Kawat gigi
Kawat gigi (By D. Sharon Pruitt from Hill Air Force Base, Utah, USA (Free Happy Girl With Braces Creative Commons) [CC BY 2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/2.0)], via Wikimedia Commons)

Semakin Sehat dan Bergaya Berkat Kawat Gigi

Jika Anda pernah memperhatikan tokoh culun dan polos di film atau sinetron pasti ada yang memakai kacamata atau kawat gigi. Ya, kawat gigi memang identik dengan penampilan yang culun. Namun sekarang tidak lagi karena seiring berubahnya zaman, muncul trend baru menggunakan bracket atau kawat gigi.

Kawat gigi tidak lagi menjadi ciri khas orang culun seperti di tayangan televisi. Malah, sekarang semakin banyak variasi cantik dan keren dari kawat gigi. Memakai kawat gigi juga bisa menambah penampilan jadi lebih oke.

Kawat gigi
Kawat gigi (By D. Sharon Pruitt from Hill Air Force Base, Utah, USA (Free Happy Girl With Braces Creative Commons) [CC BY 2.0], via Wikimedia Commons)
Dengan menggunakan kawat gigi, kita dapat menata kembali barisan gigi agar lebih teratur. Barisan gigi yang tidak teratur atau tumpang tindih dapat menyulitkan ketika akan membersihkan gigi. Sehingga lama kelamaan sisa makanan yang tidak dibersihkan menimbulkan plak dan karang gigi. Ujung–ujungnya penyakit gigi seperti gigi berlubang atau karies gigi akan menghampiri kita. Ngeri kan.

Meskipun kawat gigi telah menjadi tren di masyarakat, kita tidak bisa seenaknya memasang kawat gigi. Kita harus konsultasikan dulu dengan dokter gigi. Biasanya akan dipastikan dulu apakah tidak ada hambatan dalam pemasangan kawat gigi. Kemudian, akan dilakukan rontgen sebagai bahan pertimbangan. Masalah–masalah gigi akan diselesaikan dulu sebelum ditata dengan kawat gigi.

Setelah bracket selesai dipasang, selanjutnya dilakukan pemantauan oleh dokter secara periodik sekitar 3-4 minggu sekali. Biaya perawatannya berkisar antara Rp 150 – 350 ribu. Efek yang mungkin terjadi akibat pemasangan bracket antara lain:

  1. Rasa sakit selama 3-7 hari.
  2. Kesulitan mengunyah dan menggigit.
  3. Mulut terasa penuh dan sulit mengatup
  4. Kesulitan menggosok gigi.
  5. Muncul sariawan akibat gesekan bracket dengan mukosa pada dinding mulut.

Pemanis bracket yang sering dipilih anak ialah power O dan power chain. Power O merupakan aksesoris yang melingkar pada bracket yang memiliki pilihan warna–warna menarik serta huruf yang bisa dipasang diantara gigi. Selain itu, tersedia gambar–gambar lucu dan berbagai simbol untuk mempermanis bracket. Sedangkan power chain merupakan rantai karet yang dapat dipasangkan pada gigi yang memiliki sela. Warna dan tema power O dan power chain pun bisa diubah–ubah setiap bulannya. Biasanya anak–anak sering memadumadankan warna antara power O dan power chain.

Hasil gigi yang rapi bisa kita dapatkan setelah 2-3 tahun. Setelah bracket dilepas, diganti dengan retainer yang dapat dilepas-pasang. Tujuannya untuk mencegah posisi gigi kembali seperti semula. Retainer ini dipakai selama setahun.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- ciri motif power o dan chain, - karet power chain gunanya, - karet power o bening dipasang di gigi, - kawat gigi, - manfaat karet power chain, - manfaat powerchain pada gigi seri

data-ad-format="link">
Semakin Sehat dan Bergaya Berkat Kawat Gigi Post in | Last updated: January 11th, 2017 | 104 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *