Radang Sendi Karena Infeksi Bakteri/ Septic Arthritis : Tanda dan Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Radang Sendi Karena Infeksi Bakteri/ Septic Arthritis : Tanda, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya – Septic arthritis adalah peradangan sendi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, juga disebut sebagai infeksi arthritis. Infeksi septic arthritis sering disebabkan oleh bakteri stafilokokus atau streptokokus. Bakteri tersebut masuk melalui luka dan menyebar melalui aliran darah ke sendi.

Sendi yang paling terinfeksi adalah lutut dan pinggul. Pada bayi di bawah usia tiga tahun, infeksi septic arthritis biasanya menyerang pinggul. Jika infeksi septic arthritis tidak segera diobati dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah dan dapat mengancam jiwa.

Meskipun radang sendi karena infeksi bakteri/ septic arthritis tersebut jarang terjadi pada bayi dan remaja, sebenarnya septic arthritis dapat menyerang semua orang pada usia berapa pun. Bayi yang baru lahir dan bayi dengan septic arthritis umumnya mudah menangis setiap kali sendi yang terinfeksi disentuh, misalnya ketika memandikan atau mengganti popok.

Tanda dan Gejala Infeksi Septic Arthritis:

Radang Sendi Karena Infeksi Bakteri/ Septic arthritis dapat menyebabkan pembengkakan, warna kulit kemerahan dan rasa panas pada sendi yang terkena. Gejala tersebut biasanya menyerang setelah 1-2 minggu sejak terinfeksi.

Faktor-faktor yang menyebabkan septik arthritis/ radang sendi karena infeksi bakteri:

  1. Menggunakan implan/ sendi buatan
  2. memiliki infeksi bakteri di tempat lain dalam tubuh Anda
  3. Menderita penyakit jangka panjang, misalnya diabetes atau rheumatoid arthritis
  4. Mengkonsumsi obat terlarang/ mengkonsumsi obat dalam jangka panjang
  5. Minum obat yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh
  6. Baru saja mengalami kecelakan

Cara Mendiagnosa radang sendi karena infeksi bakteri/ septic arthritis

Jika septic arthritis diduga karena penyebab di atas, dokter akan melakukan tes darah dan mengambil sampel cairan dari sendi yang dicurigai terseran septic arthritis.

Radang Sendi Karena Infeksi Bakteri atau Septic Arthritis - Tanda, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Radang Sendi Karena Infeksi Bakteri/ Septic Arthritis : Tanda dan Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya (Ilustrasi)

Cara Mengobati radang sendi karena infeksi bakteri/ septic arthritis:

Septic arthritis dapat diobati menggunakan antibiotik, misalnya flukloksasilin. Selama belum dinyatakan sehat, mungkin Anda harus menjalani opname di rumah sakit setidaknya selama dua minggu agar pengobatan antibiotik dapat dilakukan, yaitu menyuntikkan antibiotik secara intravena (disuntikkan langsung ke pembuluh). Setelah itu, Anda akan diberikan obat antibiotik berupa tablet untuk dikonsumsi selama empat minggu berikutnya. Pengobatan lainnya untuk mengatasi radang sendi karena infeksi bakteri/ septic arthritis juga dapat dilakukan dengan cara mengeringkan cairan pada sendi yang terinfeksi, hal tersebut hanya bida dilakukan oleh ahli bedah ortopedi.

Demikianlah Radang Sendi Karena Infeksi Bakteri/ Septic Arthritis : Tanda dan Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya, semoga bermanfaat.

4 Responses to “Radang Sendi Karena Infeksi Bakteri/ Septic Arthritis : Tanda dan Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya”
  1. Avatar robby agustian May 18, 2016
    • Avatar infosehatkeluarga May 18, 2016
  2. Avatar rio April 28, 2016
    • Avatar infosehatkeluarga April 29, 2016

Leave a Reply

*