Penyakit ITP
Penyakit ITP (Gambar: Wikimedia)

Penyakit ITP

Pernahkah Anda mendengar penyakit ITP? ITP adalah singkatan dari Idiopathic Thrombocytopenic Purpura yang artinya adalah Idiopathic sesuatu yang tidak diketahui apakah penyebabnya. Thrombocytopenic artinya memiliki sel darah merah (trombosit ) yang sedikit atau di bawah normal. Purpura artinya memiliki luka memar yang berlebihan. Biasanya trombosit turun disebabkan oleh Demam berdarah, namun pada penyakit ini terjadi penurunan trombosit yang disebabkan oleh imun di dalam tubuhnya sendiri. Secara normal trombosit pada seseorang berkisar antara 150.000-450.000/dl. Namun jika mengidap ITP ini, angka trombosit ini akan jauh dibawah angka normal.

Penyakit ITP
Penyakit ITP (Gambar: Wikimedia)

Penyakit ITP dibagi menjadi 2 macam :

  • ITP akut yaitu dapat disembuhkan dalam jangka waktu 6 bulan
  • ITP kronik jika keadaan ini masih berlangsung terus menerus selama 6 bulan atau lebih.

Table of Contents

Gejala Penyakit ITP

Gejala yang biasa terjadi pada pengidap ITP ini adalah :

  1. memar /lebam di tubuh tanpa penyebab yang pasti
  2. bintik-bintik merah di kulit
  3. pendarahan pada hidung, gigi dan gusi
  4. mudah kelelahan
  5. Ada darah pada Tinja dan Air seni
  6. jika trombosit sudah sangat rendah bisa menyebabkan pendarahan pada organ di dalam tubuh.

Penyebab Penyakit ITP

Penyebab ITP sampai saat ini belum diketahui. Penyakit ini dimana kondisi tubuh yang memiliki antibodi yang biasanya merespon terhadap virus atau bakteri justrumasuk menyerang dan menghancurkan sel-sel darah merah di dalam tubuh penderita sendiri. ITP ini biasanya menyerang anak-anak usia 2-4 tahun dan juga orang dewasa, mayoritas ITP dialami oleh kaum perempuan. Pada anak-anak biasanya ITP ini dapat terjadi setelah adanya infeksi virus dan bisa disembuhkan tanpa pengobatan khusus.

Diagnosis Penyakit ITP

Diagnosis ITP ini biasanya ditegakkan dengan pemantauan tes darah lengkap dengan melihat jumlah sel darah merah, sel darah putih, trombosit juga hemoglobin, perlu juga tes fisik dan riwayat kesehatan lengkap. Selain itu setelah didapat kepastian trombosit yang rendah bisa dilakukan pemeriksaan sumsum tulang atau BMP (Bone Marrow Puncture) dengan cara mengambil cairan darah yang berada di daerah sumsum tulang untuk diteliti.

Pengobatan ITP

Pengobatan pada ITP sendiri tujuannya ialah memastikan jumlah trombosit aman dan untuk mencegah terjadinya pendarahan yang fatal. Biasanya apabila kadar trombosit sudah di bawah 20.000/dl harus dilakukan transfusi trombosit, jika transfusi terlambat bisa berakibat fatal bagi penderita. Selain itu bisa diberikan kortikosteroid hingga batas trombosit aman dan diturunkan dosisnya sedikit demi sedikit.

Kelihatannya penyakit ini memang menakutkan, namun ternyata banyak penderitanya yang mampu beraktifitas seperti biasa. Perhatian yang harus dilakukan oleh para penderita ITP ialah hindari obat-obatan yang dapat menyebabkan terjadinya pendarahan seperti aspirin, ibuprofen, obat pengencer darah dan hindarilah benturan yang bisa mengakibatkan luka. Tetap menjaga pola hidup sehat dengan makanan sehat dan alami. Jauhkanlah pewarna, pengawet dan penyedap.

Itulah informasi mengenai penyakit ITP. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- penyakit itp, - sakit itp, - itp adalah, - diagnosa ITP, - apa itu penyakit itp, - penyebab penyakit ITP, - penyakit itp apa bisa sembuh, - penyakit itp pada orang dewasa, - apa itu itp, - Penyakit itp itu apa

data-ad-format="link">
Penyakit ITP Post in | Last updated: December 23rd, 2015 | 3,486 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *