Manfaat tanaman asparagus
Manfaat tanaman asparagus (Gambar: Wikipedia)

Manfaat Tanaman Asparagus

Manfaat Tanaman AsparagusAsparagus, dalam pengertian umum, adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Dengan adanya sifat diuretik tersebut, asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati, sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium. Tumbuhan ini juga merupakan sumber rutin, suatu senyawa yang dapat memperkuat dinding kapiler. (Wikipedia)

Asparagus telah dikenal sejak sekitar 2000 tahun yang lalu di daerah Mediterania timur, karena teksturnya yang unik serta manfaatnya dalam pengobatan. Meskipun terdapat lebih dari 300 varietas asparagus yang diketahui, namun hanya 20 varietas yang bisa dimakan. Asparagus merupakan tanaman tak berdaun dan dapat tumbuh hingga 25 cm dalam sehari. Asparagus yang biasa dikonsumsi sebenarnya adalah tunas yang tumbuh dari semacam umbi yang berada di bawah tanah.

Yang menarik, tumbuhan ini bisa hidup selama 25 tahun dan mudah ditanam di rumah.

Manfaat tanaman asparagus
Manfaat tanaman asparagus (Gambar: Wikipedia)

Untuk menanam asparagus di rumah, bisa dilakukan langkah-langkah berikut:

  • Tempatkan tanaman apragaus dalam 4 baris secara terpisah.
  • Tutupi sebagian dari tanah.
  • Setelah dua minggu, tambahkan lebih banyak tanah.
  • Tutup dengan banyak mulsa untuk mencegah gulma, dan siram air secara teratur (setidaknya sekali setiap tiga hari jika tidak hujan).

Kandungan Gizi Asparagus

Asparagus merupakan sumber gizi penting seperti vitamin, mineral dan protein. Asparagus kaya akan vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B-6, folat, C, E (alfa-tokoferol) dan K (phylloquinone). Mineral yang terkandung dalam asparagus termasuk zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, mangan, seng, selenium dan potasium. Asparagus sangat rendah kalori, non kolesterol dan juga rendah natrium. Sementara itu,  asparagus merupakan sumber sayuran yang kaya serat penting bagi tubuh.

Manfaat Tanaman Asparagus

Di antara sekian banyak manfaat asparagus, berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber:

  • Dapat menjadi penolong di saat mabuk. Penulis buku Backyard Pharmacy, Ellizabeth Millard mengatakan, peneliti Korea telah menemukan, ekstrak asparagus dapat meningkatkan kadar enzim yang dapat mengobati pusing karena mabuk.
  • Dapat menghilangkan racun seperti karsinogen dan radikal bebas di dalam tubuh, hal ini karena mengandung gluthatione, senyawa detoksifikasi yang tinggi.
  • Dapat mengatur kadar gula darah dan membantu penyembuhan penderita diabetes tipe 2, karena mengandung vitamin B6 yang dapat membantu menstabilkan gula darah di dalam tubuh. Selain itu sebagai anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi.
  • Dapat menurunkan risiko penyakit jantung, karena asparagus dapat menjaga aliran darah tetap normal dengan kandungan Vitamin K-nya. Selain itu kandungan vitamin B yang berfungsi untuk mengatur kadar asam amino homocysteine di dalam darah.
  • Dapat mencegah penyakit kanker, karena kandungan antioksidannya.
  • Dapat mencegah penuaan dini dan membantu menyehatkan kulit, karena kandungan asam folatnya yang berfungsi sebagai penghambat proses penuaan pada tubuh, dan antioksidan gluthatione dapat menghambat proses penuaan yang terjadi pada kulit seperti munculnya noda dan kerutan pada kulit
  • Dapat mencegah batu ginjal, hal ini karena asparagus mengandung unsur yang dapat berfungsi sebagai diuretik alami.
  • Dapat menjaga kesehatan dalam masa kehamilan dan mencegah bayi lahir cacat, hal ini karena kandungan asam folat dalam asparagus.
  • Dapat menjaga kesehatan pencernaan, dan mencegah risiko kanker usus, karena asparagus mengandung banyak inulin yang merupakan sejenis serat yang unik yang dapat melancarkan proses pencernaan. Inulin ini juga merupakan prebiotik yang dapat membunuh bakteri jahat di dalam usus, mengurangi alergi, membantu penyerapan nutrisi bagi tubuh dan juga mencegah terjadinya kanker pada usus. Inulin tidak akan rusak sebelum mencapai usus besar, sehingga asparagus sebagai sayuran efektif pencegah kanker.

Demikianlah Manfaat Tanaman Asparagus yang dapat dijadikan sebagai referensi. Untuk itu, tak ada salahnya menanam asparagus di pekarangan rumah Anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- asparagus bisa menghilanhkan pusimh?, - asparagus dijaadikan sebgai bahan penelitian, - gambar asparagus dan manfaatnya, - gambar tanaman sayuran asparagus beserta manfaat, - jenis racun untuk tanaman asparagus, - tumbuhan yang hidup 25 tahun

data-ad-format="link">
Manfaat Tanaman Asparagus Post in | Last updated: July 25th, 2016 | 156 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *