Nutrisi yang Baik Untuk Jantung Sehat

Nutrisi yang Baik Untuk Jantung Sehat – Selain olahraga, beberapa nutrisi juga penting untuk menjaga kesehatan jantung yang optimal. Apa saja nutrisi tersebut?

Rata-rata sebagian orang yang melakukan aktivitas olahraga atau fitnes bertujuan untuk membentuk otot yang ideal, namun ada satu bagian tubuh yang banyak orang lupakan dan sebenarnya lebih penting dari sekedar membentuk otot besar, yaitu jantung.

Olahraga dan latihan memang diketahui dapat menjaga kesehatan jantung, namun bukan hanya sekedar olahraga saja, tubuh juga membutuhkan beberapa nutrisi tambahan untuk menjaga kesehatan jantung, bahkan American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 ons per porsi ikan seminggu.

Selain itu, suplement nutrisi seperti CoQ10 juga telah diteliti dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

Berikut ini beberapa suplemenentasi dari beberapa nutrisi untuk menjaga kesehatan jantung :

Asam Lemak Omega-3

Omega-3 adalah salah satu jenis dari kelompok asam lemak tak jenuh, yang mampu menurunkan kadar tringliserida, menghilangkan peradangan, membantu mengurangi darah yang terlalu kental, dan tentunya melindungi kesehatan jantung. Selain itu omega-3 juga diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengurangsi depresi. Bahkan sebuah studi melihat peran potensial dalam mengurangi nyeri otot dan menghilangkan lemak, para peneliti berpendapat bahwa Omega-3 dapat menjadi bagian penting dalam program diet. Suplementasi omega-3 yang baik dan disarankan adalah yang mengandung EPA dan DHA serta banyak juga ditemukan dalam ikan dan hewan laut lainnya.

Vitamin E

Vitamin E sudah dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Vitamin E sangat efektif dalam pencegahan beberapa penyakit kronis, seperi misalnya kanker, penyakit jantung, katarak, glukom, alzheimer dan parkinson. Selain itu, vitamin E juga berperan aktif dalam melindungi kesehatan kulit dan mengurangi bekas luka. Saat ini sudah banyak tersedia suplementasi vitamin E yang mengandung semua komponen tocopherol seperti d-alpha, d-beta, d-delta dan d-gamma tocopherol.

nutrisi untuk jantung sehat

Coenzyme Q (CoQ10)

CoQ10 adalah zat yang mirip vitamin dan banyak ditemukan disemua sel tubuh manusia. CoQ10 merupakan komponen integral dari suatu rantai transpor elektron yang bertindak sebagai pembawa elektron dan selanjutnya diperlukan untuk memproduksi Adenosine Ttriphosphatase (ATP) yang berfungsi sebagai sumber energi. Lalu bagaimana CoQ10 berperan dalam menjaga kesehatan jantung? Beberapa studi telah menunjukan bahwa CoQ10 juga dapat bertindak sebagai antioksidan dalam mencegah LDL oxydation2, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan membantu peningkatan antioksidan lainnya, seperti vitamin E dan vitamin C3.

Jadi, ukuran otot tidak selalu mejadi tolak ukur tubuh seseorang, karena kesehatan jantung jauh lebih penting dibalik otot yang besar dan kuat!

Demikianlah artikel mengenai Nutrisi yang Baik Untuk Jantung Sehat, semoga bermanfat.

sumber

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- nutrisi jantung

data-ad-format="link">
Nutrisi yang Baik Untuk Jantung Sehat Post in | Last updated: October 26th, 2015 | 28 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *