Manfaat cabai merah untuk penyembuhan penyakit
Manfaat cabai merah untuk penyembuhan penyakit

Manfaat 6 Rempah-rempah Untuk Penyembuhan Penyakit

5/5 (1)

Manfaat 6 Rempah rempah Untuk Penyembuhan Penyakit – Kadang kita tidak menyadari beberapa jenis bumbu yang anda gunakan sehari-hari untuk memasak ternyata memiliki manfaat bagi penyembuhan penyakit. Kini memanfaatan lebih jauh rempah-rempah sebagai obat menjadi alternatif pilihan banyak orang.

Selain dengan alasan hemat biaya, mengonsumsinya pun dijamin tidak memberikan reaksi yang membahayakan tubuh. Berbeda apabila anda mengonsumsi obat dengan kandungan zat kimia yang mungkin dapat memberi reaksi berbeda pada tiap orang.

Beberapa jenis rempah dan bumbu-bumbuan berikut ini memiliki manfaat alami untuk pengobatan beragam penyakit baik ringan maupun berat. Informasi berikut bisa menjadi catatan khusus bagi anda. Di samping itu anda pun bisa segera mencoba mengaplikasikannya apabila mengalami keluhan yang sama.

Manfaat 6 Rempah rempah Untuk Penyembuhan Penyakit

Manfaat kapulaga Untuk Penyembuhan Penyakit

Manfaat kapulaga untuk penyembuhan penyakit - Rempah rempah untuk penyembuhan penyakit
Manfaat kapulaga untuk penyembuhan penyakit 

Kapulaga dikenal sebagai alternatif pengobatan yang ampuh dalam mengatasi gangguan pencernaan dan juga perut kembung. Sejak dahulu kapulaga sering digunakan untuk mengobati infeksi pada gigi dan gusi serta mengatasi masalah sakit tenggorokan. Kandungan anti inflamasi pada kapulaga mampu mengatasi gangguan infeksi saluran kemih. Selain itu juga berguna mengatasi peradangan kulit dan rasa mulas.

Anda dapat menggunakan kapulaga dengan cara mendidihkannya kemudian didinginkan dan dapat disajikan dengan menambahkan gula pasir sesuai selera. Ramuan ini ampuh untuk meningkatkan nafsu makan dan mengatasi permasalahan pencernaan.

Mencampur setengah gram garam dengan bubuk kapulaga, jahe kering, dan madu ampuh sebagai obat batuk. Selain itu juga dapat bermanfaat mengatasi gangguan saluran pernafasan khususnya pada area bronkus dan trakea.

Untuk mengatasi kelelahan dan stres dapat mencoba ramuan teh hitam dengan campuran kapulaga yang memberikan efek menyegarkan. Atau dengan mengunyah kapulaga akan menyegarkan pernafasan.

Manfaat kayu manis untuk penyembuhan penyakit

Manfaat kayu manis untuk penyembuhan penyakit
Manfaat kayu manis untuk penyembuhan penyakit

Kayu manis berasal dari pohon kayu manis yang memiliki wangi yang khas. Memiliki tampilan berwarna coklat dan biasanya bisa ditemukan dalam bentuk bubuk atau batangan kering.

Minyak esensial kayu manis bisa menjadi antioksidan, antikoagulasi, dan anti mikroba. Selain itu kayu manis juga ampuh menolak serangga. Bahkan kayu manis dikenal sejak lama sebagai obat demam, batuk dan flu.

Bagi penderita diabetes dengan mengonsumsi kayu manis dapat meningkatkan respon terhadap insulin dan dapat menormalkan kondisi gula darah. Menghirup aroma hangat dan manis dari tanaman bumbu ini ternyata juga dapat meningkatkan aktivitas otak.

Cara penggunaan kayu manis dapat dilakukan dengan mendidihkan batang kayu manis bersama susu kedelai dan madu. Resep ini bisa menjadi sajian yang sangat nikmat, apalagi diminum saat masih hangat atau pun panas.

Pengobatan penyakit diare bisa mengonsumsi kayu manis dengan mencampurkan 1 sampai dengan 3 sendok teh kayu manis bubuk ke dalam segelas air panas. Rendam kayu manis selama kurang lebih 15 menit dan minum segera obat tersebut. Penyembuhan luka kecil seperti luka iris juga dapat dilakukan dengan memberi sejumput bubuk kayu manis langsung ke bagian luka.

Manfaat cengkeh untuk penyembuhan penyakit

Cengkeh merupakan tunas bunga yang beraroma khas, berwarna coklat dan biasa tersedia dalam bentuk kering.

Minyak esensial cengkeh berguna sebagai antiseptik dan pembasmi kuman yang ampuh mengatasi kerusakan gigi serta permasalahan bau mulut. Manfaat lainnya juga dapat digunakan sebagai obat asma dan permasalahan pencernaan.

Kayu manis memiliki kandungan Eugenol yang memiliki khasiat sebagai anti peradangan. Manfaat ini dapat berguna dalam penyembuhan penyakit arthritis dan rematik. Permasalahan kulit seperti luka, jerawat dan bisul juga dapat disembuhkan dengan cengkeh.

Meminum ramuan bubuk cengkeh yang dicampur dengan madu dapat membantu mengatasi keluhan mual, muntah, perut kembung dan masuk angin. Mengunyah atau mengaplikasikan langsung minyak cengkeh pada gigi yang rusak dapat meringankan keluhan sakit gigi. Menggoreng cengkeh dengan sedikit minyak dan meneteskan minyak tersebut selagi hangat ke telinga mampu meringankan permasalahan pada telinga.

Manfaat bawang putih untuk penyembuhan penyakit

Bawang putih memiliki warna putih dan aroma yang sangat tajam. Minyak esensial bawang putih diketahui berguna sebagai antibiotik dan antivirus, yang ampuh mengatasi demam serta infeksi saluran nafas. Selain itu juga berguna untuk pengobatan kanker, serta penyakit lain seperti meningitis tulang belakang dan polio.

Bawang putih mampu mengontrol kolesterol dalam darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu mengonsumsi bawang putih juga dapat membersihkan darah, melancarkan sirkulasi darah dan mencegah serangan jantung. Bahkan permasalahan perut kembung dan gangguan pencernaan juga dapat diatasi dengan bawang putih.

Penggunaan bawang putih dapat dikunyah langsung atau dijadikan jus dalam kondisi mentah sebagai obat penyembuh demam, batuk, flu, sinus serta infeksi saluran pernafasan. Meminum teh dengan campuran bawang putih juga mampu mengobati sakit tenggorokan.

Bagi anda yang sering masuk angin dapat menyajikan bawang putih dalam bentuk jus untuk mengurangi keluhan yang timbul. Atau bisa juga digunakan sebagai obat jerawat yang dapat digosok secara lembut langsung ke bagian kulit yang berjerawat.

Manfaat jahe untuk penyembuhan penyakit

Jahe telah diketahui efektif menyembuhkan gangguan sistem pencernaan. Jahe mengandung antioksidan dan sebagai anti peradangan. Mengonsumsi Jahe mengatasi rasa mual, muntah, morning sickness, dan sakit perut. Selain itu gejala demam, batuk, permasalahan pernafasan serta arthritis juga dapat disembuhkan dengan jahe.

Efek hangat yang dirasakan setelah mengonsumsi jahe mampu melancarkan peredaran darah. Lebih jauh lagi, penggunaan jahe juga dapat mengobati penyakit jantung.

Sajikan jahe dengan merebusnya selama 10 menit kemudian campurkan bersama sesendok teh madu. Meminum ramuan ini ampuh mengatasi sakit tenggorokan, demam, flu, dan batuk berdahak. Disamping itu juga, meminum teh jahe sehabis makan berkhasiat melancarkan pencernaan. Selain itu jika anda sering mengalami nyeri sendi dengan mengompres langsung bagian tubuh yang bermasalah menggunakan jahe dapat meringankan rasa nyeri.

Manfaat cabai merah untuk penyembuhan penyakit

Manfaat cabai merah untuk penyembuhan penyakit
Manfaat cabai merah untuk penyembuhan penyakit

Cabai merah kering memiliki manfaat dalam menstimulasi peredaran darah menjadi lancar. Sehingga dengan mengonsumsi cabe merah berkhasiat mengontrol kadar kolesterol dalam darah serta tekanan darah. Gangguan pada organ pencernaan yang berdampak pada permasalahan pencernaan dapat diobati dengan cabai merah.

Kandungan senyawa capsaicin pada cabe merah ternyata juga berkhasiat mengobati rematik arthritis, migrain dan iritasi kulit melalui pemakaian luar berupa obat oles dengan kandungan bahan tersebut. Bubuk cabai juga ampuh mengatasi demam dengan mendorong pengeluaran keringat dan juga mendorong pengeluaran lendir pada permasalahan sinus.

Ekstrak cabai merah juga dapat dimanfaat sebagai penanganan pertolongan pertama pada serangan jantung dan pendarahan. Cara penggunaannya, anda bisa mencampurkan ekstrak cabai dengan segelas air hangat dan berikan pada penderita tiap 15 menit sampai keluhan berkurang.

Penggunaan cabai merah juga dapat mengurangi nyeri punggung. Selain itu dengan pemakaian topikal dari obat yang mengandung capsaicin juga dapat mengatasi gangguan gatal-gatal dan psoriasis.

Demikian informasi tentang manfaat rempah rempah untuk penyembuhan penyakit. Alternatif pengobatan ini sangat mudah diterapkan dikarenakan bahan yang mudah dicari dan tanpa menimbulkan efek yang berbahaya. Selamat mencoba!.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- rempah2, - rempah-rempah untuk menghilang penyakit, - rempah rempah untuk pernafasan, - rempah2 sakit perut, - rempah untuk pernafasan, - rempah rempah baut penyakit dalem, - rempah rempah untuk masuk angin, - ramuan apa yg dpt menyembuhkan pd gangguan pernapasan hususnya bagian tulang belakang, - obat untuk menyembuhkan luka dengan rempah-rempah, - rempah rempah brguna untuk mengobati

data-ad-format="link">
Manfaat 6 Rempah-rempah Untuk Penyembuhan Penyakit Post in | Last updated: October 1st, 2018 | 2,635 views
Kontributor InfoSehatKeluarga.com