menu diet penderita asam urat
menu diet penderita asam urat (Ilustrasi)

Menu diet Penderita Asam Urat (Bagian 2)

Menu diet Penderita Asam Urat

Seperti pada pembahasan mengenai menu diet penderita asam urat yang lalu, kali ini kami akan lanjutkan mengenai menu diet penderita asam urat.

Mengkonsumsi Banyak Cairan

Pada penderita rematik dan asam urat disarankan untuk mengkonsumsi cairan minimum 2,5 liter atau setara 10 gelas sehari. Cairan ini bisa diperoleh dari air putih, teh, kopi, dan dari buah-buahan yang mengandung banyak air seperti apel, pear, jeruk, semangka, melon, blewah, dan belimbing.

Tidak Minum Alkohol

Alkohol bisa meningkatkan kadar asam laktat plasma dalam tubuh, asam laktat ini bisa menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Maka dari itu orang yang sering mengkonsumsi alkohol memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi.

menu diet penderita asam urat
menu diet penderita asam urat (Ilustrasi)

Mengkonsumsi Vitamin dan Mineral

Penderita asam urat wajib konsumsi vitamin dan mineral secara cukup, sesuai dengan kebutuhan tubuh yang mampu menjaga kondisi kesehatan yang baik. Konsumsi cairan yang tinggi membantu mengeluarkan asam urat melalui urin. Kemudian jauhi apapun yang berbau alkohol, yang dapat meningkatkan asam laktat plasma yang dapat menghambat pengeluaran asam urat dari dalam tubuh melalui urin.

Pengaturan diet bagi penderita asam urat

Asam urat adalah salah satu penyakit metabolisme di mana terdapat timbunan kristal asam urat dalam cairan sendi. Tujuan dari diet rendah purin adalah untuk mengurangi pembentukan asam urat dengan mengurangi bahan makanan tinggi purin. Selain itu, diet juga bertujuan untuk menurunkan berat badan bila penderita terlalu gemuk.

Makanan yang Dilarang bagi penderita asam urat

Bahan makanan yang dilarang dalam diet rendah purin adalah makanan yang mengandung 150 sampai 800 mg per 100 gram dari bahan makanan. Makanan yang termasuk kedalamnya adalah sardine, kerang, jantung, jeroan, kaldu, bebek, sedangkan minuman yang termasuk adalah minuman yang mengandung alkohol dan ragi.

Makanan yang Dibatasi bagi penderita asam urat

Bahan makanan yang harus dibatasi dalam diet rendah purin adalah makanan yang mengandung 50 sampai 150 mg per 100 gram dari bahan makanan. Makanan ini termasuk daging ayam, ikan tongkol, tenggiri dan bawal sebaiknya dikonsumsi sebanyak 50 gram sehari sekali. Penggunaan minyak harus dilakukan dalam jumlah terbatas.

Makanan yang dibolehkan bagi penderita asam urat

Bahan makanan yang dibolehkan adalah makanan yang mengandung 0 sampai 15 mg per 100 gram dari bahan makanan. Makanan ini termasuk beras, kentang, singkong, roti, mie, bihun, tepung-tepungan, dan biskuit. Produk susu, krim, dan telur juga diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Cukup sekian dari saya tentang menu diet makanan bagi penderita asam urat ini, semoga dapat bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- kay urat bagian 2

data-ad-format="link">
Menu diet Penderita Asam Urat (Bagian 2) Post in | Last updated: August 19th, 2015 | 55 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *