Neuroma Akustik: Definisi, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya
Neuroma Akustik: Definisi, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya (Gambar: Wikipedia)

Neuroma Akustik: Definisi, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Definisi neuroma akustik:

Neuroma akustik adalah tumor jinak bersifat non-kanker, biasanya tumbuh lambat dan berkembang pada saraf akustikus. Neuroma akustik dapat tumbuh di otak, wajah dan bagian tubuh lain. Tumor otak relatif jarang terjadi. Neuroma akustik cenderung lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, meskipun korelasi antara hal tersebut belum dipahami. Orang yang paling sering terserang neuroma akustik adalah orang yang berusia antara 40 dan 60 tahun. Neuroma akustik jarang terjadi pada anak-anak.

Neuroma akustik biasanya tidak mengancam jiwa, tetapi gejala neuroma akustik dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, misalnya kehilangan pendengaran dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain

Penyebab neuroma akustik:

Penyebab pasti terjadinya neuroma akustik saat ini belum diketahui. Namun, sekitar lima dari 100 kasus disebabkan oleh keturunan.

Neuroma akustik yang tumbuh pada saraf akustik (saraf vestibulocochlear), akan mengganggu saraf yang bekerja mengontrol pendengaran dan keseimbangan. Pada kasus ini, neuroma akustik juga akan mengganggu saraf-saraf wajah yang berfungsi membawa informasi dari otak ke otot-otot wajah.

Gejala Neuroma akustik:

  1. Gangguan pendengaran
  2. Gangguan keseimbangan tubuh
  3. Vertigo
  4. Sakit kepala
  5. Penglihatan kabur
  6. Mati rasa atau nyeri pada satu sisi wajah
  7. Masalah koordinasi tungkai tubuh
  8. Otot wajah menjadi melemah
  9. Perubahan suara
  10. Kesulitan menelan

Gejala-gejala neuroma akustik bervariasi menurut tingkat keparahannya. Gejala-gejala neuroma akustik yang cenderung berkembang secara bertahap dan lambat membuat neuroma akustik lebih sulit untuk didiagnosa.

Jika Anda mencurigai adanya gejala neuroma akustik, Anda harus memeriksakan diri ke dokter spesialis atau ke rumah sakit untuk melalukan pemeriksaan. Untuk mengetahui indikasi terserang neuroma akustik, Anda akan menjalani beberapa pemeriksaan, yaitu:

  1. Tes pendengaran
  2. MRI (Magnetic Resonance Imaging)
  3. CT scan (Computerized tomography)
Neuroma Akustik: Definisi, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya
Neuroma Akustik: Definisi, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya (Gambar: Wikipedia)

Pengobatan neuroma akustik:

Neuroma akustik cenderung tumbuh secara perlahan. Biasanya neuroma akustik tumbuh kecil dan lambat tidak menimbulkan gejala atau masalah yang mengganggu kesehatan tubuh untuk beraktifitas. Dalam kasus ini, neuroma akustik dipantau untuk menghindari risiko yang lebih buruk, sehingga pasien tidak harus menjalani  operasi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, Neuroma akustik atau tumor dapat tumbuh menjadi besar dan menekan saraf otak. Namun, apabila terdeteksi lebih dini, sebagian besar pendrita neuromas akustik dapat disembuhkan sebelum mereka sampai ke tahap tersebut.

Tindakan untuk mengatasi neuroma akustik:

  1. Pembedahan untuk mengangkat neuroma akustik/ tumor
  2. Radioterapi untuk menghancurkan neuroma akustik/ tumor

Demikianlah artikel mengenai Neuroma Akustik: Definisi, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Neuroma Akustik: Definisi, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 2,143 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *