Sesak Napas Bukan Hanya Pertanda Asma

Sesak Napas Bukan Hanya Pertanda Asma – Anda mengalami sesak napas? Jangan mengira-ngira saja, kalau Anda terkena asma. Silakan menyimak artikel berikut ini, semoga bermanfaat:

Sesak napas biasanya sering dikaitkan dengan masalah paru-paru dan asma.

Namun gejala sesak napas, memang patut kita curigai karena gejala ini mirip dengan gejala penyakit jantung.

Dr. Daniel P.L. Tobing, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Harapan Kita Jakarta menjelaskan, penyakit diabetes dan hipertensi dapat menyebabkan komplikasi berupa penyakit jantung.

Gejalanya pun sedikit berbeda dengan gangguan jantung lainnya. Banyak penderita diabetes atau hipertensi mengeluhkan sering mengalami sesak napas atau napas pendek. Barulah dari situ diketahui mereka juga memiliki masalah jantung akibat komplikasi.

“Banyak pasien komplikasi diabetes mengeluhkan sesak napas. Ini yang harus diperhatikan,” jelas Dr. Daniel, pada acara SOHO #BetterU: Hari Jantung Sedunia, beberapa waktu lalu.

Memperingati hari jantung sedunia, Dr. Daniel mengingatkan masyarakat agar lebih peduli dengan keadaan sekitar saat ada orang yang mengalami serangan jantung mendadak.

“Korban jangan dibiarkan. Semakin cepat dibawa ke rumah sakit, semakin tinggi harapan hidup korban,” tambah Dr. Daniel.

Sesak Napas Bukan Hanya Pertanda Asma

Berikut pertolongan pertama menangani korban serangan jantung.

  1. Jika henti jantung dan korban tidak sadarkan diri maka segera tepuk, cubit, atau gelitik tubuh korban dengan maksud untuk menyadarkannya.
  2. Segera cari pertolongan. Jika Anda sendirian, panggil teman. Setelah itu segera telepon ambulans.
  3. Berikan CPR, yaitu menaruh dua tangan di atas dada korban selama 2 menit dan mengulangnya lagi yang bertujuan untuk membuka kembali jalan napas yang menyempit atau tertutup.
  4. Cek denyut nadi korban.
  5. Terus lakukan hingga ambulans datang.

Demikianlah artikel mengenai Sesak Napas Bukan Hanya Pertanda Asma, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- daging ayam kampung tanpa kulit dan lemak mengandung lemak jenuh, - diabetes sesak nafas, - hipertensi dan kolesterol dan sesak nafas, - sering sesak nafas pertanda apa, - Komplikasi sesak nafas, - Cara mengatasi sesak nafas dibulan ramadan, - asma karena kolestrol, - apkh pxakt d abetes & kolesterol bsa memicu penxakt sesak napas, - Tidak sadarkan diri dengan sesak nafas, - apakah diabetes sesak nafas

data-ad-format="link">
Sesak Napas Bukan Hanya Pertanda Asma Post in | Last updated: January 4th, 2015 | 395 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *