masalah katarak mata
masalah katarak mata (Ilustrasi/By Rakesh Ahuja, MD (Own work) [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html), CC-BY-SA-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/) or CC BY-SA 2.5-2.0-1.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.5-2.0-1.0)], via Wikimedia Commons)

Masalah Katarak dan Cara Penyembuhannya

Semakin bertambahnya usia, penurunan fungsi tubuh akan mulai dirasa. Mata juga termasuk organ yang akan menurun fungsinya. Katarak umumnya akan dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Lalu sebenarnya bagaimana sih masalah katarak pada lansia ini? Berikut ini akan kami paparkan penyebab, gejala, dan juga cara penyembuhannya.

Penyebab katarak

Umumnya katarak akan menimpa seseorang yang berusia di atas 60 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan pula dialami oleh seseorang di usia muda, dan bahkan dapat menimpa bayi. Beberapa penyebab yang dapat menjadi faktor terjadinya katarak, diantaranya: terus terpapar oleh sinar ultraviolet, menggunakan obat-obatan mengandung steroid dalam jangka lama, peradangan pada mata, atau pun penderita diabetes.

Gejala saat mengalami katarak

masalah katarak mata
masalah katarak mata (Ilustrasi/By Rakesh Ahuja, MD (Own work) [GFDL, CC-BY-SA-3.0 or CC BY-SA 2.5-2.0-1.0)], via Wikimedia Commons)
Seseorang yang menderita katarak akan mengalami hal-hal berikut ini pada matanya:

  1. Pupil atau bagian tengah mata akan tertutupi oleh warna abu-abu.
  2. Pandangan akan kabur dan silau apabila melihat di siang hari
  3. Semakin parah gejalanya akan semakin mengganggu

Operasi katarak

Mengatasi masalah katarak  mata ini dapat dilakukan melalui operasi. Biasanya tindakan operasi akan dilakukan apabila katarak sudah tebal. Apabila, maka harus menunggu. Berikut inilah tahapan yang perlu dilakukan pasien sebelum menjalankan operasi:

  1. Pasien perlu diperiksa terlebih dahulu kesehatannya melalui pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kondisi tubuhnya.
  2. Jika anda saat ini sedang rutin meminum obat-obatan, konsultasikan hal itu pada dokter, apakah aman untuk dikonsumsi sebab obat-obatan tertentu, seperti obat yang dapat mengencerkan darah tak boleh dikonsumsi selama satu minggu sebelum operasi.
  3.  Penderita diabetes atau pun penderita tekanan darah perlu menjaga gula darah dan tekanan darah dalam kondisi normal.
  4. Pasien perlu mengukur lensa IOL yang nantinya akan dipasang setelah operasi.

Operasi katarak memiliki beberapa cara, yakni:

  1. Menggunakan pisau bedah
  2. Menggunakan laser
  3. Dengan mesin phaco

Demikianlah masalah katarak mata dan cara penyembuhannya yang bisa anda lakukan. Setelah menjalani operasi katarak, pasien biasanya tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit. Penglihatan perlahan akan membaik setelah menjalankan operasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- katarak transfer factor

data-ad-format="link">
Masalah Katarak dan Cara Penyembuhannya Post in | Last updated: March 31st, 2017 | 139 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *