Manfaat makan pisang setiap hari
Manfaat makan pisang setiap hari (Ilustrasi/pixabay)

Makan 1 Buah Pisang Setiap Hari? 13 Manfaat Ini Akan Anda Dapati

5/5 (1)

Manfaat mengkonsumsi pisang setiap hari – Menjadi buah yang banyak ditemui di negeri ini, pisang tentunya punya banyak penggemar. Pisang sering kali menjadi buah yang ikut dihidangkan di berbagai acara perkumpulan. Selain dikenal sebagai buah diet karena sifatnya yang mengenyangkan tanpa menggemukkan, pisang juga kaya akan vitamin, serat, dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan tubuh.

Pisang merupakan versi alami dari pada gula atau permen, yang bisa dijadikan cemilan, dan biasa dijadikan sebagai makanan pencuci mulut. Dan tentu saja pisang lebih sehat dari pada permen.

Apakah pisang baik untuk Anda?

Pisang merupakan buah yang paling banyak ditemukan dan sangat dikenal di masyarakat. Namun, beberapa orang masih menghindari mengonsumsi pisang karena mengandung karbohidrat dan gula yang lebih tinggi daripada kebanyakan buah lainnya. Meskipun sebenarnya tubuh kita membutuhkan karbohidrat untuk mengisi bahan bakar tubuh, dan tidak seperti makanan olahan yang manis-manis, gula alami yang ada pisang pisang mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain itu, pisang juga kaya serat yang memperlambat pencernaan gula, selain itu dapat membantu membuat Anda merasa kenyang.

Jadi keseimpulannya, pisang itu baik dan sehat untuk Anda konsumsi.

Kandungan Nutrisi Pisang.

1 buah pisang sedang mengandung:

  • 105 kalori,
  • 1 g protein,
  • <1 g lemak,
  • 26 g karbohidrat
  • 3 g serat,
  • 14 g gula

Jika anda termasuk salah satu dari orang Indonesia yang suka makan pisang, simak baik-baik 5 manfaat yang akan anda dapat dengan mengonsumsi 1 buah pisang setiap harinya:

Manfaat mengkonsumsi pisang setiap hari.

Baik untuk usus.

Satu buah pisang sedang mengandung 3 gram serat (sekitar 10 persen dari kebutuhan harian kita). Pisang juga mengandung prebiotik atau probiotik, sejenis serat yang dapat difermentasi yang membantu bakteri baik dalam usus untuk berkembang. Bakteri baik ini dapat menyehatkan pencernaan, dan bahkan dapat membantu menurunkan berat badan.

Menahan nafsu makan.

Mengonsumsi pisang sebagai bagian dari diet yang seimbang dapat membantu mengekang nafsu makan. Menurut sebuah penelitian, pisang mengandung sejenis serat yang disebut pati resisten, yang dapat membantu orang untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori dan mengatur nafsu makannya. Meskipun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk menguatkan penelitian ini. Satu buah pisang berukuran sedang hanya mengandung sekitar 100 kalori dan sangat memuaskan karena kandungan seratnya.

Meredakan sembelit.

Jika anda memiliki masalah dengan pencernaan dan sulit untuk BAB secara teratur, mengonsumsi satu buah pisang setiap harinya selama satu bulan dapat menyelesaikan masalah anda. Pisang kaya akan serat yang berguna untuk membantu meningkatkan pergerakan makanan di dalam usus sehingga cepat dicerna.

Membantu tetap terhidrasi.

Kalium berperan dalam membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, terutama elektrolit yang hilang sehabis beraktifitas (seperti natrium, magnesium, kalsium, dan potasium). Aktivitas sedang hingga intens dapat menyebabkan perubahan kecil pada kalium, dan para atlet biasanya disarankan untuk makan makanan kaya kalium untuk memperbaiki ketidakseimbangan ini.

Mengandung potasium.

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 422 miligram potasium, atau sekitar 12 persen dari nilai harian mineral yang kita butuhkan menurut National Institutes of Health.

Tubuh kita membutuhkan banyak potasium untuk menjalankan fungsinya secara normal. Elektrolit ini membantu otot berkontraksi, memperbaiki fungsi syaraf, memindahkan nutrisi ke dalam sel (dan membuangnya), mengatur detak jantung, dan mengatur natrium dalam tubuh. Jadi ketika kita tidak mendapatkan cukup kalium atau potasium, maka tekanan darah dan risiko terkena batu ginjal dapat meningkat, tubuh mungkin merasa lemah dan lelah, atau bahkan mengalami kram otot.

Menjaga kesehatan ginjal.

Mengonsumsi satu buah pisang setiap hari dapat menjauhkan Anda dari dokter. Dalam sebuah penelitian terhadap 61.000 wanita Swedia, para peneliti menemukan bahwa orang yang makan banyak buah dan sayuran  lebih dari 75 porsi per bulan, atau sekitar 3 porsi total per hari, memiliki risiko terendah menderita karsinoma sel ginjal, jenis yang paling umum dari kanker ginjal.

Ketika peneliti meneliti buah-buahan secara khusus, pisang sepertinya memiliki efek yang paling menonjol karena konsentrasi fenolatnya yang tinggi, fenolat merupakan senyawa yang mempunyai efek antioksidan.

Penelitian besar lainnya terhadap lebih dari 90.000 wanita juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 4.099 miligram kalium setiap hari memiliki risiko batu ginjal sebesar 35 persen lebih rendah dibandingkan wanita yang mengonsumis kurang dari 2.407 mg. Itu karena potasium juga dapat membantu tubuh menyingkirkan kelebihan kalsium, sebuah material pembentuk batu ginjal yang paling umum.

Jaga energi supaya bersemangat setiap harinya

Manfaat mengkonsumsi pisang setiap hari
Manfaat mengkonsumsi pisang setiap hari

Kandungan dalam buah pisang yang kaya akan vitamin, serat, potasium, dan mineral akan membantu anda menjaga stamina tubuh dan tetap berenergi dalam menjalankan segala aktivitas. Mengonsumsi pisang juga akan membuat anda tidak mudah lapar dalam waktu yang lebih lama.

Baik dikonsumsi sebelum olahraga.

Pisang merupakan makanan terbaik dikonsumsi sebelum berolahraga, karena mengandung gula alami (karbohidrat) untuk energi, tetapi tidak terlalu keras buat perut. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pisang memiliki senyawa unik yang dapat meningkatkan kinerja atletik.

Membantu meningkatkan pemulihan setelah olahraga

Selain itu, pisang juga dapat bermanfaat setelah berolahraga. Satu studi pada tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa senyawa dan phytochemical tertentu dalam pisang dapat memainkan peran yang efektif dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh latihan yang memacu nyeri otot, latihan ketahanan (dalam hal ini, bersepeda yang intens) .

Cegah anemia.

Buah yang memiliki kandungan zat besi ini dapat diandalkan untuk mencegah tubuh mengalami anemia atau kekurangan darah. Cukup konsumsi satu buah pisang setiap harinya agar proses pembentukan sel darah merah berjalan dengan optimal.

Mata yang sehat

Memiliki kandungan vitamin A menjadikan buah ini sebagai pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Vitamin A sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata kita karena dapat melindungi kornea mata.

Baik untuk jantung.

Manfaat mengkonsumsi pisang setiap hari selajutnya ialah pisang baik untuk jantung. Kalium yang terkandung dalam pisang sangat penting untuk jantung. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak kalium dikaitkan dengan menurunnya tekanan darah secara signifikan lebih rendah dan menurunkan risiko stroke. Hal itu karena potasium membantu mengencerkan natrium yang menekan jantung melalui urin, sehingga mengurangi potensi kerusakan yang mungkin terjadi pada jantung.

Buah dengan warna kulitnya yang kuning ini mengandung zat kalium yang tinggi serta rendah sodium. Karena itulah pisang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan begitu penyakit lain seperti stroke juga dapat dicegah sejak dini.

Kaya akan vitamin B6

Meskipun vitamin B6 jarang dibahas, namun vitamin ini juga penting bagi tubuh. Pisang mengandung hampir sepertiga dari nilai harian vitamin B6 yang kita butuhkan yang berperan dalam perkembangan otak selama kehamilan dan reaksi enzim yang terlibat dalam metabolisme.

Nah, itulah 13 Manfaat mengkonsumsi pisang setiap hari. Bagaimana, sudahkah anda mengonsumsi pisang hari ini?

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- apa yang kita dapat dari 1 buah pisang

data-ad-format="link">
Makan 1 Buah Pisang Setiap Hari? 13 Manfaat Ini Akan Anda Dapati Post in | Last updated: November 4th, 2018 | 493 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.