Mencegah Diabetes dengan Mengatur Pola Makan

Infosehatkeluarga.com – Mengatur pola makan dan olahraga teratur menjadi salah satu pencegahan terjadinya penyakit diabetes melitus atau yang akrab disebut penyakit gula.

Terlebih bagi yang telah berusia di atas 30 tahun, pola makan harus dijaga terutama dalam asupan karbohidrat, jelas Darti, paramedis dari Rumah Sakit Imanuel Lampung, di sela acara talk show kesehatan yang digelar Bank Mandiri di Hotel Emersia Bandar Lampung, Kamis (10/10/10) malam.

“Apalagi yang memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit diabetes, maka peluang untuk terjangkitnya penyakit gula makan besar,” paparnya.

Selain itu, sifat metabolisme tubuh pun memengaruhi penyakit gula terpicu. Semakin tua usia kan sistem metabolisme makin berkurang, seperti produksi insulin yang tak normal, maupun sel-sel darah yang tak mengenal lagi dengan insulin, sehingga kadar gula dalam tubuh menjadu lebih tinggi, papar Darti.

Untuk mencegah atau memperkecil peluang terjadinya penyakit gula, lanjut tim medis berambut pendek ini, pola makan karbohidrat harus diawasi. Sebab, karbohidrat merupakan penghasil gula yang tinggi.

Adapun pola makannya, semisal jika pagi hari sudah sarapan sapi, maka siangnya cukup dengan makan sayuran dan lauk pauk saja.

mengatur pola makan mencegah diabetes

“Jangan juga sudah makan nasi, lauknya kentang goreng, mie, dan perkedel jagung atau gorengan tepung karena itu semua karbohidrat tinggi. Jadi kalau makan nasi maka lauknya lebih banyak sayuran dan protein tinggi, seperti ayam, ikan ataupun daging,” jelasnya.

Dengan mengatur pola makan ini, maka kadar gula akan lebih stabil.

Demikianlah artikel mengenai Mencegah Diabetes dengan Mengatur Pola Makan, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- mengatur pola makan anak riwayat diabet, - mengatur pola makan untuk mencegah iabetes

data-ad-format="link">
Mencegah Diabetes dengan Mengatur Pola Makan Post in | Last updated: October 4th, 2015 | 12 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *