penyakit batuk

Penyakit Batuk

Penyakit Batuk – Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya batuk, hanya saja ada yang batuk ringan, ada juga yang menjadi akut maupun kronis dan perlu penanganan yang tepat.

Menurut wikipedia:

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Jenis-jenis Penyakit batuk:

Penyakit batuk berdasarkan Waktu terjadinya:

  1. Batuk Akut : Batuk akut merupakan batuk yang terjadi selama kurang dari 14 hari dan dalam 1 episode. Dalam artian jika terjadi lebih dari 14 hari dan berulang-ulang dalam beberapa bulan maka tidak disebut lagi sebagai batuk akut.
  2. Batuk Kronis : Batuk kronis bisa terjadi karena gejala penyakit seperti asma, tuberkolosis (TBC) dan batuk rejan (batuk 100 hari).

Penyakit Batuk berdasarkan gejalanya:

  1. Batuk Berdahak : Batuk berdahak atau disebut juga sebagai batuk produktif adalah batuk yang disertai dengan dahak. Dahak itu sendiri berasal dari sinus / hidung atau bisa juga dari paru-paru dan kerongkongan.
  2. Batuk Kering : Batu kering disebut juga batuk non-produktif yakni batuk yang tidak disertai dengan dahak. Batuk ini biasanya timbul karena akhir dari suatu gejala seperti flu, iritasi terhadap debu dan asap rokok.

Penyebab Umum Penyakit Batuk:

Disamping infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti influenza, penyebab batuk yang paling sering adalah:

  1. Alergi dan asthma
  2. Infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronkitis akut.
  3. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronik, ephysema
  4. Sinusitis yang menyebabkan postnasal drip.
  5. Penyakit paru seperti bronkiektasis, tumor paru.
  6. Gastroesophageal reflux disease (GERD) ini artinya cairan lambung balik ke tenggorokan, orangnya suka bertahak asam atau pahit.
  7. Merokok
  8. Terpapar asap rokok (perokok pasif)
  9. Terpapar polutan udara
  10. Obat darah tinggi golongan ACE Inhibi
  11. Tuberculosis.
  12. Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
  13. Tersedak akibat minum.

penyakit batuk

Bahan-bahan alami untuk pengobatan batuk.

  1. Jahe
    Sebagaimana diketahui bahwa Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda yang sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengiris Jahe dan Kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.
  2. Jeruk nipis
    Sudah banyak orang yang merasakan bahwa Jeruk Nipis yang dicampurkan dengan kecap mujarab untuk mengobati batuk berdahak. Kalau Anda tidak suka kecap, bisa mencampurkan Jeruk Nipis dengan Madu. Minumlah air perasan Jeruk Nipis dengan kecap atau Madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
  3. Daun Sirih
    Daun Sirih juga bisa dijadikan obat untuk batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun Sirih secukupnya dan campurkan juga potongan Jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat.
  4. Daun Asam Muda
    Daun asam muda juga dipercaya dapat meringankan penyakit batuk. Cara membuat ramuan obat batuk daun asam muda ini terbilang sangat sederhana sekali. Pertama-tama ambillah segenggam daun Asam muda, kemudian campur daun saga manis dan kayu manis. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa mencampurkan madu atau gula dalam ramuan ini. Rebus ramuan yang telah Anda buat tadi sampai mendidih, setelah itu air hasil olahan tadi siap untuk Anda jadikan obat batuk.
  5. Kunyit dan Madu
    Kunyit ternyata juga berguna untuk menghilangkan batuk Tanaman obat yang satu ini memang sangat serba guna. Cara membuat ramuan obat batuk dari kunyit juga sangat gampang, tambahkan setengah sendok teh kunyit (yang telah ditumbuk) dan madu secukupnya ke dalam satu gelas susu. Aduk sampai merata (semua bahan tercampur), kemudian Anda bisa langsung meminum ramuan ini.
  6. Kemangi
    Ramuan alami kemangi juga mampu mengatasi batuk dengan cepat , coba sediakan 2 daun kemangi dan 2 gelas air putih kemudian rebus jadi satu , kemudian minumlah agar lekas sembuh.
  7. Campuran Lada Putih dan Madu
    Sedikan madu sebanyak 1 sendok teh yang di taburi lada putih kemudian minum lah dengan air hangat.

Demikianlah artikel mengenai penyakit batuk, jenis-jenis, penyebab, pencegahan, dan pengobatannya.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- 4 life transfer factor bisa menyembuhkan batuk, - transfer factor untuk batuk, - obat batuk tf, - transfer factor buat anak yang sering batuk pilek, - pencegahan penyakit batuk, - batuk transfer factor, - obat batuk transfactor, - pencegahan batuk, - testimoni tf untuk batuk, - tf untuk batuk

data-ad-format="link">
Penyakit Batuk Post in | Last updated: December 18th, 2017 | 7,307 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

2 thoughts on “Penyakit Batuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *