Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kanker
Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kanker

Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kanker dan Cara Mengolahnya

Kita mungkin semua sudah tahu mengenai manfaat kesehatan dari brokoli. Sayuran yang penuh dengan nutrisi seperti serat, vitamin C dan A, kalsium dan folat. Ditambah lagi beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa makanan ini dapat mencegah kerusakan pembuluh darah pada penderita diabetes serta menurunkan kadar lemak yang ditemukan di dalam darah. Brokoli juga bermanfaat untuk mencegah radang sendi. Brokoli juga mengandung sulforaphane, senyawa yang terbukti dapat memberikan perlindungan terhadap kanker. Tapi perlu Anda ketahui bahwa Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kanker hanya bisa Anda dapatkan jika Anda mengolahnya dengan benar. (Baca juga: Pemicu Kanker beserta Pencegahannya Secara Alami)

Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kanker dan Cara Mengolahnya

Sebuah penelitian yang diterbitkan bulan lalu di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa brokoli yang digoreng telah mengurangi tingkat fotokimia yang berpotensi melawan kanker. Namun, peneliti di China menemukan bahwa memotong brokoli sebelum dimasak akan membantu mempertahankan kadar sulforaphane. Ahli neurologi Dr. Ayesha Sherzaia, co-director Program Pencegahan Alzheimer di Universitas Loma Linda, menjelaskan bahwa enzim yang dikenal sebagai myrosinase bersentuhan dengan komponen lain yang merupakan pendahulu sulforaphane, yang pada dasarnya melepaskan lebih banyak senyawa ini. Memasak brokoli dapat merusak enzim, dan membuat kandungan sulforaphanenya berkurang.

Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kanker
Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kanker

Salah satu cara mencegah kanker ialah dengan mengonsumsi makanan yang terbuat dari brokoli, yaitu dengan membuat sup brokoli. Anda juga dapat menambahkan brokoli mentah, biarkan selama 30 menit sebelum menambahkannya ke dasar sup.

Memotong brokoli dapat mengaktifkan enzim sulforaphanes. Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan untuk membiarkan brokoli yang sudah dipotong-potong selama 90 menit atau setidaknya 40 menit. Jika Anda memotong brokoli menjadi potongan kecil, enzim tersebut akan bersentuhan dengan myrosinase dan semakin kecil potongannya maka akan semakin baik.

Cara terbaik untuk mengonsumsi brokoli ialah dengan mengonsumsi secara mentah, tapi mengukus atau menggoreng kurang dari lima menit merupakan pilihan yang tepat. Jika Anda lebih menyukai metode lain, seperti memanggang, Anda bisa menambahkan biji sawi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambahkan ramuan pada brokoli yang dimasak dapat membantu meningkatkan senyawanya melawan kanker.
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa makanan cruciferous seperti brokoli dapat mengurangi peradangan dan mempunyai sifat antibakteri. (Disarikan dari Newsweek)

Demikianlah Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kanker dan Cara Mengolahnya, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Manfaat Brokoli untuk Mencegah Kanker dan Cara Mengolahnya Post in | Last updated: February 11th, 2018 | 193 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *