Retin A dan Tips Menggunakannya Sebagai Obat Jerawat

Retin A dan Tips Menggunakannya Sebagai Obat Jerawat

Retin A untuk jerawat

Retin A untuk jerawat (Gambar Ilustrasi)

Jika saja jerawat hanya muncul pada waktu remaja saja tentu kita tidak akan terlalu khawatir sebab akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Sayangnya jerawat tak hanya mau sekedar singgah pada masa remaja. Sampai umur kira kepala 4 pun, jerawat masih saja betah untuk berhabitat di kulit kita. Ada yang datang pada situasi-siatuasi tertentu seperti menjelang haid, ada juga disebabkan oleh ketidakcocokan kosmetik yang kita pakai.

Jerawat memang sedikit bandel dan susah minggat. Hal yang menyedihkan adalah, ada yang jerawat begitu setia tumbuh di wajah mulai dari seseorang tersebut remaja sampai sepanjang usianya. Bahkan jerawat sudah menjadi karakter tersendiri buat mereka. Menderita jerawat sampai tua tentu sangat menjengkelkan.

Bagi yang terkesan cenderung cuek terhadap penampilan fisik, tentu hal ini tidak akan terlalu menimbulkan masalah. Apalagi kalau orang yang kurang memperhatikan kesehatan dan kecantikan. Boro-boro mengeluarkan banyak duit untuk mengobati jerawat, merawat wajah tanpa biaya saja mungkin enggan.

Namun, beda halnya dengan mereka yang begitu mengutamakan penampilan. Jangankan jerawat sepanjang usia, satu jerawat saja akan membuat mereka galau setengah mati. Saking menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya.

Tak hanya panik karena jerawat, mereka juga merasa kurang percaya diri dalam segala hal yang berhubungan dengan orang lain seperti meeting, bertemu pasangan, ke kampus dan sebagainya. Ada juga yang malu sehingga lebih mengurung diri di rumah saja dan terus-terusan memandang jerawat di cermin.

Jika seperti itu yang terjadi, tentu banyak kerugian yang akan dialami. Nah, agar jerawat tersebut tidak terus menerus membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri, menggunakan obat penghilang jerawat pun menjadi sesuatu yang penting. Salah satu obat jerawat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat adalah obat jerawat yang mengandung bahan Retin A.

Pasti beberapa kali kamu sudah pernah dengar nama kandungan ini bukan? Beberapa produk kecantikan telah menjadikan Retin A sebagai salah satu kandungan penting di dalamnya. Apa itu Retin A? Seperti apa manfaatnya? Bagaimana efek dan cara menggunakannya? Yuk simak informasi berikut ini :

Sekilas tentang Retin A

Sebelum kita mengetahui cara kerja Retin A, sebaiknya kita tahu dulu sekilas tentang Retin A itu sendiri. Retin A biasanya memiliki istilah lain yaitu Tretinoin yaitu suatu senyawa asam retinoat dengan rumus kimia C20H28O2. Senyawa ini merupakan bentuk asam dari Vitamin A.

Retin A bersifat meluruhkan lapisan kulit atas, sehingga lapisan kulit baru yang relatif lebih segar pun terlihat. Hasilnya adalah kulit yang terlihat lebih muda dan segar, juga relatif lebih bersih. Nah, mengingat fungsinya yang dahsyat bisa membuat kulit lebih muda dan segar, tentu banyak orang yang ingin memanfaatkannya. Para produsen kecantikan pun tidak ketinggalan. Mereka mencoba peruntungan dengan membuat produk yang mengandung Retin A ini.

Cara Kerja Retin A untuk menghilangkan jerawat

Mungkin sebagian dari kamu masih belum yakin dan penasaran dengan penjelasan singkat di atas tentang kinerja Retin A. Perlu diketahui bahwa Retin A bekerja dengan melalui beberapa tahap.

Pertama, Retin A mengurangi komedo dan minyak lengket pada kulit. Dengan tidak adanya komedo yang menempel pada pori-pori maka minyak sebum yang terdapat di dalamnya tidak akan tersumbat sehingga bisa muncul keluar. Jadi, Retin A sekaligus membantu mengatasi masalah kulit seperti kulit berminyak dan komedo.

Kedua, Retin A akan mempercepat proses regenerasi kulit sehingga kulit yang tadinya berbekas jerawat bisa diganti dengan kulit yang baru. Kalau hal ini tak kalah menariknya bagi mereka yang tidak hanya ingin bebas jerawat tapi juga awet muda.

Ketiga, Retin A akan mengeliminasi sel-sel kulit mati tersebut dari kulit. Di samping itu, juga akan mencegah adanya kulit mati lagi di folikel serta mendorong produksi kolagen. Sebagaimana diketahui, kolagen merupakan sesuatu yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Dengan cara kerja demikian, maka tidak heran kalau retin A dipercaya bisa mengobati jerawat dengan cepat.

Efek Samping penggunaan Retin A

Apakah Retin A mempunyai efek samping? Ya. Retin A mempunyai efek samping. Sebenarnya, tidak ada bahan kimia yang benar-benar bebas dari efek samping, bahkan benzoil peroksida dan asam salisilat sekali pun.

Meski demikian, tidaklah berarti efek semua zat kimia sama besarnya. Ada bahan kimia yang efeknya lebih sedikit atau kecil dari yang lainnya, termasuk Retin A. Sejauh ini, efek samping dari penggunaan Retin A jika tidak sesuai kondisi kulit adalah keluhan iritasi dan alergi pada kulit.

Selain itu terdapat juga keluhan kulit menjadi kemerah-merahan, mengelupas, bahkan rasa gatal serta rasa panas. Ketika memakai Retin A, umumnya terjadi reaksi sensitivitas kulit. Oleh sebab itu, kamu sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar.

Hal penting yang harus diingat dan mendapat perhatian khusus terkait Retin A ini yaitu tidak menggunakan riasan maupun bahan perawatan kulit lain sampai penggunaan Retin A selesai. Juga, jangan melakukan facial maupun scrubbing baik yang menggunakan bahan kimia maupun manual. Jika kamu mengabaikan hal ini bisa saja kamu akan mengalami efek yang lebih parah.

Cara menggunakan Retin A sebagai obat jerawat

Mengingat Retin A adalah salah satu bahan kimia dengan reaksi yang kuat, maka ada peraturan tertentu yang harus kamu perhatikan ketika akan menggunakan Retin A untuk menghilangkan jerawat.

Pertama, Retin A merupakan cream malam. Itu artinya retin A hanya boleh dipakai pada malam hari. Mengapa demikian? Tidak lain karena senyawa vitamin A yang terkandung dalam Retin A bersifat fotosintesis sehingga menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Selain alasan itu, memakai produk ini di malam hari juga berpeluang lebih baik untuk terserap sepenuhnya ke dalam kulit.

Kedua, cobalah tes alergi terlebih dahulu. Coba terapkan pada tangan, jika terasa gejala alergi selama 2 sampai 3 kali pemakaian, maka kamu seharusnya tidak melanjutkan pemakaian Retin A sebab akan memperburuk jerawatmu.

Ketiga, pakailah Retin A ketika wajah dalam keadaan kering. Biasanya kulit akan kering dengan sempurna setelah 20 menit setelah dibasuh dengan air.

Keempat, perhatikan takaran yang akan kamu oleskan pada wajah. Jangan menggunakan terlalu banyak retin A pada setiap pemakaian. Takaran yang disarankan hanyalah seukuran kacang polong. Utamakan dulu wajah yang berjerawat, baru sisanya boleh pada bagian yang lain. Dalam hal ini tidaklah berlaku pemikiran “ semakin banyak menggunakan, semakin bagus”.

Terakhir, karena retin A bersifat mengeringkan kulit, maka kombinasikan penggunaan retin A dengan pelembab. Boleh dicampur dengan retin A sewaktu dioleskan, boleh juga dipakai 20 menit setelah pemakaian retin A. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban kulit.

Berniat mencoba? Semoga Retin A bisa menjawab permasalahan jerawat dan kesehatan kulit kamu ya.

Demikianlah Retin A dan Tips Menggunakannya Sebagai Obat Jerawat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*