Sehat Saat Menopause

Menopause adalah penghentian permanen menstruasi (haid) dari seorang wanita yang berarti pula akhir dari reproduksi. Beberapa wanita mempunyai siklus menstruasi yang dapat diramalkan, tanpa penyulit sampai penghentian mendadak. Tetapi kebanyakan wanita yang mengalami anovulasi yang ditandai oleh menstruasi yang tidak dapat diramalkan dengan pendarahan yang sedikit-sedikit atau pendarahan banyak yang berlangsung  lama atau bisa juga keduanya.

Sehat saat menopause

Sehat saat menopause (Gambar: Wikipedia)

Rata-rata wanita yang sudah menginjak usia 45-55 tahun, jam biologisnya akan berhenti berdetik, yang menandakan berakhirnya masa subur dan berkurangnya kadar hormon estrogen dan progesteron. Di sini proses menstruasi benar-benar berhenti. Perubahan ini menyebabkan terjadinya gejala pada tubuh anda seperti:

  1. Perubahan kondisi haid, baik itu silkus, jumlah dan lama haid.
  2. Wajah dan leher kemerahan (hot flashes) dan terasa panas, rasa ini biasanya berlangsung singkat dan terjadi pada saat darah haid benar-benar berhenti dan dapat diatasi dengan memperbanyak gizi makanan dan olahraga secara teratur.
  3. Terjadinya gangguan tulang, hal ini disebabkan terhentinya produksi estrogen oleh indung telur akan mempengaruhi keseimbangan metabolisme kalsium dalam tulang. Hal ini dapat diminimalisir dengan menambah asupan kalsium dalam perhari.
  4. Berkeringat pada tengah malam, pengeringan daerah organ kewanitaan, mulai tampak kerutan kulit, pay*dara mengecil, dan perubahan mood.
  5. Rasa nyeri dan linu juga sering terjadi pada usia menopause. Untuk mengatasi hal tersebut ialah perbanyak istirahat dan tidur tercukupi.

Cara bijak menyikapi menopause

  1. Menerima
    Tanda-tanda menopause harus diterima dengan baik sebagai salah satu tanda bahwa hal ini merupakan suatu hal yang normal, sehingga menopause dianggap hal yang positif, bukan justru membuat anda menjadi tidak percaya diri dan cenderung menarik diri dari lingkungan.
  2. Merespon
    Merespon tanda-tanda menopause dengan memberikan jawaban yang positif jika ada yang mempertanyakannya. Selain itu juga mengerjakan dan menyelesaikan tugas anda yang diberikan oleh objek.
  3. Menghargai
    Hal ini dilakukan deagan cara mengajak orang lain untuk mengerjakan atau juga dengan mendiskusikan suatu masalah merupakan suatu bentuk dari kecenderungan untuk melakukan suatu tindakan.
  4. Bertanggung jawab
    Bertanggung jawab dengan semua yang dilakukannya yang dipilih dengan menerima segala risiko yang terjadi dan merupakan salah satu bentuk dari sikap yang paling tinggi menerima tanda-tanda menopause.

Hal-hal yang harus dilakukan ialah dengan membatu diri sendiri

  1. Olahraga
    Tidak sulit untuk mengurangi gejala menopause, cukup dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur, olahraga merupakan hal yang sangat penting, tidak hanya untuk kebugaran tubuh secara umum, tapi juga dapat memperbaiki kepadatan tulang anda dan menghilangkan gejala dari menopause.
  2. Diet tradisional Asia tampaknya memberi keuntungan yang penting, caranya:
    • Mengandung kurang dari 20% kalori yang berasal dari daging.
    • Membatasi masukan daging.
    • Konsumsi buah, sayuran serta kacang-kacangan.
    • Masukkan menu yang berasal dari olahan kedelai seperti tahu dan tempe.
    • Hindari faktor-faktor yang memicu gejala menopause anda : kemerahan pada wajah dapat dipicu oleh konsumsi makanan panas atau pedas, kafein serta alk*hol.
    • Krim untuk organ kewanitaan dan gel dapat digunakan untuk mengurangi kekeringan dan rasa gatal pada organ intim.
  3. Tidak mer*kok
    Dengan tidak mer*kok maka seorang wanita meminimalisir terjadinya menopause dini, karena r*kok dapat mengganggu produksi hormon sehingga akibat buruknya dapat mengurangi hormon di dalam tubuh, maka dari itu berhentilah mer*kok karena tidak bagus untuk kesuburan wanita.

Leave a Reply

*