Penyakit Asma : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pertolongan Pertama Penderita Asma

Penyakit Asma : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pertolongan Pertama Penderita Asma – Asma adalah suatu penyakit yang dapat menyebabkan batuk, mengi dan sesak napas. Tingkat gejala penyakit asma bervariasi untuk tiap penderita penyakit asma. Pada orang dewasa penyakit asma lebih sering terjadi pada wanita bila dibandingkan pada pria.

Apa yang Dimaksud Dengan Penyakit Asma?

Asma disebabkan oleh peradangan pada saluran pernapasan yang disebut bronki/ bronchi, yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Jika Anda menderita penyakit asma, bronchi akan meradang dan menjadi lebih sensitif. Sesorang yang terkena penyakit asma, saluran pernapasannya akan menjadi sempit, mengencangkan otot-otot di sekitarnya dan ada peningkatan produksi lendir.

Gejala Penyakit Asma:

  1. Sulit bernapas
  2. Mengi dan batuk
  3. Dada sesak

Penyakit asma yang sudah akut memerlukan perawatan intensif, misalnya di rumah sakit dan kadang-kadang dapat mengancam nyawa penderita penyakit asma, meskipun kematian karena penyakit asma tersebut jarang terjadi. Untuk beberapa orang yang menderita penyakit asma kronis (jangka panjang/ akut), asma  dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan yang permanen.

Penyebab asma:

Sampai sekarang penyebab penyakit asma belum diketahui secara pasti, meskipun faktor keturunan adalah salah satu penyebab seseorang menderita penyakit asma. Seseorang dengan riwayat keluarga yang mempunyai penyakit asma mempunyai kemungkinan lebih besar menderita asma dibandingkan dengan orang lain yang dalam keluarganya tidak memiliki riwayat penyakit asma.

Pemicu Penyakit Asma:

Pemicu asma biasanya sesuatu yang mengganggu saluran pernapasan dan akan menimbulkan gejala asma. Faktor-faktor pemicu penyakit asma berbeda untuk tiap orang. Beberapa faktor pemicu asma misalnya tungau, debu rumah, bulu binatang, asap tembakau, udara dingin dan infeksi pada dada. Aktivitas tertentu juga dapat memperburuk gejala asma, misalnya bekerja secara berlebihan.

Mengobati penyakit asma:

Ada sejumlah perawatan yang dapat membantu mengontrol kondisi penderita penyakit asma secara efektif. Pengobatan penyakit asma didasarkan pada dua tujuan yang penting, yaitu:

  1. meredakan gejala asma
  2. mencegah efek jangak panjang agar gejala asma tidak berkembang

Pengobatan dan pencegahan dapat melibatkan kombinasi obat-obatan, perbaikan gaya hidup, dan mengidentifikasi penyebab penyakit asma dan menghindari hal-hal yang dapat memicu asma.

Penyakit Asma : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pertolongan Pertama Penderita Asma
Penyakit Asma : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pertolongan Pertama Penderita Asma (Ilustrasi)

Pertolongan pertama penderita asma TANPA OBAT

  1. Jangan panik dan tenangkan diri Anda dan penderita asma tersebut sampai benar-benar rileks
  2. Bawa penderita ke tempat yang nyaman dan sejuk.
  3. Atur posisi penderita asma dalam keadaan bersandar di tembok.
  4. Berikan bantal pada leher agar penderita asma lebih nyaman. Jangan biarkan penderita asma berbaring/tidur.
  5. Berikan minuman hangat walaupun hanya sedikit
  6. Pijatlah perlahan pada bagian jempok kakinya, kira-kira 3-5 cm diatas ruas jempol yang merupakan syaraf paru-paru.
  7. Jika kondisi penderita asma tidak kunjung sembuh dalam waktu 10 menit. Segeralah telepon ambulance atau bawa ke dokter atau rumah sakit  terdekat untuk menjalani pengobatan.

Pertolongan pertama penderita asma MENGGUNAKAN INHALER

  1. tenangkan diri Anda dan penderita asma tersebut
  2. Bantulah penderita untuk menghirup inhaler-nya.
  3. Jangan biarkan penderita asma tersebut berbaring. Atur penderita ke posisi duduk yang paling nyaman.
  4. Sarankan ia untuk bernapas dalam dan perlahan.
  5. Jika serangan asma berhenti dalam lima atau 10 menit, sarankan agar penderita untuk menghirup kembali satu dosis inhaler
  6. Hubungi dokter jika serangan asma tersebut adalah serangan yang pertama kali dialami
  7. Jika inhaler tidak berfungsi dan serangan asma TIDAK BERHENTI dalam 5 atau 10 menit, segera hubungi dokter, ambulance atau bawa ke rumah sakit terdekat secepatnya
  8. Jika penderita berhenti bernapas atau kehilangan kesadaran, periksa pernapasan serta peredaran darahnya. Lalu buka mulutnya  dan lakukan “RESUSITASI” atau memberikan napas bantuan secara benar.

Demikianlah Penyakit Asma : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pertolongan Pertama Penderita Asma, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- pertolongan pertama pada asma, - penanganan asma, - pertolongan pertama pada penderita asma, - pertolongan pertama pada asma tanpa obat, - Pertolongan pertama asma, - pertolongan pertama pada asma di rumah, - penanganan penderita asma, - asma dan pengobatan, - penanganan pada asma, - Penanganan pada penyakit asma

data-ad-format="link">
Penyakit Asma : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pertolongan Pertama Penderita Asma Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 1,326 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *