Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Infosehatkeluarga.com – Biji bunga matahari, selain dikeringkan sebagai kwaci, juga bisa dibuat minyak lho. Minyak dari biji bunga matahari memiliki beragam khasiat. Jika anda masih asing tentang manfaat dari minyak biji bunga matahari, berikut ini akan kami ulas beragam manfaat minyak biji bunga matahari untuk kesehatan:

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan omega 3 dan  omega 6 yang baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat mengundang berbagai penyakit di tubuh, seperti: stroke, jantung, dan lain-lain. Karena itulah mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 sangat bermanfaat untuk kesehatan.

  1. Mencegah kanker

Tanda-tanda munculnya kanker memang sulit dideteksi sejak dini, sehingga pencegahan baiknya dilakukan sebelum terkena penyakit tersebut. Mengonsumsi vitamin E sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas diketahui bisa menurunkan risiko kanker. Vitamin E bisa dijumpai dalam minyak biji bunga matahari. Mengonsumsinya secara teratur dipercaya dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu, dalam minyak biji bunga matahari terdapat kandungan karotenoid yang berfungsi mencegah kanker kulit, kanker paru-paru dan kanker rahim.

manfaat minyak biji bunga matahari untuk kesehatan
manfaat minyak biji bunga matahari untuk kesehatan
  1. Menjaga kesehatan organ jantung

Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan lemak tak jenuh atau lemak sehat yang justru baik untuk tubuh. Selain itu, kadungan vitamin E nya yang tinggi juga dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, kandungan asam fenolik dan kolin pada minyak biji bunga matahari juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

  1. Menenangkan saraf tubuh


Minyak biji bunga matahari mampu merilekskan saraf dan otot tubuh. Ini karena kandungan magnesiumnya yang akan mengontrol kadar kalsium yang tepat untuk tubuh. Selain itu, zat triptofan yang ada dalam minyak biji bunga matahari diketahui dapat merilekskan otak, sehingga dapat membantu seseorang tertidur pulas.

  1. Menjaga kesehatan tulang
BACA JUGA  Khasiat Daun Sirsak Sebagai Obat Tradisional

Telah diketahui bahwa minyak biji bunga matahari memiliki kandungan magnesium yang bagus untuk tulang. Dengan magnesium yang cukup dalam tubuh, tulang pun akan lebih sehat dan kuat.

  1. Mencegah Asma

Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan zat anti inflamasi yang dapat menurunkan risiko serangan asma. Vitamin E dalam minyak biji bunga matahari dapat mengobati peradangan atau pun nyeri yang terjadi di saluran pernapasan.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan asam linoleat yang ada dalam minyak biji bunga matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit. Kandungan asam lemak esensial ini akan membangun sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang rusak sehingga kekebalan tubuh meningkat.

Demikian manfaat minyak biji bunga matahari untuk kesehatan. Tapi, meskipun dikategorikan sebagai minyak sehat tetap konsumsi sesuai takaran ya.



Gravatar Image

Ritsa Mahyasari - JV

Tim Blogger at Info Sehat Keluarga
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.
Gravatar Image

Latest posts by Ritsa Mahyasari - JV (see all)

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan Post in | Last updated: September 30th, 2017 | 57 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tes berhitung dulu *