Penyebab dan Pengobatan Diabetes Tipe 1

By | December 29, 2014
Penyebab dan Pengobatan Diabetes Tipe 1 1

Penyebab dan Pengobatan Diabetes Tipe 1 – Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak atau hanya sedikit memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas, kelenjar besar yang terdapat di bagian belakang perut. Insulin bekerja mengontrol jumlah glukosa (gula) dalam darah. Glukosa bergerak dari darah ke dalam sel-sel tubuh dan kemudian  glukosa akan dirubah menjadi energi.

Terdapat dua tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, Kali ini kami akan membahas tentang membahas tentang diabetes tipe 1, yaitu tentang penyebab diabetes tipe 1 dan Pengobatan diabetes tipe 1. Sedangkan tentang penyebab diabetes tipe 2 dan Pengobatan diabetes tipe 2 akan kami bahas pada artikel yang lain.

Penyebab diabetes tipe 1

Insulin mengatur asupan gula darah ke dalam sel-sel tubuh, di mana insulin akan dirubah menjadi energi. Namun, pada diabetes tipe 1, tubuh sama sekali tidak memproduksi insulin, sehingga pemindahan glukosa tidak dapat dilakukan. Tanpa glukosa, badan akan memecah lemak dan otot sehingga terjadi penurunan berat badan.

Pada diabetes tipe 1 hal ini dapat menyebabkan kondisi serius dalam jangka pendek, di mana aliran darah menjadi asam dengan dehidrasi berbahaya (ketoasidosis). Diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun yang terjadi sebagai akibat dari kesalahan sel dalam pankreas, di mana sistem kekebalan tubuh sebagai pertahanan alami melawan infeksi dan penyakit menjadi justru menyerang anggota tubuh sendiri.

Pengobatan diabetes tipe 1

Semua tipe diabetes, baik diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 harus mendapatkan diagnosa dan perawatan yang baik.  Diagnosa dan pengobatan diabetes sedini mungkin akan meningkatkan keberhasilan penderita diabetes untuk meraih hidup yang lebih sehat.

Diabetes memang tidak dapat disembuhkan, tetapi pengobatan diabetes bertujuan untuk menjaga kadar gula darah menjadi normal dan mengurangi resiko yang lebih buruk dalam jangka panjang.

Jika Anda didiagnosis menderita diabetes, sebaiknya Anda meminta untuk dirujuk ke spesialis diabetes untuk melalukan terapi pengobatan diabetes. Tim spesialis pengobatan diabetes akan menjelaskan kondisi Anda secara rinci dan membantu Anda menjalani pengobatan diabetes. Tim spesialis pengobatan diabetes juga akan memantau kondisi Anda secara rutin. Dalam diabetes tipe 1, di mana tubuh tidak memproduksi insulin, Anda harus menggunakan insulin yang harus disuntikkan ke tubuh untuk menjaga agar kadar gula darah tetap normal. Berkonsultasi dengan dokter dan belajar bagaimana cara untuk mencocokkan jumlah insulin yang harus ditambahkan sesuai dengan kondisi gula darah pada waktu-waktu tertentu.

Penyebab dan Pengobatan Diabetes Tipe 1

Penyebab dan Pengobatan Diabetes Tipe 1

Insulin tersedia dalam berbagai bentuk, misalnya jenis yang penggunaannya harus disuntikan dan ada juga yang dapat ditambahkan ke makanan yang Anda makan. Masing-masing insulin digunakan dengan tujuan yang berbeda, tergantung kebutuhan insulin dalam tubuh Anda, misalnya insulin yang mempunyai efek cepat atau lama, dan insulin yang bisa bekerja mengatur kadar gula darah dalam jangka waktu yang pendek atau lama. Penggunaan insulin yang harus Anda lakukan biasanya mencakup kombinasi penggunaan insulin yang bervariasi tersebut.

Beberapa pengobatan pada orang dengan diabetes type 1 bisa dilakukan dengan cara yang cukup baru yang dikenal sebagai transplantasi islet. Proses transplantasi tersebut bekerja dengan mengambil sel-sel islet dari pankreas pendonor (orang yang baru saja meninggal) ke pankreas penderita diabetes tipe 1. Transplantasi islet telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengurangi risiko serangan hypoglycaemic parah dan ‘hypos’ (gula darah turun sangat rendah). Sejauh ini, hasil transplantasi islet sudah berhasil dilakukan di negara-negara maju.

Para penderita diabetes bisa hidup dengan normal dan menjalani aktifitas layaknya orang sehat. Pola hidup, pola makan, olah raga dan pengobatan yang benar akan menentukan tingkat keberhasilan pengobatan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Tapi yang terpenting bagi para pendeita diabetes adalah semangat diri sendiri dan dukungan dari orang-orang disekeliling mereka. Mengapa saya bisa mengatakan itu? Karena saya mengalaminya sendiri. Butuh tekad yang kuat untuk menangani diabetes, bahkan untuk kita yang hanya mendampingi penderita diabetes, terlebih untuk penderita diabetes itu sendiri.

Demikianlah Penyebab dan Pengobatan Diabetes Tipe 1, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *