Mengatasi perut kembung dengan makanan tepat
Mengatasi perut kembung dengan makanan tepat

Mengatasi perut kembung dengan makanan tepat

Infosehatkeluarga.com – Kita semua memiliki gaya makan dan makanan kesukaan masing-masing, namun pasti semua dari kita tidak menyukai yang namanya perut kembung, bukan? Jika Anda sering mengalami perut kembung mungkin panduan sederhana ini bisa membantu Anda mengatasi perut kembung dengan makanan tepat.

Pertama, kita jelaskan sedikit tentang apa itu perut kembung: Kembung adalah penumpukan gas di perut, biasanya disebabkan oleh pencernaan atau udara yang masuk ke dalam tubuh. Kembung bisa juga karena akibat dari berlebihnya bakteri di usus kecil. Bakteri ini memfermentasi makanan, menciptakan gas yang menyebabkan kembung.

Gejala yang mirip dengan kembung ialah retensi air. Perasaan ini biasanya disebabkan oleh mengonsumsi terlalu banyak garam (terutama pada makanan olahan). Tingkat natrium yang tinggi menyebabkan tubuh menahan cairan ekstra yang tidak diinginkan. Kembung dan retensi air  selaini tidak nyaman, bisa juga benar-benar menyakitkan. Berikut ini panduan untuk mengatasi perut kembung dengan makanan tepat.

Mengatasi perut kembung dengan makanan tepat

Mengatasi perut kembung dengan makanan tepat
Mengatasi perut kembung dengan makanan tepat

Makanan yang harus dihindari untuk perut kembung

  • Pemanis.

Jika Anda mengalami kembung, alko**hol gula sering menjadi penyebabnya. itu berasal dari gula, gula alko**hol memiliki struktur kimia yang berbeda yang mengubah cara tubuh memetabolismenya. Gula alko**hol merupakan karbohidrat yang kurang dicerna, karena hanya sebagian diserap di usus kecil atau tidak diserap sama sekali, dan ini dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan. Ini paling banyak ditemukan pada produk bebas gula, makanan berkalori rendah atau produk yang dipanggang.

  • Minuman berkarbonasi:

Gelembung yang ditemukan dalam minuman berkarbonasi mungkin sangatlah nikmat, tapi juga bisa terbentuk di dalam perut, dan menyebabkan perut kembung dan timbulnya gas yang membuat tidak nyaman. Jika Anda tidak menginginkan perut kembung, hindarilah minuman ini. Baca Bahaya Diet Soda.

  • Sayuran yang masuk dalam keluarga kubis (Brassicaceae, sebelumnya Cruciferae):

Meskipun sayuran ini sebagai merupakan makanan sehat (seperti brokoli), namun makanan ini bisa menyebabkan perut kembung. Karena gula kompleks dan kandungan seratnya yang tinggi, lebih sulit bagi tubuh untuk mencernanya, sehingga seringkali menyebabkan gas yang tidak diinginkan. Kubis, kangkung, kol dan kembang kol merupakan makanan umum yang seringkali bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam perut.

  • Susu:

Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan enzim yang dibutuhkan untuk memecah dan mengolah gula susu, dan efek sampingnya ialah sering sekali menyebabkan perut kembung. Cobalah menghindari susu, yogurt dan keju. Jika Anda mengalami perubahan, coba tambahkan makanan olahan susu satu per satu mulai dengan yogurt, untuk melihat produk susu mana yang menjadi penyebabnya.

  • Makanan berlemak:

Pati, terutama yang diproses seperti sereal, pasta, roti dan biskuit. Cobalah tidak mengonsumsi  roti dan pasta, atau pilih gandum utuh dan makanan seperti beras merah, sayuran berumbi seperti wortel atau bit, dan gandum.

Makanan yang bisa mengatasi perut kembung

  • Asparagus:

Sayuran ini merupakan sumber folat dan vitamin seperti A, C dan K, dan mengandung senyawa yang disebut asparagin, yang dapat berperan sebagai diuretik alami. Ini berarti asparagus bisa membantu pencernaan dan mengatasi perut kembung.

  • Teh dandelion:

Dulu, akar dan daun dandelion telah digunakan untuk mengobati segala macam penyakit yang berhubungan dengan masalah hati, penyakit ginjal, pembengkakan, masalah kulit, sakit maag dan sakit perut. Karena efek diuretik alaminya, daun dandelion sekarang sering digunakan dalam teh sebagai ramuan untuk mengatasi kembung. Teh dandelion akan membantu mengeluarkan air berlebih.

  • Adas:

Sayuran ini berperan sebagai diuretik, membantu membuang kelebihan air yang mungkin tersimpan di dalam tubuh. Adas juga memiliki rasa yang khas dan sering digunakan sebagai bumbu masakan.

  • Sayuran non-kubis:

Sayuran seperti timun, bayam dan seledri mengandung banyak air dan cukup mudah dicerna.

  • Pepaya:

Buah tropis ini mengandung enzim khusus yang disebut papain yang membantu pencernaan dan memecah protein. Selain mengatasi perut kembung, pepaya bisa juga mengatasi kram perut, silahkan baca Kram Perut dan 7 Makanan Untuk Meredakannya Dalam Sekejap.

Saran lain untuk mengatasi perut kembung

  • Makan makanan fermentasi sekali sehari:

Makanan seperti kimchi, asinan kubis, acar, kefir dan kombucha secara alami mengandung probiotik tinggi. Seperti suplemen probiotik, makanan fermentasi mengandung mikroorganisme yang baik yang dapat berkontribusi untuk menjaga kesehatan tubuh yang seimbang dan sehat.

  • Minum:

Bila Anda mengalami dehidrasi, kadar elektrolit bisa menjadi tidak seimbang. Minum banyak air tidak berarti dapat menyebabkan kelebihan air. Minum banyak air berarti tubuh Anda bisa mengeluarkan kelebihan apapun (termasuk racun) dengan lebih mudah.

  • Banyak bergerak

Anda bisa saja makan makanan yang tepat, tapi jika Anda menghabiskan waktu sepanjang hari hanya duduk, dapat menyebabkan gas yang tidak diinginkan terbentuk.

Contoh menu harian anti kembung

  1. Sarapan: 1 cangkir teh hijau dengan telur dadar dengan salmon panggang dan asparagus (tambahkan 1 sendok teh basil kering)
  2. Snack: Smoothie untuk kesehatan usus: 1/2 cangkir kefir bening, 1/3 cangkir pepaya, 1/4 cangkir alpukat.
  3. Makan siang: Bayam , 2 sendok teh minyak zaitun dengan 1 sendok makan kacang pecan dan 4-6 ons ayam lemon.
  4. Makan malam: Selada dengan wortel, tomat dan paprika merah; dengan topping saus lemon sederhana; adas bakar, kentang goreng dan 4-6 ons salmon panggang.
  5. Jangan lupa minum air putih dicampur lemon setiap hari

Nah resepnya cukup susah didapatkan bukan?

Demikianlah artikel mengenai Mengatasi perut kembung dengan makanan tepat, semoga bermanfaat. Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas namun belum juga sembuh, mungkin waktunya pergi ke dokter. Baca Sakit perut kapan harus ke dokter?

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- mengatasi maag dgn makanan yang tepat

data-ad-format="link">
Mengatasi perut kembung dengan makanan tepat Post in | Last updated: February 3rd, 2018 | 76 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *