Obat Batuk Herbal Untuk Batuk Berdahak Dan Kering

By | March 31, 2015
Obat Batuk Herbal Untuk Batuk Berdahak Dan Kering 1

Obat Batuk Herbal Untuk Batuk Berdahak Dan Kering – Batuk merupakan penyakit yang familiar dan biasa di derita oleh orang-orang. Munculnya batuk dipicu adanya benda asing yang terdapat di tenggorokan. Sehingga tenggorokan memproduksi lendir yang akan mengeluarkan benda asing tersebut dari tenggorokan. Batuk memang biasanya penyakit yang diderita setelah mengalami flu. Jadi tidak heran jika hidung tersumbat, demam, pusing dan batuk menjadi penyakit yang sering dialami. Walaupun termasuk jenis penyakit yang ringan, namun batuk sangat mengganggu kegiatan anda sehari-hari. Atas dasar hal tersebut, batuk memang perlu disembuhkan sedini mungkin. Namun sebelum mencari obat batuk, kenali terlebih dahulu jenis batuk yang sedang anda derita.

Batuk diklasifikasikan berdasarkan penyebab terjadinya. Jenis batuk yang sering dijumpai adalah batuk kering, batuk berdahak, batuk asma, batuk pertusis dan juga batuk bronchitis. Batuk biasanya disebabkan oleh debu, kuman atau alergi terhadap suatu hal. Dalam menyembuhkan batuk yang anda derita memang perlu memilih obat batuk sesuai dengan jenis batuk yang anda derita. Apalagi saat ini telah banyak obat-obat yang beredar di pasaran yang bisa anda beli tanpa resep dokter. Daripada menanggung beberapa resiko sebaiknya anda perlu mencoba obat batuk herbal yang juga berkhasiat dalam menyembuhkan batuk yang anda derita.

Obat Herbal Untuk Batuk Berdahak

Obat Batuk Herbal Untuk Batuk Berdahak Dan Kering

Obat Batuk Herbal Untuk Batuk Berdahak Dan Kering (Ilustrasi)

 

Batuk berdahak merupakan batuk yang mengeluarkan lendir pada saat batuk. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu pada setiap aktivitas anda. Terdapat beberapa bahan herbal yang bisa anda jadikan obat batuk. Salah satunya adalah jahe yang dikenal mengandung zat anti bakteri. Selain itu jahe juga bisa menghangatkan tenggorokan anda. Jahe bisa anda jadikan sebagai obat batuk dengan jalan mengkonsumsi air jahe yang dipadu dengan kencur. Selain jahe masih juga terdapat bahan herbal yang bisa menyembuhkan batuk, yaitu jeruk nipis. Cara yang sangat simple ini perlu anda coba, yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap. Anda juga bisa menambahkan madu jika anda menyukainya.

Selain menggunakan kedua bahan herbal untuk obat batuk tersebut, anda juga bisa menggunakan daun sirih. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dipadukan dengan beberapa ruas jahe. Kemudian minum air rebusan sirih dan jahe tersebut setelah dingin. Untuk hasil yang maksimal anda perlu meminum air rebusan sirih dan jahe minimal sekali dalam sehari. Kandungan jahe dan sirih tersebut dapat menghangatkan tenggorokan dan anti bakterinya mampu melawan bakteri pemicu batuk.

Obat Batuk Herbal Untuk Batuk Kering

Pemilihan obat batuk kering dengan batuk disertai dahak tentu saja berbeda. Mengapa demikian, karena batuk berdahak sering kali melukai tenggorokan yang akhirnya bisa mengakibatkan radang. Rasa gatal pada tenggorokan pun sangat mengganggu. Untuk itu anda perlu mencoba obat batuk herbal yang berasal dari umbi bidara upas. Bahan herbal yang merupakan jenis umbi-umbian ini, berkhasiat untuk menyembuhkan batuk berdahak, yang bisa anda kunyah secara langsung. Namun jika air dalam umbi tersebut telah habis anda bisa membuang seratnya. Cara yang sama bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi jahe merah yang mempunyai khasiat yang tidak jauh berbeda dengan umbi bidara upas.

Tentunya saat anda sedang menderita batuk, baik batuk berdahak ataupun batuk kering anda tidak hanya cukup mengkonsumsi obat batuk saja. Melainkan anda juga perlu menghindari pemicu atau beberapa hal yang bisa menjadikan batuk anda menjadi lebih parah. Salah satunya adalah menghindari tempat berdebu dan memiliki suhu yang dingin. Selain itu kondisi tubuh anda juga harus dalam kondisi hangat. Kebiasaan merokok dan bergadang juga perlu anda tinggalkan. Dengan demikian upaya penyembuhan batuk anda akan berjalan maksimal.

Demikian artikel mengenai Obat Batuk Herbal Untuk Batuk Berdahak Dan Kering, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *