Resiko Penggunaan Antibiotik Pada Anak

Resiko Penggunaan Antibiotik Pada AnakĀ – Pernahkah Anak Anda sakit, dan Anda bawa ke dokter dan kemudian oleh dokter diberikan antibiotik? Nah untuk Anda yang punya anak, artikel ini wajib Anda baca.

Penggunaan obat antibiotik untuk mengobati infeksi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Para ahli memperingatkan dokter dan suster untuk lebih berhati-hati dalam memberikan antibiotik dosis tinggi pada anak.

Pemberian yang sangat hati-hati ini berkaitan dengan masalah keselamatan dan kesehatan si anak nantinya.
Penggunaan obat antibiotik dengan tidak benar pada usia muda berisiko menyebabkan kerusakan ginjal atau kehilangan pendengaran.

Pemberian antibiotik yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mempengaruhi efektivitas dan toksisitas dari obat itu sendiri.

Antibiotik yang diberikan harus aman bagi anak yang sedang sakit agar reaksi merugikan yang mungkin timbul dapat diminimalisir. Karenanya orangtua juga harus diberitahu mengenai kemungkinan risiko dari setiap perawatan yang diberikan pada anakinya.

“Karena daya tahan tubuh anak belum terbentuk secara sempurna sehingga setiap tindakan yang diambil harus dipikirkan mengenai risikonya,” katanya.

Seperti dikutip dari Irishhealth, antibiotik adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Namun antibiotik tidak akan efektif terhadap infeksi yang disebabkan oleh virus.

Jika seseorang mengalami sakit tenggorokan atau flu yang disebabkan oleh virus, maka pengobatan dengan antibiotik hanya sedikit atau tidak memiliki peran sama sekali. Karena sebenarnya penyakit yang disebabkan oleh virus bisa hilang dengan sendirinya jika memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Jadi jika dokter memberikan antibiotik untuk sakit flu itu suatu kekeliruan.

Beberapa antibiotik hanya efektif terhadap bakteri tertentu saja, sebagai contoh antibiotik penisilin bisa diresepkan untuk sakit tenggorokan akibat bakteri streptokokus. Meresepkan antibiotik tergantung dari letak dan tipe dari infeksi yang muncul.

Bakteri memiliki kemampuan untuk mengalami resistensi atau kebal terhadap antibiotik, sehingga penggunaan antibiotik tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Namun antibiotik akan memiliki potensi yang efektif jika digunakan secara tepat.

Beberapa antibiotik ada yang menimbulkan efek samping seperti mual, muntah atau diare akibat perubahan keseimbangan bakteri di dalam usus.

bahaya antibiotik pada anak
bahaya antibiotik pada anak (Ilustrasi)

Demikianlah informasi mengenai Resiko Penggunaan Antibiotik Pada Anak, semoga bermanfaat. Sayangi Anak Anda bukan berarti setiap kali mereka sakit, berikan antibiotik.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- antibiotik untuk campak, - antibiotik untuk campak pada anak, - obat antibiotik untuk campak, - antibiotik untuk bayi campak, - antibiotik campak, - Perlu campak pakai antibiotik, - pemberian anti biotik pada pengobatan campak, - antibiotik penyakit campak, - antibiotik aman untuk anak, - Www gejal dan pengobatan bayi terkena campak com

data-ad-format="link">
Resiko Penggunaan Antibiotik Pada Anak Post in | Last updated: January 4th, 2015 | 413 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *