumsi makan yang banyak mengandung vitamin K.

Selain pengobatan dari luar seperti penggunaan kompres dan obat oles, pengobatan dari dalam seperti mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K sangat dianjurkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Fungsi vitamin K untuk tubuh antara lain untuk membantu proses pembekuan darah saat tubuh mengalami luka. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka memar. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin K. Adapun Makanan yang banyak mengandung vitamin K seperti bayam, brokoli, kubis mini, asparagus, blue berry, anggur dan bayam.

Demikianlah cara meredakan nyeri serta pembengkakan pada luka memar akibat benturan keras ataupun terjatuh. Semoga dapat bermanfaat

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- trombopop, - obat memar trombopop, - cara mengobati memar, - luka memar, - cara mengobati luka memar, - cara menghilangkan memar, - cara menghilangkan memar biru, - thrombopop, - obat trombopop, - salep bengkak trombopop

data-ad-format="link">
Luka memar ? Kompres hangat atau dingin ? Post in | Last updated: May 21st, 2016 | 45,659 views
Kontributor Infosehatkeluarga.com - Perawat di Jogja internatinal hospital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *