Makanan untuk flu perut
Makanan untuk flu perut

Makanan untuk flu perut

Saat kita merasa sakit, hal terakhir yang ingin kita lakukan ialah makan. Makan penting untuk mempertahankan kekuatan dan agar cepat sembuh dari sakit, begitu juga yang perlu kita perhatikan supaya tetap terhidrasi. Lalu makanan apa sebaiknya dikonsumsi jika flu perut? Inilah Makanan untuk flu perut.

Makanan untuk flu perut

Merupakan ide yang bagus untuk mengurangi makan makanan padat dan tidak memaksakan diri untuk makan jika merasa mual. “Diet BRAT (Banana = pisang, Rice= nasi, Applesauce = saus apel, Toast = Roti) biasanya direkomendasikan untuk orang yang baru sembuh dari flu perut. Keempat makanan ini biasanya mudah dicerna di lambung dan juga bisa membantu mengikat tinja, yang sangat membantu bila Anda sedang mengalami diare. Makanan sederhana ini bisa menjadi awal yang baik untuk makan siang atau jam pertama saat makan makanan padat ketika baru sembuh dari flu perut. Namun jangan mengandalkan diet BRAT dalam jangka panjang, karena penelitian telah menunjukkan bahwa diet ini terlalu rendah nutrisi penting, terutama untuk anak-anak.

  • Sup mie ayam

Sup ayam bisa menjadi pilihan terbaik untuk makanan yang mudah dicerna dan bergizi saat flu perut. Kandungan air dari kaldu, protein dari ayam, karbohidrat dari pasta, dan vitamin pada sayuran akan membantu menyediakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga energi dan membangun sistem kekebalan tubuh.

  • Probiotik
Makanan untuk flu perut
Makanan untuk flu perut

Virus atau bakteri jahat dapat menyebabkan flu perut. Untuk menyingkirkan flu perut, sebaiknya meningkatkan asupan makanan kaya probiotik atau suplemen probiotik. Makanan kaya probiotik yang juga dapat membantu hidrasi ialah kefir kelapa, yang menawarkan elektrolit baik untuk hidrasi dan bakteri baik untuk mengisi usus. Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu menghentikan diare sekitar satu hari lebih cepat.

  • Jahe

Khasiat jahe telah banyak diteliti terutama dalam mengobati mual. Jahe dalam pengobatan Cina merupakan salah satu cairan pencernaan yang terbaik, jadi tidak hanya bekerja untuk mual, tapi juga masalah pencernaan dan gas lainnya. Jahe merupakan salah satu obat Cina tertua untuk masalah pencernaan dan merupakan bahan utama untuk formula herbal pencernaan.

  • Peppermint

Peppermint bagus untuk pencernaan. Peppermint juga bisa meringankan masalah pencernaan dengan flu perut.

  • Magnesium

Magnesium meningkatkan aktivitas bagian sistem kekebalan tubuh yang terlibat dalam pembentukan antibodi (respon kekebalan) dan bekerja pada sel, membuatnya lebih aktif dalam melindungi diri dari serangan mikroba, bakteri, dan virus. Makanan tinggi magnesium termasuk sayuran berdaun hijau organik seperti kangkung, dan bayam. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang pecan dan biji labu juga tinggi magnesium.

  • Elderberry

Influenza, yang lebih dikenal sebagai flu, merupakan infeksi virus (bukan bakteri), jadi antibiotik tidak ada gunanya.

  • Hidrasi.

Bila Anda menderita flu perut, kemungkinan besar Anda menghadapi diare dan atau muntah. Kedua gejala ini menyebabkan banyak kehilangan air bagi tubuh dan kemungkinan dehidrasi yang hanya membuat Anda merasa jauh lebih buruk. Untuk menghindari dehidrasi akibat flu perut, sangat penting untuk mengonsumsi banyak cairan bening seperti air, air kelapa, dan teh herbal.

Mulailah dengan mengonsumsi sup yang berbasis kaldu. Kemudian Anda bisa mencoba makanan hambar ringan seperti nasi putih, biskuit, dan roti panggang. Banyak orang mungkin tidak tahu bahwa makanan menyumbang sekitar 20 persen dari asupan air, sehingga Anda akan berisiko mengalami dehidrasi jika tidak minum atau makan. Cobalah untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung air. seperti buah-buahan, sayuran, oatmeal, sup, dan yogurt.

Hidrasi bukan hanya mengenai apa yang Anda makan saat Anda sakit. Bila Anda kehilangan cairan, Anda juga akan kehilangan elektrolit, seperti sodium, potassium, dan chloride – yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dan menjaga sistem saraf dan otot berfungsi dengan baik. Sementara jus, soda, dan minuman olahraga (minuman yang sering mengandung gula tinggi dan sodium rendah) dapat membuat diare menjadi lebih buruk.

Demikianlah Makanan untuk flu perut, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- minuman herbal untuk keram perut

data-ad-format="link">
Makanan untuk flu perut Post in | Last updated: February 20th, 2018 | 56 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *