Kandungan dan manfaat rumput laut
Kandungan dan manfaat rumput laut (Ilustrasi/pixabay)

Rumput Laut Sebagai Penunjang Kesehatan

Rumput laut, nama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tumbuhan ini sering dijadikan bahan baku pembuatan agar-agar dan sering terdapat dalam campuran es campur. Di Indonesia, keberadaan rumput laut sangat melimpah. Rumput laut biasa tumbuh subur di bawah permukaan laut.

Rumput laut merupakan sejenis alga yang bisa dibedakan menurut kandungan zat warnanya. Rumput laut atau ganggang bisa dibedakan menjadi ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (clorophyceae), ganggang merah (rhodophyceae), dan ganggang coklat (phaeophyceae). Dari keempat jenis ganggang di atas yang paling banyak dimanfaatkan ialah ganggang merah. Ganggang merah sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan agar-agar, kosmetik, serta obat-obatan. Jenis ganggang yang paling sering dikonsumsi dalam keadaan masih mentah atau sudah direbus ialah ganggang hijau. Sedangkan ganggang coklat paling sering dimanfaatkan untuk bahan baku puding.

Kandungan dan manfaat rumput laut
Kandungan dan manfaat rumput laut (Ilustrasi/pixabay)

Jepang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar yang mengonsumsi rumput laut. Berbagai olahan rumput laut berasal dari negara tersebut. Misalnya, nori, wakame, dan kombu. Diduga, negara Jepang menjadi negara pelopor produksi dan pemasaran rumput laut.

Kandungan Gizi pada Rumput Laut

Zat gizi utama yang dapat kita peroleh dari rumput laut ialah karbohidrat karena dalam 100 gram rumput laut terdapat sekitar 83.5 gram karbohidrat. Penelitian menyebutkan bahwa karbohidrat yang dikandung oleh rumput laut ialah sejenis galaktosa yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga dapat memberikan efek rasa kenyang. Oleh karena itu, rumput laut dapat menjadi salah satu referensi menu diet Anda.

Di samping itu, dengan mengonsumsi rumput laut kita bisa memperoleh 1.3 gram protein, 1.2 gram lemak, dan 312 kkal per 100 gramnya. Kandungan mineral terpenting dalam rumput laut ialah yodium yang dapat mengatasi penyakit gondok.

Manfaat Rumput Laut di Bidang Kesehatan

Rumput laut memiliki peran yang besar dalam penyembuhan penyakit degeneratif seperti jantung koroner dan diabetes. Beberapa manfaat rumput laut di bidang kesehatan antara lain:

  1. Mampu menurunkan kadar kolesterol karena memiliki kandungan lemak yang rendah.
  2. Kandungan serat rumput laut yang tinggi berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan serta mencegah dan mengobati sembelit.
  3. Mencegah dan menanggulangi penyakit kencing manis.
  4. Mencegah dan menanggulangi penyakit gondok akibat kekurangan yodium.
  5. Sebagai bahan baku pembuatan kapsul pembungkus obat-obatan, obat, dan pasta gigi.
  6. Sebagai bahan baku pembuatan kosmetik.

Demikianlah Kandungan dan manfaat rumput laut, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- alga yang dimanfaatkan sebagai bahan kapsul pembungkus obat, - artikel pemanfaatana rumput laut dalam bidang kesehatan, - dampak dan solusi rumput laut sebagai bahan baku obat obatan, - manfaat rumpai laut latok

data-ad-format="link">
Rumput Laut Sebagai Penunjang Kesehatan Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 77 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *