Migrain
Migrain (Ilustrasi/pixabay)

Migrain

5/5 (1)

Infosehatkeluarga kali ini akan memuat artikel mengenai Migrain. Apakah migrain itu? Apa gejalanya? Penyebab dan faktor resiko, pencegahan dan penanganannya.

Migrain adalah kondisi sakit kepala kronis yang menyebabkan rasa sakit yang signifikan untuk berjam-jam bahan berhari-hari. Beberapa migrain didahului atau bersamaan dengan gejala atau tanda peringatan sensorik, seperti pancaran sinar atau perasaan geli pada lengan atau kaki. Migrain sering disertai dengan rasa mual, muntah dan perasaan sensitif yang ekstrim pada cahaya dan suara.

Baca juga:

* Mengenal Gejala sakit kepala sebelah

* Gejala-gejala sakit kepala yang perlu diwaspadai

* Obat sakit kepala alami yang efektif

* 10 Penyebab sakit kepala dan cara pencegahannya

GEJALA MIGRAIN

Meskipun tidak ada penyembuhanya, pengobatan medis dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan migrain. Jika pengobatan tidak berhasil untuk anda pada masa yang lalu, lebih baik berbicara pada dokter anda untuk mencoba pengobatan medis yang lain. Obat yang tepat dipadu dengan kepedulian terhadap diri sendiri dan perubahan gaya hidup dapat membuat perubahan yang dahsyat.

Migrain selalu dimulai ketika anak-anak, remaja dan masa awal kedewasaan. Serangan migrain secara khusus menghasilkan beberapa atau semua tanda dan gejala berikut :
•    Rasa sakit sedang sampai parah, yang terbatas pada satu sisi kepala atau mungkin berefek pada dua sisi
•    Sakit kepala yang berdenyut
•    Sakit kepala menjadi parah ketika melakukan aktifitas fisik
•    Rasa sakit mempengaruhi aktifitas rutin anda
•    Mual dengan atau tanpa disertai muntah
•    Sensitif terhadap cahaya dan suara

Migrain
Migrain (Ilustrasi/pixabay)

Ketika tidak diobati, migrain biasanya menyerang antara 4 sampai 72 jam, tapi frekuensinya dengan sakit kepala yang terjadi berbeda antar setiap orang. Anda mungkin memiliki frekuensi migrain beberapa kali dalam sebulan atau lebih sedikit.
Tidak semua migrain sama. Banyak orang mengalami migrain tanpa aura, yang biasanya disebut migrain biasa. Beberapa orang mengalami migrain dengan aura, yang disebut migrain klasik. Aura dapat terdiri dari perubahan penglihatan, seperti saat melihat pancaran sinar, dan perasaan menusuk pada lengan atau kaki.
Ada atau tidaknya aura, anda mungkin memiliki satu atau lebih sensasi firasat (prodrome) beberapa jam atau hari atau sebelum anda mengalami serangan, termasuk:
•    Merasa gembira atau energi yang lebih
•    Mengidamkan rasa manis
•    Haus
•    Mengantuk
•    Sifat lekas marah

Penyebab & Faktor Risiko Migrain

Penyebab Migrain

Meskipun banyak penyebab migrain tidak diketahui, faktor genetik dan lingkungan sepertinya memainkan peran.
Migrain mungkin disebabkan oleh perubahan di dalam syaraf trigeminal, yang merupakan jalan dari rasa sakit. Ketidakseimbangan proses kimiawi otak, termasuk serotonin – yang membantu mengatur rasa sakit – juga mungkin terkait.
Tingkat serotonin jatuh saat terjadinya migrain. Ini memicu sistem trigeminal untuk melepaskan zat yang disebut neuropeptides, yang mengantarkan ke lapisan luar otak (meninges).

Pemicu Migrain

Apapun mekanisme pasti dari sakit kepala, banyak hal yang memicunya. Hal yang biasa memicu migrain diantaranya adalah:

  1. Perubahan hormon pada wanita. Fluktuasi pada estrogen memicu sakit kepala pada wanita yang memiliki migrain.Wanita dengan sejarah migrain sering melaporkan sakit kepala sesegera mungkin sebelum atau saat datang bulan, ketika mereka mengalami penurunan besar estrogen mereka. Yang lain memiliki kecenderungan peningkatan untuk mengalami migrain saat hamil atau menopause. Pengobatan medis pada hormon – seperti oral contraceptives dan hormone replacement therapy – juga dapat memperburuk migrain.
  2. Makanan. Beberapa migrain muncul karena dipicu oleh makanan tertentu. Penyebab umum biasanya adalah alkohol, khususnya bir dan anggur; keju yang telah lama disimpan; cokelat; pemanis aspartame, berlebihan mengkonsumsi kafein; monosodium glutamare – bahan utama pada beberapa makanan asia; makanan asin; dan makanan olahan. Melewatkan waktu makan dan berpuasa juga dapat memicu migrain.
  3. Stres. Stres di tempat kerja atau rumah dapat memicu migrain.
  4. Stimulus sensorik. Sinar terang dan cahaya matahari yang silau dapat menyebabkan migrain, sama seperti suara yang keras. Aroma yang tidak biasa – termasuk wangi-wangian, seperti parfum, dan bau yang tidak sedap, seperti tiner cat dan bau asap rokok, juga dapat memicu migrain.
  5. Berubahnya pola tidur. Begadang atau terlalu terlambat untuk tidur dapat menjadi pemicu serangan migrain pada seseorang.
  6. Faktor fisik. Pengerahan tenaga fisik yang intens, seperi aktifitas seksual, dapat memicu migrain.
  7. Perubahan lingkungan. Perubahan cuaca atau tekanan udara dapat mendorong serangan migrain.
  8. Pengobatan medis. Pengobatan medis tertentu dapat memperburuk migrain.

Pada halaman berikutnya akan dibahas mengenai faktor risiko migrain, dan cara pencegahan migrain

data-ad-format="link">
Migrain Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 7,683 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

2 thoughts on “Migrain

  1. makasin gan informasinya …ohya …gan gimana cara pemesananyaa daan apakah boleh minum obaat ini di kala masi dalaam pengobaatan dokter…???

    1. ramadhanyh7: Cara pemesanannya bisa melalui web di halaman order: https://www.infosehatkeluarga.com/order/
      atau langsung ke produknya: https://www.infosehatkeluarga.com/4life-transfer-factor-plus/ kemudian pada bagian paling bawah info produk ada tombol beli, setelah mengklik tombol beli Anda masuk ke halaman keranjang belanja, isi sesuai dengan permintaan dan tunggu respon dari kami.

      Kalau mau cepat: 081355077575 / PIN BB: 2666682D

      Transfer Factor aman dikonsumsi dengan obat dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *