menggosok gigi yang benar
menggosok gigi yang benar (Ilustrasi/pexels)

Perhatikan 4 Hal Penting Ini Saat Menggosok Gigi

5/5 (1)

Gigi menjadi bagian tubuh yang penting karena berperan untuk menghaluskan makanan yang kita makan sebelum masuk ke dalam perut dan diproses lebih jauh. Gigi yang setiap hari digunakan untuk mengunyah berbagai jenis makanan ini bisa rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, penting sekali memperhatikan 4 hal berikut ini ketika menggosok gigi:

1. Pakai sikat gigi dengan lembut.

Ingin memperoleh gigi yang putih dan bersih bukan berarti anda harus menggosoknya dengan keras dan kasar. Menggosok secara keras untuk membersihkan gigi justru akan membuat gusi terluka. Sebaiknya pakailah sikat gigi dengan lembut dan santai, serta gosokkan secara merata pada seluruh gigi.

2. Biasakan menyikat gigi selama 2 menit.

Anda memerlukan waktu setidaknya 2 menit untuk membersihkan gigi secara keseluruhan. Menggosok gigi terlalu cepat hanya akan membuat gigi tidak bersih sempurna, masih ada bakteri yang tertinggal dan dapat menjadi masalah pada gigi.

Waktu yang baik untuk menyikat gigi ialah sekitar 2 menit, dengan waktu yang cukup, bukan hanya gigi saja yang bersih, tapi juga lidah dan rongga mulut.

menggosok gigi yang benar
menggosok gigi yang benar (Ilustrasi/pexels)

3. Gunakan buah dan sayur untuk membantu membersihkan gigi.

Makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran juga dapat membantu membersihkan gigi. Buah dan sayur dapat digunakan sebagai makanan pencuci mulut yang akan mencegah kemungkinan terjadinya plak di gigi dan membantu menghilangkan bakteri dalam mulut.

4. Perhatikan gigi bagian geraham.

Gigi geraham biasanya menjadi bagian gigi yang sulit dijangkau dan paling malas diperhatikan saat menyikat gigi. Kebanyakan orang hanya akan menfokuskan menyikat gigi depan dan mengabaikan gigi geraham. Padahal justru pada gigi gerahamlah kemungkinan bakteri akan berkembang. Jadi, mulai sekarang perhatikan pula menyikat gigi geraham agar tidak ada gigi yang berlubang.

Nah, itulah 4 hal penting saat menggosok gigi yang perlu anda lakukan. Yuk, mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi dengan membersihkannya secara benar. Jangan menunggu sampai gigi sakit, periksakan pula kesehatan gigi secara berkala ke dokter gigi ya.

data-ad-format="link">
Perhatikan 4 Hal Penting Ini Saat Menggosok Gigi Post in | Last updated: January 11th, 2017 | 58 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *